02:04
15


Pengertian Komunikasi dan Alat Telekomunikasi 
 
Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari pihak satu ke pihak lain. Komunikasi adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa komunikasi dunia sepi tak ada interaksi sosial dan pembangunan peradaban bangsa yang lebih maju. Percakapan sehari-hari, membaca berita, mengakses internet, chatingan, menelpon, melihat televisi, pidato, mendengarkan radio, kegiatan belajar dan mengajar dan sebagainya itu adalah bagian dari komunikasi. Jadi tidak syak lagi bahwa komunikasi adalah salah satu hal paling penting didunia ini.

Salah satu yang mendukung berjalannya komunikasi adalah alat telekomunikasi atau alat komunikasi jarak jauh. Alat Telekomunikasi ada bermacam-macam contohnya adalah radio siaran, telepon, ponsel, faksimile, televisi dan sebagainya. Kemudian untuk jenisnya sendiri adalah ada yang satu arah semacam televisi dan radio, dan ada yang dua arah semisal telepon dan radio amatir, intercom dan sebagainya.

Terkadang saya suka bersemangat kalau membahas teknologi jadul, seperti sistem telekomunikasi radio amatir atau siaran radio SW misalnya. Karena ternyata sistem telekomunikasi jadul itu terkesan unik, klassik, biaya lebih murah dan daya pancaran sinyalnya sangat luas. Bila dibandingkan sistem siaran digital yang butuh banyak tower karena jangkauan sinyalnya kecil, kelebihan siaran digital adalah kualitasnya jauh lebih baik, tanpa gangguan cuaca, kendalanya adalah biaya yang besar dan sangat mahal.



Kelebihan Dan Kekurangan Telekomunikasi Radio Frekuensi Tinggi dan Frekuensi Rendah



Kali ini Bikerzone11.xyz akan membahas, apa itu kelebihan dan kekurangan sistem telekomunikasi radio analog yang memakai frekuensi rendah dan sistem telekomunikasi digital yang memakai frekuensi sangat tinggi.Coba kita ingat kembali pelajaran elektronika bab pembagian frekuensi radio di jaman STM dulu, pertama yang harus kita catat adalah semakin tinggi frekuensi semakin pendek panjang gelombangnya, semakin rendah frekuensi semakin panjang pula panjang gelombangnya. untuk lebih jelasnya anda bisa simak tabel berikut :



tabel frekuensi dan panjang gelombang




Secara teknis sistem telekomunikasi analog itu menggunakan sinyal radio frekuensi rendah dimanfaatkan untuk siaran radio amatir dan  siaran radio AM (terdiri dari siaran radio Medium Wave dan Short Wave).Keuntungan besar dari sistem komunikasi gelombang ini  itu lebih murah karena satu pemancar saja bisa menjangkau sampai ratusan kilometer bahkan ribuan km radiusnya, kenapa? karena sinyal radio gelombang panjang/frekuensi rendah seperti ini memancar kelangit dipantulkan kembali diatmosfer menuju bumi, apalagi malam hari saat ionoesfer naik lebih tinggi. Siaran radio AM ini khususnya untuk siaran Radio SW bisa menjangkau mancanegara, artinya bisa menjangkau ribuan kilometer jauhnya hanya dengan satu pemancar radio, dibawah ini adalah pancaran dan pantulan gelombang radio AM, pada saat malam hari lapisan D dan E menghilang, Lapisan F1 dan F2 bergabung tinggalah lapisan F oleh karena itu pantulan gelombang radio gelombang SW sangat jauh jangkauannya.



Pemantulan sinyal Radio dan gejala fading



pada saat malam hari lapisan D E dan F1 menghilang
Kekurangan lain radio Am ini adalah kadang siarannya sering naik turun, kadang hilang kadang timbul atau gejala fading. Karena pengaruh dari pola atmosfer bumi. Kalau anda generasi 80-90an seperti saya yang pernah menyimak siaran radio SW tentu paham betul apa yang saya sampaikan ini. Suara-suara siaran mancanegara dengan berbagai bahasa inggris, cina, arab dan sebagainya dapat kita simak dengan receiver radio SW kita. Kadang muncul suara berdecit-decit aneh seperti siaran dari alien planet lain. Kalau menurut ilmuwan itu katanya siaran dari matahari? apa maksudnya? karena memang matahari memancarkan gelombang elektromagnetik dari berbagai macam rentang frekuensi, namun receiver radio SW adalah yang paling sensitif dengan siaran elektromagnetik. Kadang ada suara gemeresek hanya terdengar pas waktu hujan, ternyata itu adalah siaran dari petir (gelombang elektromagnetik yang timbul dari petir) wow, ternyata radio AM itu juga bisa menangkap siaran petir yah. Itulah uniknya teknologi jaman dahulu. Kalau dijaman sekarang sudah tidak seunik dahulu, karena hal semacam itu dianggap 'gangguan' dalam sistem telekomunikasi. Padahal menurut saya itu malah seperti radar. Hebat bukan radio Am kita berfungsi sebagai radar yang bisa menangkap siaran petir dari jarak jauh. Itu artinya radio Am kita bisa sebagai alarm bahwa akan muncul hujan. Tapi jaman dahulu sedikit yang tahu soal ini, karena maklum jaman dulu orang belum sepintar sekarang yang pendidikannya sudah tinggi-tinggi.


