08:18
0

Saat ini musim trabas dan adventure sedang di gandrungi, tapi ada perbedaan trabas dan adventure, kalau trabas itu semacam adu ketangguhan dimedan sulit dan biasanya waktunya singkat trek pendek, diadakan dalam sebuah even enduro saja, berbeda dengan adventure kita bisa melakukan sendirian atau dengan teman, dengan jarak yang lebih panjang seperti touring tapi juga melewati medan offroad, terjal, menanjak tapi tidak seburuk medan trabas. Adventoure lebih mengasikan karena bisa dilakukan tanpa mengadakan even2 enduro, kita bisa berkunjung ke wisata wisata alam dan pegunungan yang pemandangan nya indah, berbeda dengan touring yang medannya lebih banyak ke aspal yang panjang dan berpergian antar kota maupun provinsi entah itu tujuan wisata  atau lainnya. Touring lebih ke medan perkotaan. Adventoure lebih ke medan agak sulit dan pegunungan. aspal terpencil, tanjakan extrem dan pegunungan juga salah satu medan Adventure.

Punya motor ga harus mahal buat Adventure yang penting mumpuni, motor yang kita punya dengan sedikit modifikasi bisa jadi motor Adventure,

 saat ini yang lagi booming adalah motor klx,crf dan wr155 yang lebih dari 30 juta harganya, tentu terlalu mahal kalau hanya untuk medan2 jelek karena biaya perbaikan juga ga sedikit untuk motor baru. 

Bisa dengan motor bebek atau batangan kita modifikasi Adventure sendiri, sehingga bisa digunakan disegala medan, baik aspal datar, tanjakan extrem, maupun offroad ringan, berikut ini syarat motor modifikasi offroadventure menurut bikernaut Adventoure club :

- torsi lumayan (bisa diakali gir lebih besar 1 mata depan atau 3 mata belakang jangan kebesaran nanti ngeden doang kalau ketemu aspal)
- ban belakang profil kotak
- shock depan tinggi 
- spakbor depan tinggi supaya stabil melibas genangan
- lampu sorot (supaya malam hari lebih tenang lewat jalan pelosok gelap) 
- berat + bahan bakar tidak melebihi 150 kg
- 1 silinder mesin (supaya lebih gampang mengatasi saat troubel ditengah alam bebas (biasanya 300 cc kebawah)
- pendingin udara lebih baik, krn radiator perawatan lebih susah
- tangki minimal 5 liter
- stang lebar tidak terlalu lebar supaya stabil melewati jalanan tdk bagus
- simple tdk banyak asesoris supaya mudah manuver
- tidak berfairing krn rawan ambruk bodi pecah
- paling tdk dilengkapi engine guard
- sohc lebih baik krn torsi lebih besar dari dohc
- supaya lincah hindari beban berlebihan seperti box tralis2 belakang strobo dll cukup bawa tas gendong, yg penting cukup bawa pakaian dan makanan
- yang terahir ini pilihan masing2, belilah motor yang murah biar ga sayang buat adventure, st only atau bpkb only bukan masalah karena lebih banyak diluar medan jalan raya. carilah tanjakan pegunungan2 rasakan sensasi adventure ga harus mahal, ga harus anda beli bmw gs, crf twin afrika, triump tiger, ducati multistrada, yamaha Tracer, Ktm adventure, Aprilia dorsoduro, husqvarna TE 701, dll yang tentu harganya setara rumah minimalis ratusan juta. kalau jatuh juga sayang, reparasi dan part moge juga ga mudah dicari, kecuali anda sultan yg hobi adventure, dengan kekayaan lebih dari 100 Miliar tentu motor harga 300 juta bukan hal yg mahal. tentu motor besar lebih besar tenaganya tapi tentu buat medan jelek belum tentu lincah karena berat bobotnya kalau ambruk sangat repot, apalagi kalau sendiri an bingung mengangkatnya

banyak motor motor sport murah dari 2 - 10 juta second yang bisa jadikan modifikasi Adventure tinggal ganti ban belakang semi kotak, ban depan tidak wajib ganti kotak karena yang bergerak ban belakang ban depan hanya manuver saja dan meninggikan shok depan lalu pasang engine guard, lampu sorot, stang trail, gir lebih besar supaya kuat nanjak,  anda bisa Adventure dengan nyaman

di indonesia ada banyak motor dibawah 10 jt catat yah dibawah 10 juta, jauh dibawah motor matik sejuta umat baru (diatas 17 jt)  bisa dijadikan Adventure pilihlah tahun agak muda agar tdk banyak pr mesin.

honda : gl, megapro, tiger, verza, new megapro
yamaha : byson, scorpio, vixion
suzuki : tunder, satria fu
kawasaki : athlete
merk lain : tvs apache, pulsar 135-200, minerva 150 cc, prisma, viar sport 200 cc dll 

semua motor diatas bisa anda dapat dengan harga 2 juta an (tunder) sampai termahal (scorpio z ) 8 jutaan dengan modifikasi ga sampe sejuta anda bisa Adventure. dengan surat komplit pajak hidup. bahkan kalau tunder dijual dibawah 2 juta tapi hanya stnk, dengan kondisi mesin bagus, tidak ada salahnya hanya perlu modifikasi karbu, stang dan ban karena kita jarang menemui aspal kota
atau offroad.

kenapa disini saya tidak mencantumkan motor bebek? karena shock bebek itu tidak ada T atas jadi akan banyak ubahan jika harus jadikan model sport. seperti beli shok depan baru dll, ganti komstir dll tentu biaya membengkak. 

jadi Adventure gaperlu mahal dan tak perlu motor ala ala trail berbeda dengan motocross dan enduro memang untuk kompetisi jadi motor trail diatas 100 jt buat anjrut anjrutan sudah biasa.

"lets ride, do adventoure"

salam bikerzone




--
ttd.


M. Alie Marzen

0 komentar:

Post a Comment