23:35
0

Banyak yang ingin motornya kencang dengan cara dimodifikasi mesinnya sayangnya banyak pula yang salah perhitungan ahirnya motor hanya jadi rongsokan. Berikut ini

kesalahan kesalahan besar racing, menurut Bikernaut Adventoure : 

 - pemakaian stang terlalu nekuk membuat manuver jadi berat kecepatan tinggi tidak stabil

- ban terlalu kurus katanya menambah akselerasi tapi sayangnya  kecepatan tinggi bakal terpeleset oleng dan jatuh

- ga pake helm tentu saja nyawa taruhannya

- pake kaos saja ga pake jaket tentu saja dampaknya masuk angin jika terus2an dan bisa menimbulkan paru2 basah

- shock diperpendek tentu saja kalau buat harian dan menapak jalan tak rata ga karuan rasanya jedak jeduk

- penggunaan busi racing tanpa kenaikan kompresi hanya menjadi boros bahan bakar busi cepat mati

- penggunaan koil racing supaya api besar tanpa bore up juga sama saja tenaganya ga signifikan

- penggunaan karbu pe 28 tanpa penyesuaian jarum skep dan spuyer tentu saja hanya dapat boros dan brebet tidak ada larinya

- bore up terlalu besar tanpa memperhatikan kompresi mesin dan penggantian klep besar dan bahan bakar oktan tinggi rawan jebol rpm tinggi

- penggunaan noken as racing supaya tenaga di rpm atas tanpa penggantian part lain seperti bore up sama saja cuma ganti gir lebih berat

- penggunaan cdi racing unlimiter tanpa penggantian noken as racing putaran atas dan klep besar dan pir keras malah membuat klep tabrakan dengan piston saja apalagi mesin standar, karena tenaga mesin muncul pada rpm tertentu bukan ketinggian rpm

- kampas kopling aus yang tak diperhatikan juga membuat mesin loyo meski sudah bore up

- bubut atau kurangi bobot pada magnet jika tak sesuai  malah bikin atau loyo diputaran bawah,  rpm cepat naik tapi ga ada larinya, mirip kopling mau habis

- stelan klep terlalu longgar bisa kehilangan kompresi

- stelan klep rapat juga bikin mesin berat tarikannya seperti pakai ban gembrot cuma mesin suaranya halus

- penggunaan gas spontan tak berefek jika karbu dan mesin kurang responsif rata2 digunakan motor trail karena torsi putaran bawah besar rpm cepat naik

- penggunaan rantai terlalu kencang bikin laher cepat rusak terlalu kendor rawan lompat atau putus

- motor tanpa aki untuk pengapian DC bisa bikin spull gosong

- jok terlalu tipis tapi digunakan untuk harian ga bakal nyaman untuk berkendara

- terahir adalah harga jual kembali hancur untuk motor yang pernah digarap atau bekas balap karena pasti kondisi sudah ga nyaman dipakai






--
ttd.


M. Alie Marzen

0 komentar:

Post a Comment