receiver radio AM (MW dan SW) jadul jaman kakek saya


Kita masih beruntung saudara dilahirkan dizaman peralihan analog ke digital. Sehingga kita lebih banyak menyimpan sejuta kenangan sejarah teknologi komunikasi dibandingkan dengan generasi yang lahir dizaman sekarang ini. Ibaratnya hanya tahu facebook, bbm dan twitter, anda lihat saja bayi dijaman sekarang baru lahir saja langsung selfi fotonya di upload di facebook oleh orang tuanya. Ibaratnya bayi baru lahir sudah langsung disuruh 'update status' fb, benar-benar menggelikan memang dunia modern ini. Mereka adalah generasi yang hanya bisa mendengar cerita sejarah, tidak pernah mengalaminya.

Setelah kita membahas kelebihan dan kekurangan sistem komunikasi radio gelombang panjang kita membahas apa itu kekurangan dan kelebihan sistem komunikasi gelombang sangat pendek (microwave). Kita disini tidak membahas siaran gelombang pendek semacam televisi atau radio FM karena yang kita bandingkan disini adalah siaran radio analog dan siaran radio digital atau selular. Siaran digital semacam internet, telepon selular dan sebagainya merupakan hasil dari pemanfaatan radio gelombang micro/sangat pendek/frekuensi tinggi. Sinyalnya tegak lurus/langsung jadi kalau ada gunung atau bangunan bertingkat dipastikan terhalang sinyalnya. jadi butuh banyak tower untuk menjangkau jarak yang jauh, fungsi tower pemancar itu sendiri adalah sebagai penguat dan penerus sinyal.

Tower Pemancar Selular ini sering disebut BTS. BTS adalah singkatan dari Base Transceiver Station. BTS merupakan suatu elemen dalam jaringan telepon seluler yang berperan penting sebagai pemancar dan penerima dan penguat sinyal dari handphone pengguna (MS/Mobile Station). Dijaman sekarang ini sangat banyak tower BTS dibangun demi kelancaran komunikasi. Anda lihat sendiri bukan? disatu kota anda saja banyak sekali tower selular itu? kadang dijuluki pohon besi karena saking banyaknya Tower penguat sinyal komunikasi ini.


Tower BTS ada dimana-mana


Dibawah ini adalah  gambaran sistem pancaran gelombang pendek yang dimanfaatkan oleh siaran digital semacam radio FM, Televisi Swasta, televisi satelit , telepon selular, dll sinyalnya tegak lurus seperti ini, keuntungannya tidak terganggu cuaca, bandwith lebih luas, kerugiannya biayanya instalasi yang mahal karena harus mendirikan tower yang banyak karena jangkuannya tidak jauh. Anda pernah mendengar radio FM bukan? kebanyakan yang anda tangkap adalah siaran lokal, tidak seperti radio AM yang bisa menangkap siaran luar daerah. itu karena radio FM adalah memanfaatkan gelombang radio pendek/frekuensi tinggi.



sistem pemancaran gelombang pendek

Sistem pemantulan gelombang diatas disebut Propagasi Gelombang Radio. Pengertian propagasi gelombang radio secara sederhana adalah Peristiwa perambatan gelombang radio dari antena pemancar ke antena penerima. Untuk selanjutnya kita membahas lebih dalam lagi tentang macam-macam propagasi gelombang radio.






 MACAM MACAM PROPAGASI GELOMBANG RADIO 


Menurut elektronika-dasar.web.id Propagasi gelombang radio dapat diartikan sebagai proses perambatan gelombang radio dari pemancar ke penerima. Transmisi sinyal dengan media non-kawat memerlukan antenna untuk meradiasikan sinyal radio ke udara bebas dalam bentuk gelombang elektromagnetik (em). Gelombang ini akan merambat melalui udara bebas menuju antenna penerima dengan mengalami peredaman sepanjang lintasannya, sehingga ketika sampai di antenna penerima, energy sinyal sudah sangat lemah.




