09:08
0
Tulisan ini sebagai renungan bagi anda yang ingin serius jadi blogger, atau hanya sekedar kepingin alias ngiler dari mereka-mereka yang punya penghasilan besar dari blog. Karena seperti saya sebagai admin dan blogger bikerzone11, saya sudah 4 tahun jadi blogger dan saya tidak pernah menerima gaji sepeserpun dari siapapun. jika anda pernah mendengar blogger bisa beli mobil lamborgini dan sebagainya itu apakah anda percaya seratus persen artikel diinternet? terkadang dia bisa beli mobil karena ditambah penghasilannya didunia nyata tidak serta merta jadi blogger terus sukses segala galanya. Blogger bagi saya adalah hobi dan pekerjaan yang mulia, blogger bagi saya adalah pahwalan ilmu pengetahuan.


Inilah gaji blogger sukses

Mungkin anda selalu bertanya-tanya berapakah gaji seorang blogger? setelah anda mencari digoogle.com, si robot mesin pencari artikel dan kata-kata, ternyata ada blogger yang penghasilannya mencapai 10 juta perbulan, 20 juta perbulan, 30 juta perbulan, 50 juta perbulan bahkan ada yang 100 juta perbulan seperti eka lesmana yang tidak jelas ia punya website atau tidak tapi katanya dia adalah dapat gaji dari google adsense.

Andapun mulai berhayal

Kemudian dalam pikiran anda wah sangat lumayan juga yah, dan enak tinggal duduk didepan komputer uang mengalir begitu bayangan anda. Kemudian anda berpikir untuk bisa seperti mereka, kemudian anda mencari-cari cara artikel di google tentang cara membuat website dan membuat akun google adsense seperti mereka. dan akhirnya anda mulai membuat blog gratisan dengan modal uang ribuan buat sewa warnet dan atau beli kuota, kemudian dengan modal kopi paste artikel milik orang lain tanpa ijin dan tanpa menyertakan sumber. dan anda mulai membuat artikel secara rutin dengan modal kopi paste sembarangan tanpa memandang pelanggaran hak cipta dan kerugian website milik orang lain. Akhirnya anda mendaftar google andsense, setelah lama menunggu akhirnya anda ditolak, berkali-kali anda mendaftar dan jengkel karena ditolak lagi, dan akhirnya anda berhenti ngeblog, dan blog anda ditinggalkan begitu saja tanpa pemilik. begitulah dilema seorang blogger pemula.

Kebanyakan manusia hanya tahu kisah sukses tidak mau tahu kisah pahitnya
 
Mereka hanya tau kisah suksesnya seorang blogger, tetapi tidak tahu pahitnya perjuangan seorang blogger dari awal sampai akhir hingga mereka sukses, mereka rela mengetik artikel orisinil bukan copy paste, berbulan bulan bahkan bertahun tahun tanpa dibayar sepeserpun, karena tujuan mereka utamanya adalah mendapatkan pengunjung, soal iklan dan penghasilan mereka pikirkan belakangan. Setelah trafik website mereka mencapai ribuan bahkan jutaan pageviews tiap harinya barulah mereka memasang iklan diwebsite mereka, hari demi hari mereka dapat hasil dari jerih payah mereka. Itulah kisah sukses seorang blogger. Tetapi walaupun mereka sukses ada juga yang tidak sukses, meski mereka mengetik artikel orisinil tetapi penghasilan mereka tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, semisal penghasilannya hanya 200 ribu perbulan hanya cukup buat sewa domain dan hosting misalnya, akhirnya mereka pun jarang update blognya,

Terbukti jumlah blogger diindonesia semakin menurun dahulu sekitar tahun 2011 jumlah blogger mencapai 5 jutaan, sekarang hanya tinggal 2,5 jutaan itupun sebagian besarnya jarang update blog tiap hari. Memang ada juga blogger yang sangat sukses dengan gaji melebihi mentri dan direktur tapi ada dan sangat banyak pula blogger gagal yang tidak dapat hasil apa-apa seperti saya ini. Namun niat saya sejak awal adalah berbagi ilmu pengetahuan bukan mencari uang sehingga sampai sekarang saya masih bertahan sebagai blogger gagal yang tidak dibayar sepeserpun. Kalaupun ada iklan yang muncul di website ini itupun penghasilannya sangat-sangat kecil sekitar 100 ribu pertahun, hanya cukup buat beli domain. Saya hanya bisa berharap semua yang saya lakukan jadi amal saya diakhirat kelak. Karena niat saya disini adalah berbagi ilmu dan hobi. Walau banyak yang berkata hobi itu mahal, tapi tidak buat saya hobi itu murah yang mahal gengsinya.

Blogger itu Hobi Bukan Profesi !

