22:48
0


 Motor klasik memang punya magnet tersendiri bagi penggemarnya. Terbukti, kini ada banyak penggemar motor klasik di Indonesia. Salah satu motor klasik yang menarik untuk dibahas adalah Vincent Black Shadow.

Vincent Black Shadow merupakan sepeda motor yang diproduksi dari tahun 1949 hingga 1955. Dibekali dengan dapur pacu V-Twin berkapasitas 998 cc, motor produksi Inggris ini sanggup melaju hingga 193 kilometer per jam (KPJ).

Selain menghasilkan tenaga yang luar biasa, mesin berwarna hitam enamel ini pun mampu menghasilkan 55 daya kuda (dk) untuk mengimbangi performa Vincent Black Shadow yang kuat.

Black Shadow sendiri merupakan pengembangan dari model Rapide. Dari model Rapide kemudian di-setup secara khusus oleh tester pabrik, pembalap George Brown, serta desainner Phil Irving. Beberapa bagian mendapatkan sentuhan seperti karburator yang lebih besar dan meningkatkan kompresi mesin.

Seri Black Shadow sendiri terbukti akhirnya sangat populer dan produksinya melebihi seri Rapide. Paul Adams, seorang pensiunan detektif dan humas klub pemilik motor Vincent, menjelaskan dia pernah menunggangi Vincent Black Shadow Seri C dan mengelilingi Amerika Serikat dua kali.

"Black Shadow bukanlah motor balap. Saya senang touring dalam jarak jauh. Ketika pertama kali menungganginya pertama kali tahun 1949, saya seperti mengendarai roket. Jika rata-rata mobil berjalan dengan kecepatan 45 kilometer per jam (kpj), maka Black Shadow bisa mencapai 128 kpj hingga 144 kpj," terang Adams.

(Lampost.co)

0 komentar:

Post a Comment