09:08
0

Ducati merupakan produsen motor eropa yang membuat motor besar atau di sebut moge.salah satu produk yang terkenal ada varian hypermoto atau hypermotard, disebut hyper karena ekstra besar dan mesinnya juga besar sehingga walaupun bentuknya mirip supermoto tapi sebenarnya lebih cenderung moge touring atau naked bike. hypermotard dan varian monster memiliki mesin yang sama. Hanya saja cuma beda bentuk saja. Kalau monster lebih kental aura naked bike sedangkan hypermotard mirip dirtbike aspal atau supermoto.

Dikenal sebagai pajaknya yang ugal ugalan maka masuk indonesia supermoto hiper ini menjadi sangat mahal. Awal masuk indonesia tahun 2012 harganya hampir 300 juta sekarang 2020 bisa mencapai 500 juta untuk sebuah moge L twin dua silinder. Meski kurang garang seperti moge empat silinder jepang lainnya tapi memiliki ducati ibarat punya ferarri ada prestise sendiri bagi pemiliknya. 

Untuk harga seken ducati hypermotard bermesin 803 cc ini di situs online kondisi full paper harga 150-170 juta rupiah tergantung kondisi dan kilometer. Bahkan untuk kondisi no paper bisa anda tebus dengan harga dibawah 100 juta rupiah atau 90 jutaan bisa kurang tapi was was jika ada razia dijalanan makanya moge bodong keluarnya cuma seminggu sekali aja buat tongkrong atau turing jarak dekat. 

Pertanyaan, apakah moge supermoto ini bisa buat enduro atau dual sport layaknya motor dirtbike mesin kecil lainnya? Seperti klx, crf atau wr misalnya. 

Jawabannya adalah kurang cocok untuk jalanan tanah, lebih cocok buat aspal seperti umumnya nakedbike. Tapi jika anda punya skill lebih dari yang lain bisa jadi motor torsi sangat besar ini bisa anda taklukan untuk medan tanah dengan mengganti ban enduro.. Karena ban bawaan pasti licin ditanah, dengan torsi monster bukan hal mudah untuk menaklukan banteng ini jika dibawa ke medan tanah selain berat yang tentu menguras tenaga ketika jatuh.

Torsi liarnya justru bisa jadi senjata makan tuan karena tanah tidak butuh top speed besar butuh kelincahan saja dimedan tidak rata, motor dengan bobot dibawah 100 kg biasanya sangat cocok buat enduro, beda dengan moge ini torsinya 77nm diputaran 6250 rpm tentu mudah wheli tanpa harus slip kopling. Apalagi beratnya 170 kg, meski tergolong ringan buat moge tapi terlalu berat buat enduro rata2 enduro hanya butuh motor dibawah 500 cc satu silinder dengan berat antara 90-120 kg saja. Makanya di indonesia motor klx atau crf lebih cocok buat enduro karena bobot ringan torsi kecil hanya 12 nm  saja kalau kurang puas tinggal ganti gear. Bahkan bebek 110 cc lebih mampu menaklukan jalanan buruk karena cenderung torsi melimpah diputaran bawah dan ringan sekali. 

Moge hypermotard ducati 796 bisa mencapai top speed 209 km/jam tentu hanya mesin besar yang mampu mencapai kecepatan diatas 200 km/jam bandingkan dengan crf atau klx 150 yang hanya mentok 105 km/jam saja. Tentu dengan tenaga besar ini cocok buat touring jarak jauh bukan enduro atau buat harian.

SPESIFIKASI LENGKAP :


Mesin

Jenis: L-Twin silinder, 2 katup per silinder Desmodromic, udara didinginkan
Perpindahan: 803cc
Bore x stroke: 88x66mm
Rasio kompresi: 11:1
Daya: 81hp (59.6 kW) @ 8000rpm
Torsi: 55.7 lb-ft 7,7 kgm @ 6250rpm
Injeksi bahan bakar: injeksi bahan bakar elektronik Siemens, bodi throttle 45mm
Knalpot: sistem 2-1-2 ringan dengan katalitik Converter dengan Twin Lambda probe
Emisi: Standar Euro 3 

CHASIS
Jenis frame: bingkai teralis baja tubular
Rake (sudut garpu): 24,0 °
Suspensi depan: Marzocchi 43mm USD garpu
Perjalanan roda depan: 165mm (6.5 in)
Roda depan: 5-berbicara dalam paduan cahaya 3,50 x 17
Ban depan: Pirelli Diablo Rosso120/70-ZR17
Suspensi belakang: linkage progresif dengan Adjustable Sachs monoshock aluminium satu sisi Swingarm
Perjalanan roda belakang: 141mm (5.6 in)
Roda belakang: 5-berbicara paduan cahaya 5,50 x 17
Ban belakang: Pirelli Diablo Rosso180/55-ZR17
Rem depan: 2 x 305mm semi-Floating disc, radial Mounted Brembo 4 piston, 2 pad
Rem belakang: disc 245mm Single disc, 2-piston kaliper
 Kapasitas bahan bakar: 12,40 liter (3,28 galon)
Berat kering: 167,0 kg (368,2 pound)
Daya/berat rasio: 0,4850 HP/kg
Tinggi kursi: 825 mm (32,5 inci) jika pengaturan yang dapat disetel dan terendah
Wheelbase: 1.455 mm (57,3 inci)

TRANSMISI
 Gearbox 6 kecepatan
Rasio: 1 = 32/13 2 = 30/18 3 = 28/21 4 = 26/23 5 = 22/22 6 = 24/26
Penggerak utama: gigi potong lurus, rasio 1.85:1
Final drive: rantai, sproket depan 15, sproket belakang 41
Kopling: multipelat basah aptc dengan kontrol hidraulik
  * WARNA: warna tubuh: merah (merah/hitam)-Arctic White Silk-Dark Stealth
Bingkai/roda: merah/hitam-Racing hitam/hitam-Racing hitam/hitam



--
ttd.


M. Alie Marzen

0 komentar:

Post a Comment