06:06
0
Bulan Madu  ke Galaksi Andromeda Butuh Berapa Lama Perjalanan?



Judul diatas cuman untuk menarik manusia-manusia yang doyan cerita  romantisme hehehe. padahal isinya jauh daripada itu. kenapa saya sengaja menarik judul diatas, karena romantisme dan pemikiran itu jauh berbeda, romantisme itu dari perasaan yang berlebihan sedangkan pemikiran dan sains itu dari akal yang sehat dan perhitungan matematis dengan tingkat akurasi setinggi tingginya.
 
sebenarnya ini cuman tulisan hayal alias science fiksi saja lumayan buat hiburan dimalam minggu daripada ngelamun gak jelas nanti kesambet jin malah berbahaya hehehe..

begini saya mau cerita, tapi bagi anda yang suka sains boleh baca, yang alergi matematika sama sains boleh minggir dahulu nanti tambah mumet malahan, mendingan anda nongkrong sama temen anda di emperan sambil ngopi plus ngrokok biar gak pusing, karena baca tulisan ini, atau bagi anda yang suka romantisme lupakan dulu tulisan gila ini, mending anda sms-an atau chatingan sama pacar anda dengan nada-nada romantis atau sayang-sayangan pake kalimat muach muach hehehe.

begini yah saya berhayal, sekali lagi hayalan bukan nyata, semisal anda orang terkaya didunia dan punya pesawat antariksa pribadi sebesar lapangan bola yang anda beli seharga 100  triliun rupiah yang bisa melaju dengan kecepatan 95.000 km/jam.  (rata-rata roket jaman sekarang 50-60 ribu km/jam, contoh satelit tercepat  saat iniadalah 58.537 km per jam yaitu new horizon yang menuju pluto). Kemudian anda ingin melakukan perjalanan luar angkasa ke galaksi terdekat, semisal dengan maksud tamasya, camp luar angkasa, mudik keplanet asal, sekedar penelitian, bahkan sekedar bulan madu seperti yang kita bahas  hehehe.. dengan kecepatan seperti itu berapa waktu yang kita butuhkan ke galaksi lain yang terdekat semisal galaksi andromeda?


galaksi tujuan bulan madu

jawab:

Jarak galaksi terdekat bumi adalah galaksi magellan tapi sebenarnya galaksi magellan itu adalah sub galaksi merupakan galaksi satelit dari bima sakti galaksi kita. yang terdekat adalah galaksi andromeda yaitu yang jaraknya 2,5 juta tahun cahaya dari bumi setara dengan 25.000.000.000.000.000.000 km (25 juta triliun) kilometer jauhnya. dapatkah anda membayangkan? nah kalau kita full speed ngebut dengan satelit kita yang berteknologi anti bahan bakar misalnya dengan kecepatan 95.000 km/jam mau berapa lama?


kita hitung secara matematis.

Kecepatan 25.000.000.000.000.000.000 km : 95000 /jam : 24 jam : 365 Hari berapakah tahunkah itu

kalau saya hitung perjalanan non Stop dan Full speed dengan pesawat anti bahan bakar ini membutuhkan waktu sekitar


30.040.855.563 Tahun Perjalanan
wow, 30 miliar lebih 40 juta tahun , pertanyaannya apakah cukup umur kita mengarungi luar angkasa selama itu didalam ruang pesawat ? padahal umur manusia paling 60-70 tahun kalau sekarang anda umur 25 tahun artinya 40 - 50  tahun lagi anda dipastikan jadi fosil diluar angkasa karena kehabisan umur, itupun kalau pesawat anda memang benar benar anti bahan bakar dan memanfaatkan anti gravitasi, belum lagi kalau ada masalah kendala rusak pesawatnya karena terhantam batuan angkasa, semacam asteroid, komet meteor dan sebagainya.  dan bisa dipastikan kurang dari 60 tahun perjalanan ketika anda hampir mencapai jarak 50.000.000.000 km dari bumi (disini ada triliunan objek awan oort dan komet komet berasal) dipastikan anda sudah jadi fosil di luar angkasa yang menarik buat jadi tontonan alien sekitar wilayah itu hehehehe...kata mereka hei liat ada mayat astronot sepasang pengantin terdampar hehehe, mungkin memang ada bulan madu diatas pelangi, seperti dilagu bisa dilakukan dengan naik pesawat terbang, tapi ini bulan madu ke galaksi lain tak mungkin manusia mampu melakukannya. 

Anda masih bisa bulan madu ke planet es pluto, keplanet ini anda hanya butuh waktu 7 tahun perjalanan, tapi seumur hidup perjalanan anda baru sampai tepi tata surya yang jaraknya 10 kali jarak bumi pluto.
 

memang untuk teknologi sekarang ini manusia tidak akan mampu menjelajah jauh-jauh. paling pol ya sampai planet mars yang butuh waktu 6 bulan perjalanan. 6 bulan saja sebelumnya para astronot harus dilatih keras fisiknya. penjelajahan mars konon akan dimulai tahun 2020. kita tunggu saja kepastiannya. untuk melakukan itu manusia butuh pesawat cahaya untuk bisa tamasya ke galaksi tetangga. tapi mungkinkah ada pesawat cahaya?artinya manusia mampu terbang dengan kecepatan malaikat. padahal cahaya saja butuh 2,5 juta tahun sampai kesana. belum lagi efek relativitas waktu yang rumit itu  pasti berlaku untuk pesawat cahaya itu. sains memang terlalu menarik untuk dihayalkan, dibuat film scifi modern semacam stars wars  dan sebagainya dan terlalu berbahaya buat diuji cobakan.  

Penulis adalah Admin Bikerzone11.xyz







0 komentar:

Post a Comment