08:29
0



 Galaksi Bunga Matahari (juga dikenal sebagai Messier 63, M63, atau NGC 5055) adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Canes Venatici terdiri dari cakram pusat yang dikelilingi oleh banyak segmen lengan spiral pendek. Galaksi Bunga Matahari merupakan bagian dari Grup M51, sekelompok galaksi yang juga mencakup Galaksi Pusaran (M51). M63 merupakan sebuah galaksi aktif dengan inti LINER.

Gambar diatas adalah Susunan lengan spiral di galaksi Messier 63, terlihat di sini dalam gambar baru dari NASA / ESA Hubble Space Telescope, mengingat pola di pusat bunga matahari. Jadi julukan untuk objek ini kosmik - Sunflower Galaxy - Bukan suatu kebetulan.

Ditemukan oleh Pierre Mechain pada 1779, galaksi kemudian dibuat sebagai entri 63 ke katalog terkenal sesama astronom Perancis Charles Messier, yang diterbitkan pada tahun 1781. Dua astronom melihat cahaya bunga matahari Galaxy sebagian kecil, yang terletak di konstelasi utara Canes Venatici (Hunting Dogs) . Kita sekarang tahu jarak galaksi ini adalah sekitar 27 juta tahun cahaya dan milik Grup M51 - sekelompok galaksi, dinamai kelompok terang, Messier 51, galaksi berbentuk spiral lain dijuluki Whirlpool Galaxy.

lengan galaksi, bunga matahari dan pusaran air hanya beberapa contoh dari preferensi galaksi spiral. Untuk galaksi seperti Messier 63 lengan berliku bersinar terang karena kelahiran bintang bintang raksasa biru-putih, yang dapat terlihat dalam gambar Hubble ini.

0 komentar:

Post a Comment