03:30
0

Karakteristik

1. Bintang neutron memiliki kepadatan amat tinggi hingga sesendok bintang neutron akan lebih berat dari sebuah gunung. Satu sendok teh atau sebutir kelereng massa bintang neutron memiliki berat sekitar 5×10^12kg. Atau 5 triliun kg atau 5 Miliar Ton!. seukuran bola kelereng bisa begitu besar sangat massanya. Rata2 mobil beratnya 1 ton maka satu bola kelereng kecil masa lubang hitam sama dengan 5 miliar kali berat mobil. Mampukah anda mengangkat sebutir kelereng dari massa bintang neutron? 

Sebuah bintang neutron bisa sekecil ukuran sebuah kota di bumi, katakanlah Jakarta, tetapi berbobot lebih dari matahari!

Rata rata bintang neutron berdiameter 15 s.d 25 km.. memang sangat kecil untung ukuran bintang tapi sangat amat padat mendekati masa jenis lubang hitam.

2. Bintang neutron memiliki medan magnet yang sangat tinggi. Kekuatan medan magnet bintang neutron sekitar 1.012 Gauss atau 1.013 kali lebih besar medan magnet bumi!

Struktur

1. Permukaan bintang neutron, pada suhu sekitar 1 juta Kelvin, sebagian besar terdiri dari inti atom besi dalam kondisi yang sangat padat.

2. Atmosfer bintang neutron memiliki ketebalan 1 meter dan didominasi oleh medan magnet intens sebesar 1.012 Gauss.

3. Saat menggali lebih dalam ke bintang neutron, kepadatan akan semakin tinggi seiring dengan ditemukannya nukleus yang terdiri dari neutron. Inti bintang neutron diperkirakan terdiri dari cairan superkonduktor proton dan elektron!
Penemuan

1. Bintang neutron pertama kali dihipotesiskan segera setelah penemuan neutron pada tahun 1933 oleh Walter Baade dan Fritz Zwicky untuk menjelaskan pemicu supernova.

2. Pada tahun 1965, Antony Hewish dan Samuel Okoye pertama kali menemukan sebuah objek yang memancarkan radiasi gelombang radio di Nebula Kepiting yang terletak di konstelasi Orion.

3. Setelah penelitian intensif, penemuan itu dikonfirmasi sebagai bintang neutron yang kemudian direvisi menjadi bintang neutron berotasi atau disebut pulsar.[]

0 komentar:

Post a Comment