00:45
0

Biker indonesia pastinya dah paham gimana medan di indonesia selain macet juga tentu jalannya rusak berlubang lubang penuh tanjakan gunung dan juga tak sedikit pedalaman yang medannya offroad parah, oleh karena itu perlu motor yang cukup mumpuni di dua medan aspal dan tanah, yaitu jenis trail maupun dual sport dan light adventure bukan moge adeventure karena tidak cocok beratnya.motor adventure yang beredar diindonesia adalah versys 250 dan crf250 rally itupun harganya kurang bersahabat bagi mayoritas biker diindonesia, selain itu juga besar dan jangkung tak cocok buat postur orang indonesia, solusinya adalah modifikasi motor yang ada dengan kaki kaki yang lebih mumpuni di medan offroad dan on road. Shok beker lebih tinggi dan ban dual sport stang lebih lebar adalah solusi terbaik mempunyai motor adventure tanpa merogoh kocek lebih dalam karena trail baru 150 cc harganya cukup mahal 30 juta keatas semua. 


Merk honda adalah jenis motor naked sport yang banyak beredar diindonesia, cocok buat modifikasi adventure kalau soal mesin sudah tak perlu upgrade standar saja cukup karena naked sport tenaganya lebih besar daripada motor trail pabrikan, memang karena dikhususkan buat aspal maklum kalau mesin diutamakan daripada kaki-kaki, berbeda dengan trail mengutamakan kaki kaki makanya lebih mahal meski mesin lebih loyo tenaganya. di medan offroad bukan lah power yang dibutuhkan karena gak mungkin sampe gaspol di gir 5-6 seperti diaspal rata2- gir 1-3 saja yang terpakai makanya yang diperbesar hanya torsi, berikut ini contoh modifikasi motor naked aspalan untuk dual sport atau adventure jenis cbr dan cb150r, 

Untuk motor jenis cb150/cbr old anda bisa menebusnya seken cukup murah antara 8-16 juta tergantung tahun dan kondisi, contoh saja misal harga motor cb150r seken anda dapatkan 10 juta modifikasi kaki kaki 5 jutaan, dengan 15 juta anda bisa adventure tanpa merogoh kocek terlalu dalam, dibandingkan harga crf150L misalnya yang harganyanya 34 juta tentu cukup jauh selisihnya. Selain itu power cb150r tentu lebih besar. Dari mesin verza/crf yang masih sohc karena cb150r sudah dilengkapi dohc dan pendingin radiator.

bahkan jika anda tak terlalu mementingkan tampilan anda bisa mengirit biaya, tak perlu ganti shok depan dan veleg, hanya perlu peninggi shok 100 rb an stang 100 rb ban depan belakang baru dual sport 700 ribu, biaya pemasangan 100 ribu, dengan satu juta aan sudah bisa adventure

Untuk modifikasi standar anda bisa mengganti shock depan klx s 700 ribuan di online shop, velg jari set 1,5 juta stang 100 rb slebor depan trail 50 ribu pemasangan  100 rb, jadi biaya modifikasi sekitar kurang dari 2,5 juta anda sudah bisa modifikasi dengan tampilan semi trail velg ruji.

Untuk modifikasi lebih bagus lagi menggunakan shok usd tapi saya tidak sarankan kecuali buat mendongkrak tampilan saja karena lebih keras dan mudah bocor buat offroad dan menerjang banjir, shock usd lokal trail sangat murah 1,2 juta saja untuk shok usd crf sekitar 4 jutaan. tergantung budget, saran saya kalau shok lokal jangan digunakan di offroad karena tidak bagus buat medan jelek shok mudah bocor. 

semoga bisa jadi inspirasi








0 komentar:

Post a Comment