Propagasi Gelombang Tanah

 Gelombang tanah merambat dekat permukaan tanah dan mengikuti lengkungan bumi, sehingga dapat menempuh jarak melampaui horizon. Perambatan melalui lintasan ini sangat kuat pada daerah frekuensi 30 kHz – 3 MHz. Di atas frekuensi tersebut permukaan bumi akan meredam sinyal radio, karena benda-benda di bumi menjadi satu ukuran dengan panjang gelombang sinyal. Sinyal dari pemancar AM utamanya merambat melalui lintasan ini.





gelombang tanah


Propagasi Gelombang Langit 

Gelombang langit diradiasikan oleh antenna ke lapisan ionosfir yang terletak di atmosfir bagian atas dan dibelokkan kembali ke bumi. Ada beberapa lapisan ionosfir yakni lapisan D , E, F1 dan F2, dimana keberadaannya di langit berubah-ubah menurut waktu, dan sangat mempengaruhi perambatan sinyal. Lapisan D dan E adalah lapisan yang paling jauh dari matahari sehingga kadar ionisasinya rendah. Lapisan ini hanya ada pada siang hari, dan cenderung menyerap sinyal pada daerah frekuensi 300 kHz – 3 MHz. Gambar Propagasi Gelombang Langit Gambar Propagasi Gelombang Langit,propagasi gelombang langit,sky wave,propagasi skywave,propagasi ionosfir,gelombang langit, Lapisan F terdiri dari lapisan F1 dan F2, mempunyai kadar ionisasi yang paling tinggi karena dekat dengan matahari, sehingga ada pada baik pada siang maupun malam hari. Lapisan ini yang paling mempengaruhi sinyal radio, dimana pada daerah frekuensi 3 – 30 MHz, sinyal yang sampai ke lapisan ini pada sudut tertentu, akan dibelokkan kembali ke bumi, ke tempat yang sangat jauh dari antenna pemancarnya dengan redaman yang kecil, sehingga sangat bermanfaat untuk transmisi sinyal. Sinyal yang sampai ke lapisan tersebut pada sudut yang besar terhadap bumi, akan dilewatkan ke ruang angkasa.

gelombang langit





Propagasi Gelombang Langsung (direct)


Pada propagasi ini, sinyal yang dipancarkan oleh antenna pemancar langsung diterima oleh antenna penerima tanpa mengalami pantulan, disebut Line Of Sight (LOS). Karena perambatannya harus secara langsung, maka di lokasi- lokasi yang antenna penerimanya terhalang, tidak akan menerima sinyal (blocked spot). Jarak transmisi yang dapat dijangkau pada propagasi LOS relative pendek dan dibatasi oleh tinggi antenna pemancar dan penerimanya, Propagasi Line Of Sight Komunikasi LOS paling banyak digunakan pada transmisi sinyal radio di atas 30 MHz yakni pada daerah VHF, UHF, dan microwave (sinyal ponsel, siaran satelit dll). Pemancar FM dan TV, dan Telepon selular menggunakan propagasi ini. Untuk mengatasi jarak jangkau yang pendek, digunakan repeater, yang terdiri dari receiver dengan sensitivitas tinggi, transmitter dengan daya tinggi, dan antenna yang diletakkan di lokasi yang tinggi.


Kebangkrutan sinyal  CDMA dan Kebangkitan sinyal GSM 

Contoh lainnya dari alat dan sistem komunikasi yang memanfaatkan gelombang microwave adalah sinyal selular atau telepon genggam yang sekarang anda pegang. sinyal ponsel GSM ada di rentang frekuensi sangat tingg/gelombang micro (microwave) yaitu sinyal  GSM pada pita 900 MHz, yang dikenal sebagai GSM900, dan pada pita 1800 MHz, yang dikenal sebagai GSM1800. dan layanan internet 3G yang sekarang gunakan ada pada frekuensi 2100 Mhz. Oleh karena sinyal ponsel adalah sinyal direct/langsung. maka perlu banyak tower. jika lokasi anda jauh dari tower maka ada istilah tak ada sinyal internet. padahal itu sebenarnya tak ada jangkauan sinyal radio pada gelombang 2100 MHz ditempat anda karena operator anda belum mendukung sinyal  di tempat anda.

Kemudian operator Selular CDMA yang kebanyakan sudah bangkrut adalah pada rentang frekuensi 1900 Mhz.  Kasus tidak adanya sinyal yang pernah saya temui adalah sinyal modem CDMA esia yang sangat sempit jangkauannya saya membeli modem dan paketan esia ini 150 ribuan, cukup murah bukan tapi sayang setelah saya coba ternyata sinyal CDMA tidak terjangkau diwilayah saya. akhirnya saya kecewa dan saya buang itu modemnya. sia-sia uang 150 ribu melayang. kemudian lain waktu saya beli modem GSM seharga 300 ribuan, meski mahal tapi sinyalnya kenceng juga. gak sia-sia kita beli. ternyata sinyal GSM di Indonesia cukup lumayan karena banyaknya tower GSM dimana-mana.