Jika anda menganggap blogger itu profesi itu salah besar! yang dimaksud profesi bukanlah blogger tapi mereka para pengelola website jual beli, semacam lazada, bhineka, olx, alibaba dan sebagainya itu, merekalah para pelaku bisnis online yang bisa disebut profesi.

Blogger adalah sebuah hobi, hobi blogger adalah menulis dan membaca dan berbagi ilmu pengetahuan, Menulis blog bukanlah barang yang mahal, menulis blog tidak perlu laptop ataupun beli komputer, kalau ada sela waktu mampir kewarnet sekedar ngetik-ngetik, atau kadang pula saya update blog lewat hape android cina seadanya, dengan tulisan ala kadarnya.
 
Jika anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger maka jangan harap anda bisa mendapat gaji bulanan seperti karyawan pabrik dan lain-lainnya, blogger bukanlah profesi melainkan hobi, jika mindset atau pola pikir anda mengatakan bahwa blogger adalah profesi ketika anda gagal mendapat penghasilan maka anda akan berhenti menulis walau hanya copy paste artikel orang lain, ketika anda menganggap blogger adalah hobi anda, maka anda akan terus menulis sampai akhir hayat anda. Dan kalaupun anda sukses dapat penghasilan itu cuman bonus kecil ! Bonus besarnya adalah anda dapat amal pahala amal jariyah yaitu ilmu yang bermanfaat di akhirat kelak.

Saya akan mengutip sebuah hadits yang sudah terkenal dipelajari disekolah sekolah umum yaitu hadits tentang amal jariyah

BLOGGER ADALAH PAHLAWAN ILMU PENGETAHUAN 

 Saya bertanya kepada anda apakah hobi itu dibayar? mereka yang hobi memancing apakah mereka dibayar justru mereka sering bayar ongkos buat sewa kolam pemancingan, mereka yang hobi lari pagi apakah mereka dibayar? mereka yang hobi modifikasi motor apakah mereka dibayar? atau justru malah bayar bengkel?

Kesimpulannya blogger bukan pekerjaan tapi hobi, jika anda berharap gaji besar dari ngeblog maka perjuangan anda harus sekeras mereka para blogger sukses yang tidak dibayar bertahun tahun dengan menulis artikel orisinil karya anda sendiri !

Jika mental anda mental pecundang yang tahunya hidup serba instan, lupakanlah hal hal berbau blogger, karena blogger sekali lagi bukan pekerjaan melainkan hobi. Hobi seorang bloger adalah menulis, dan membaca artikel orang lain dan menyebarkannnya sukarela, jadi blogger adalah pahlawan ilmu pengetahuan. Tanpa blogger dunia internet mati tiada artikel pengetahuan yang bermanfaat sama sekali, tanpa blogger perkembangan ilmu pengetahuan tidak sepesat sekarang ini, tanpa blogger informasi tidak akan menyebar cepat seperti sekarang ini, tanpa blogger dakwah agama dan lainnya juga kurang menyebar secara luas, karena jaman sekarang banyak orang mencari ilmu agama dengan membaca artikel diinternet, dan lainnya.
 
Mesin pencari Google, Yahoo, Bing dll bukanlah Sumber pengetahuan dan Bukan Yang Maha Tahu !
 
salah besar jika anda mengatakan google atau yahoo atau bing atau mesin pencari lainnya adalah sumber segala ilmu, bahkan ada sekelompok manusia dungu yang menyembah google dan menuhankan mereka karena menganggap google itu serba tau, orang bodoh tidak punya pengetahuan internet saja yang seperti ini, sumber segala ilmu dari  internet itu adalah mereka para manusia-manusia blogger sukarela yang menulis rela tidak dibayar, google hanyalah mesin pencari artikel bukan dari sumber artikel itu,

ketika anda menemukan artikel ini dari google artikel ini, yang menulis adalah saya bangsa manusia mahluk ciptaan Tuhan yang mengelola website ini. Google adalah mesin pencari artikel yang terkait dengan suku suku kata yang anda ketik dimenu pencari google. Meski google itu serba tahu tapi hakikatnya tidak, tanpa ada blogger didunia ini apa yang mau dicari oleh google karena google itu cuman mesin bukan manusia? apalagi tuhan, naudzubillah musyrik itu namanya.

Jadi blogger adalah sebuah hobi dan pekerjaan sukarela jadi masihkah anda berpikiran jadi blogger itu enak?tinggal duduk dapat duit begitu? tidak blogger adalah seseorang yang mementingkan amal jariyah bukan duniawiyah. semoga bermanfaat amin


Ditulis Oleh :
Muhammad Alie Marzen
penulis www.bikerzone11.xyz

Sumber : Gagasan Pemikiran Penulis







 

0 komentar:

Post a Comment