02:41
2


Dari antaranews disebutkan bahawa Jumlah blogger di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Wakil Presiden ASEAN Blogger Chapter Indonesia Amril Taufik Gobel mengatakan jika pada 2008 tercatat hanya ada 500 ribu blogger aktif, maka per akhir 2011 melonjak menjadi 5 juta blogger. "Atau bertambah sepuluh kali lipat," ujarnya di sela Festival Blogger ASEAN di Surakarta, Jumat 10 Mei 2013.

Diindonesia ada 5 juta blogger aktif di tahun 2011- 2015, kemudian menurun menjadi 3 juta blogger aktif di tahun 2016 .  Penurunan ini mungkin karena mereka lebih tertarik sosial media dibandingkan dunia blogging. maraknya situs media sosial mempengaruhi penurunan ini begitu juga mungkin dengan pengaruh tren blogging tidak setenar dulu. 

Begitu pula minat blogger selain dipengaruhi tren juga dipengaruhi iming-iming penghasilan dollar. Memang banyak blogger sukses, tapi perjuangan tidak mudah. kita sebagai blogger pemula kadang putus asa karena tidak adanya trafic pengunjung yang dapat mendukung penghasilan receh dari internet. kemudian menyerah dan akhirnya blog ditinggalkan begitu saja tanpa ada pemiliknya. Mungkin ini juga salah satu penyebab besar blogger menurun jumlahnya dari tahun ke tahun. 


 BLOGGER DIINDONESIA MASIH MINIM

Menurut ketua panitia blogger camp, Matahari timoer,  Jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air. itu artinya blogger diindonesia hanya sekitar 3 jutaan orang. itupun kebanyakan mereka tidak aktif setiap hari. kadang posting sebulan sekali bahkan setengah tahun sekali atau blog dibiarkan mati bergentayangan tanpa pemilik.

minimnya jumlah blogger mungkin berasal dari motivasi yang kurang,
Berkaca pada diri saya saja -owner bikerzone11, seorang blogger amatir yang menggeluti dunia blogger hanya mengisi waktu luang, kadang saya juga kepingin juga dapat penghasilan jutaan rupiah perbulan dari blogging seperti  blogger2 sukses ditanah air ini. tapi mengingat usaha saya masih setengah setengah mungkin masih jauh untuk bisa sukses seperti mereka. Kalau kita menggeluti dunia blogger hanya terpaku kepada dollar maka kita akan mudah putus asa. kalau kita menggeluti dunia blogger untuk berbagi ilmu dan menyalurkan hobi, sehingga bermanfaat bagi nusa dan bangsa, memang kita tak dapat apa-apa tapi ingatlah niat ikhlas kita juga dapat pahala. Mindset blogger tanah air perlu diubah, tidak hanya sebagai alat pengeruk dollar dari internet tapi seharusnya kita juga sebagai blogger harus berpikir bahwa ilmu pengetahuan harus kita wariskan kepada anak cucu kita. 

hidup blogger, tanpa blogger internet tanpa pengetahuan, tanpa blogger dunia ini tanpa perubahan (bikerzone11.xyz)





2 komentar:

  1. bener gan. miris sekali. trend skrang nulis status di medsos (fb, twtr, ig, wa, dll) lbih favorit dripada diblog2, (blogger, wordpres, dll). alhasil banyak artikel2 atau tulisan di blog yg seakan musproh. kagak ada yg baca. walau pun trkadang di share di medsos.

    A.n
    slownanda.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Traffic sekarang ada di medsos gan, tapi berisi info singkat. Untuk info yang lebih akurat orang tetap mencari ke mesin pencari

    ReplyDelete