01:28
0

 Anda mempunyai jiwa adventure tapi terkendala uang untuk membeli motor trail sebenarnya itu bukan alasan kuat sih, anda tidak perlu menjadi bos sukses atau konglomerat bergaji diatas 50 juta  perbulan hanya untuk bisa membeli motor trail.

Gaji 1- 2 juta perbulan pun anda bisa trabas ria di gunung atau persawahan perkebunan. Dengan uang 5 juta saja saya yakin anda bisa punya motor offroad adventure

Motor Trail Bukan Cuma KTM

Seperti kita ketahui bahwa motor KTM atau Husqvarna dijual diatas 100 juta - 200 juta tentu sangat mahal bagi kita yang pas pasan. tapi tahukah tidak mesti pakai motor trail motor motor petani kebanyakan adalah bebek modifikasi trail atau semi trail, dana 3-5 juta anda membeli motor bebek seken ada smash, jupiter, supra, mx 135, blitz, kaze dll atau megapro lama atau satria fu lawas, yang stnk nan atau bpkn nan saja lebih murah biasanya, paling antara 3-4 juta harganya. 

lagipula bukan buat aspalan, motor aspal harus punya sendiri khusus, minimal punya 2 satu buat berkendara di aspal satu khusus offroad persawahan gunung. Meski tanpa surat aman penting bukan barang colongan atau beli dari penadah, murni hilang karena kebakaran jatuh dll.

Biaya Menjadikan Motor Standar menjadi Motor Adventure 

Kalau bicara biaya itu tak terbatas terserah pemilik mau modifikasi branded atau yang penting fungsi.

Cukup dengan uang 3-5 juta  saya yakin anda bisa ikut trabas trabasan, atau weekend ria, ngapain ikut event kalau kita sendiri bisa liburan adventure sendiri ke pelosok sekitar kita atau pegunungan sekitar, selain nunggu event trabas yang lama waktu juga belum tentu pas kita luang.

Estimasi biaya beli motor 3 juta (stnk only atau bpkn only) kalau komplitan apalagi pajak hidup ga mungkin segitu ya, ini kita beli motor offroad aja anggapnya bukan motor aspal. Dan biaya modifikasi anggaplah 2 juta cukup. Bisa kurang asal tidak banyak ganti. 

Estimasi Biaya Modif

misal ganti ban semikotak belakang aja depan ga perlu traksi biasanya ada di ban belakang ( 200 ribu), ganti stang dan raiser (150 ribu), 

tambah peninggi shok depan 100 ribu, 

tambah selebor depan 50 ribu, 

tambah lampu tembak malam (50 ribu)

ganti karbu pe seken/kw (100 rb) 

beli gir depan 13 mata (50 rb)

ganti veleg jari (tidak perlu jika ingin irit)

total modifikasi ringan 700 ribu aja, bisa lebih ngirit jika anda kerjakan sendiri.

nah itu dia dengan uang 3,7 juta (total) anda bisa offroad dan liburan ke gunung gunung saat weekend ga perlu mahal. Kalau tampilan dirasa kurang ya anda ganti shok depan punya rx king atau thunder, dan veleg ruji kombinasi 17-19, sehingga lebih pure adventure, untuk shok depan kira2 400 ribu an dan veleg set tromol cakram serta ban bisa 1 jutaan, seken. kalau baru tentu lebih mahal. Anggap lah modifikasi shock depan + veleg ruji set 1,5 juta modifikasi lain lain 700 ribu, jadi 2.200.000 jadi ditambah harga motor 3.000.000 maka total harga motor satria fu semi trail adalah 5,2 juta  saja. Tidak sampai 6 juta bukan.

seperti tampilan motor dibawah ini, untuk satria fu standarnya memang tarikan bawah letoy memang ciri dohc tarikan atau tenaga ada di high rpm. Anda akali saja dengan mengganti gear depan 13 dan belakang 50 mata saya yakin tanjakan setinggi apapun bisa mudah dilalui asal tidak licin. Kalau saya sih pernah menggunakan satria fu, cukup mengganti gir depan satu mata lebih kecil (13 mata) gir belakang standar aja (43 mata) sudah lebih dari cukup asal karbu waras. 




Tidak perlu bore up

Bore up biasanya untuk mengejar kecepatan. tapi untuk tanjakan dan offroad anda tidak perlu bore up justru berbahaya, karena main rpm tinggi di gigi rendah mesin rawan overheat bahkan jebol, anda cukup ganti gir depan lebih kecil dan belakang lebih besar untuk mendapatkan torsi lebih besar, konsekuensinya kecepatan diaspal menurun tapi kita sedang tidak berbicara medan aspal. 



Note : gir kombinasi 13-50 nafasnya jadi terlalu pendek2 tapi kuat torsinya buat medan tanah tanjakan, tapi untuk tanjakan biasa tidak licin tidak perlu pakai gir 50, cukup standar 43 dan gir depan 13 mata saja sudah bagus.

 Jangan lupa karbu standar ganti karbu pe28 tentu sudah wajib bagi pemilik satria fu karena karbu bawaan membuat loyo.





0 komentar:

Post a Comment