03:28
0
 Musim hujan telah tiba, aspalan yang tadinya kering jadi basah dan licin, tentunya berdampak pada pengendara khususnya sepeda motor supaya lebih berhati-hati dalam berkendara, mengingat banyak yang terpeleset ketika hujan adalah tidak memperdulikan keselamatan akibat jalanan yang licin barangkali kedinginan ingin cepat sampai rumah. Yang utama saat hujan datang itu adalah kita lebih pelan atau berhati hati dalam berkendara karena lubang dijalanan pun tertutup air. Sehingga banyak jebakan disana sini jika tidak berhati hati.

berikut ini ada tips dari okezone.com, Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, pengendara sepeda motor wajib membawa beberapa barang penting, salah satunya adalah jas hujan. Selain itu, pastikan kondisi tubuh Anda prima. Sebab saat hujan turun, jalan akan basah dan licin. Untuk itu, dibutuhkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi yang tinggi.Namun itu saja belum cukup, pengendara sepeda motor juga dituntut memiliki keterampilan yang memadai. Sebab salah langkah saja, Anda bisa celaka. Berikut ini cara aman berkendara di jalan licin:

Jaga Jarak

Saat jalan licin jarak berhenti akan semakin panjang. Oleh karena itu, jaga jarak sepeda motor dengan kendaraan di depan. Hal itu juga berguna apabila kendaraan di depan mengerem secara mendadak.

Berbelok Tajam

Pada saat hujan, tanah dan kerikil akan menjalar ke aspal dan membuat jalan semakin semakin licin. Untuk menghindari terjadinya selip lebih baik ketika ingin berbelok kurangi kecepatan. Selain itu, hindari berbelok terlalu tajam dan posisi motor terlalu miring.

Lampu Depan

Sebelum melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor, ada baiknya periksa dulu secara teliti beberapa bagian motor, terutama lampu depan. Bila sudah redup atau mati, segera diganti dengan yang baru. Mengendarai sepeda motor di tengah guyuran hujan membutuhkan penerangan yang maksimal karena jarak pandang berkurang.Selain itu, pastikan juga lampu sein bekerja dengan normal, karena itu berguna untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain jika Anda ingin berbelok.Sebagai tambahan, bila Anda melihat genangan air di depan sebaiknya dihindari karena ada kemungkinan terdapat lubang besar. Bila terpaksa harus melewatinya jangan lupa untuk kurangi kecepatan. Terakhir, gunakan helm dengan kaca bening dan usahakan tidak ada sesuatu yang menghalangi pandangan. (Okezone)

0 komentar:

Post a Comment