08:58
0

Alquran diturunkan 14 abad lalu dan salah satu ayat menjelaskan bahwa alam semesta semakin meluas. Peneliti menggunakan teleskop Hubble untuk mengumpulkan data dan menemukan bukti bahwa alam semesta kian meluas. Peneliti juga percaya bahwa alam semesta terbentuk sekira 10 hingga 20 miliar tahun yang lalu. Alam semesta terbentuk dari energi yang sangat besar dan padat, lalu terus-menerus mengalami perluasan.

"Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya," bunyi Surah Az-Zariyat Ayat 47.

Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia Alexander Friedmann menemukan bahwa alam semesta mengembang. Fakta tersebut semakin ditegaskan melalui teleskop oleh Edwin Hubble, astronom Amerika yang menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak atau saling menjauh.

Terkait dengan penciptaan alam semesta, ilmuwan percaya dengan teori 'Big Bang' bahwa Bumi dan alam semesta tercipta karena peristiwa ledakan dahsyat. Teori Big Bang menjelaskan terkait nebula yang kemudian terpecah oleh suatu ledakan besar. Ledakan tersebut menciptakan galaksi, bintang-bintang atau matahari dan sebagainya. "Bayangkan informasi yang ditemukan baru-baru ini sudah disebutkan dalam Alquran 1.400 tahun lalu," kata pendiri Islamic Research Foundation (IRF) Zakir Naik, dalam tayangan YouTube yang diunggah MuslimDaily. Terbentuknya alam semesta dijelaskan dalam Surah Al-Anbiya Ayat 30. "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan Bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman," bunyi surah tersebut. (Okezone)


0 komentar:

Post a Comment