Ada empat operator CDMA yang  memilih mati dan menutup bisnis layanan CDMA nya di Indonesia yakni Flexi, StarOne, Hepi, dan Esia. Hanya tertinggal satu yang masih bertahan yaitu smartfren.



gelombang langsung






Telkomsel Sebagai Operator Selular Nomor Satu Yang Jangkauannya Luas, Sinyal Dimana-mana, Paling Banyak Jumlah Pelanggannya di Indonesia






Setelah kita mengenang sistem komunikasi jadul yang sederhana tapi sinyalnya dimana-mana alias luas jangkauannya itu sekarang kita membahas tentang salah satu operator Selular yang terkenal dan ternama di Indonesia yaitu Telkomsel.


Dilansir dari Liputan6.com, Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, mengatakan"Sekarang jumlah pelanggan data Telkomsel mencapai 74 juta atau 54 persen dari total pelanggan 152 juta. Kurang dari dua tahun, pengguna data tumbuh pesat karena panetrasi smartphone yang luar biasa," katanya dijumpai saat Media Update TrueBEx di Jakarta, Selasa 15 maret 2016. Sedangkan jumlah pengguna smartphone di jaringan Telkomsel mencapai 60 persen dari total pengguna data. Ini menjadi saat yang tepat untuk meningkatkan layanan broadband. Ia berharap kehadiran penguatan kualitas ini dapat mendorong jumlah pelanggan data menjadi 150 juta dalam beberapa waktu ke depan.

produk telkomsel


Jadi bagi anda yang menginginkan kualitas dalam berkomunikasi tidak terbatas pada jangkauan sinyal dan hambatan lainnya maka Telkomsel adalah solusi bagi anda, sebagaimana sistem telekomunikasi jadul siaran radio amatir atau radio AM dulu siaran/jangkauan telkomsel ini luas, sinyalnya ada dimana-mana. Anda tidak usah khawatir menelpon terganggu, sms gagal, browsing, chat  no connection dan sebagainya hanya karena gangguan sinyal/miskin sinyal. Dengan telkomsel anda tidak perlu keluar ruangan atau naik pohon hanya untuk mendapatkan sinyal operator itu benar-benar hal yang menyebalkan.  Telkomsel adalah operator selular yang selalu mengedepankan kualitas dan pelayanan sehingga tidak heran kalau jadi operator selular nomor satu di Indonesia.













#IndonesiaMakinDigital
source tulisan : berbagai sumber
 

15 komentar:

  1. memang dunia sudah tak se jadul dahulu, tapi yang jadul tetap mengesankan

    ReplyDelete
  2. handi talki dan walkie talkie bukankah termasuk radio amatir, tapi sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya terutama untuk tim SAR camping pendaki gunung, dan kegiatan lintas alam lainnya

    ReplyDelete
  3. iya memang masih ada yang menggunakannnya tapi untuk keperluan khusus... biasanya digunakan dilingkungan yang pelosok tak ada sinyal selular untuk keperluan navigasi

    ReplyDelete
  4. oh pantesan banyak tower BTS yah, ternyata perambatan sinyal itu berbeda-beda

    ReplyDelete
  5. jadi keinget pas waktu kecil mampir kerumah nenek cuman mau dengerin radio sw, jaman aku kecil suka dengerin siaran bahasa inggris walau gak tahu bahasanya tapi namanya anak kecil ya tertarik hal hal aneh

    ReplyDelete
  6. masih inget jaman siaran TVRI digelombang VHF isinya cuman berita mulu hhehehe.. beda sama sekarang isinya iklan mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. telkomsel emang sinyalnya terkenal jernih, tapi tarifnya ... kurang bersahabat bagi pelajar, makanya kebanyakan pelajar milih 3

      Delete
  7. wah baru tahu kalau ternyata telkomsel paling banyak pelanggannya diindonesia, padahal mahal loh, tapi klo kualitas bagus sih banyak yang suka

    ReplyDelete
  8. hahaha.. teringat waktu dulu gak ada sinyal operator di daerah pelosok tempat kakek saya, harus manjat pohon cuman buat nelpon, kalau sekarang kayaknya udah lebih baik dengan dibangunnya tower tower tambahan

    ReplyDelete
  9. oh itu toh alasan operator nanam banyak tower, ternyata tidak sama dengan radio FM yang satu tower buat satu kabupaten, atau tower radio AM, satu tower buat siaran satu propinsi

    ReplyDelete
  10. Jaman udah maju tp yg jadul tetep seru

    ReplyDelete
  11. Min ada artikel tntang download sony vegas pro 14 nggak min? Maaf kalau nyimpang dari bahasan

    ReplyDelete