21:54
0

Adventoure (Naked adventure) Mungkin ini jenis yang ga banyak orang tahu karena cuma istilah dari penulis, Terbuat dari motor yang beredar umumnya diindonesia khususnya naked bike. Adventoure ini artinya adventure dan toure atau wisata petualangan, jenis ini mirip semi trail / Motor naked modifikasi kaki kaki trail. hanya saja Velg tetap setandar, Hanya ban belakang diganti jenis ban semi trail supaya bisa digunakan didua medan, shok ditambah peninggi supaya aman dari gasruk. Sedangkan ban depan tetap menggunakan tipe ban aspal supaya aman buat menikung diaspal. Maksimal bobot motor 150 kg diatas itu sebaiknya jangan digunakan dimedan tanah dan medan berat bukan membantu malah menyusahkan. 

Genre ini lahir karena medan di indonesia yang aspalnya kebanyakan pegunungan, Kemacetan dan aspal rusak, Butuh motor yang mesinnya mumpuni dan kaki kaki yang cocok buat medan rusak, Jika memakai motor matik velg kekecilan mudah limbung minimal sebaiknya ring 17 tapak lebar. Bagusnya ring 18-18 tapak lebar. 

Adventoure adalah motor yang dirancang buat jarak jauh dan disegala medan, cocoknya terbuat dari naked bike cc kecil yang irit, buat menanjak menanjak ketempat wisata alam, camp ceria, sedangkan digunakan jarak jauh juga aman tidak membuat pegal seperti jenis dual sport yang joknya sempit bikin pantat panas. Desain headlam juga perlu minimalis supaya pas terjatuh tidak jadi korban, Stang perlu diganti lebih lebar tp tidak terlalu baplang biar nyaman digunakan diaspal maupun tanah, Gir cukup standar saja, jika dirasa medan terlalu extrem perlu penggantian gir belakang lebih besar dikit. Perlu lampu tembak digunakan untuk riding malam, dan aki harus selalu sehat buat penerangan. Secara sekilas memang mirip naked bike standar, velg juga standar cuma ganti ban belakang Yang lebih gigit dimedan tanah ringan dan aman menikung diaspalan.  Ketika melalui medan offroad bagian belakang juga tidak kotor karena ada selebor belakang Meski sedikit dipotong dari standarnya yang terlalu panjang, mirip motor aspal pada umumnya, desain memang biasa saja tidak keren, tapi yang penting fungsinya. 

contohnya dibawah ini saya ambil desain dari suzuki bandit 150 cc, orang mungkin akan menyebut semi supermoto atau semi trail dll, tapi bukan supermoto karena pake velg racing bukan pula semi trail karena kombinasi ban bukan 17-19 atau 18-21 biasanya velg ruji. Saya menyebutnya jenis naked adventure atau adventoure. Cocok buat harian dan nanjak nanjak ketempat wisata alam yang medannya masih sulit. 

Genre adventoure sendiri merupakan genre motor yang diciptakan oleh tim bikernaut (admin bikerzone11 adalah membernya) merupakan penghobi petualangan dengan naked bike. Karena naked bike jok cukup lebar jadi nyaman dan mesin lebih powerful daripada jenis trail dual sport. Tak perlu dimodifikasi. ataupun boreup. Kalau ahirnya trobel atau overhet malah jadi merepotkan. Kaki kaki tetap standar karena menurut kami velg racing memang kokoh meski lebih berat, Velg ruji rawan bocor jika digunakan dimedan batu batu menanjak seperti lereng gunung yang masih jarang aspal. Slebor belakang hanya dipotong sedikit tidak dihabiskan supaya aman pas lewat lumpur, Knalpot juga tidak gantung supaya kaki aman dari sengatan leher knalpot. Stang diganti lebih lebar mungkin stang fatbar yang dipotong dikit biar ga kelebaran, Slebor depan ngatung tapi dibelakang shok tetap ada slebor kecil buat nahan lumpur masuk radiator. 

Spion tetap ada karena kadang memang melewati jalan raya lampu utama diganti minimalis mungkin baiknya beli headlam trail model polisport atau modifikasi sendiri yang penting ada lampu jika perlu ditambah lampu sorot untuk riding dipelosok tetap aman meski malam hari. Shok depan diganti lebih panjang minimal tambah peninggi supaya mesin tambah tinggi dari tanah, shok belakang kami biarkan standar biar tidak ketinggian joknya. Bagusnya lagi ditambah engine guard dan knalpot guard supaya aman saat jatuh2 dimedan agak sulit.  

Selain itu tentu harga juga lebih ekonomis dibanding motor trail dual sport yang dijual 35 jutaan diindonesia. Cukup sediakan uang 15 juta saja untuk beli motor naked seken mulus kemudian dimodifikasi tak lebih dari 500 ribu jika dipasang sendiri karena cuma belanja slebor depan, stang fatbar dipotong kiri kanan masing masing 3 cm, Sisa 76 cm biasanya stang ini terlalu lebar karena panjang 82 cm atau gunakan stang byson saja karena panjang pas 74 cm tidak kepanjangan

Kemudian belanja peninggi shok depan dan belanja ban belakang jenis dual sport semisal swallow sb117 dan sejenis. Kenapa tidak depan belakang diganti ban dual? motor itu bukan tipe 4x4 seperti mobil jeep, Cuma ban belakang saja yang berusaha meraih grip dimedan tanah sedangkan ban depan cuma penerus saja, Selain itu dengan menggunakan kombinasi ban belakang semi dan ban depan aspal menikung tajam pun cukup aman karena pernah saya mencoba. Hanya saja untuk offroad berat tidak rekomendasi. Seperti lumpur basah dll. 

rincian belanja sebagai berikut :

Peninggi shok depan 80 ribu

Slebor depan 50 ribu

Headlam depan Trail polisport 120 ribu

Stang byson 50 ribu

Ban belakang sb117 200 ribu (seken tebal)

Bengkel 50 ribu 

Jadi total biaya hanya 550 ribu Untuk mengubah motor anda menjadi naked adventure. Tak perlu biaya mahal mahal untuk wisata petualangan. 











0 komentar:

Post a Comment