02:56
0




Halo adventure dan touring mania, jika anda ingin memodifikasi atau membeli kendaraan motor trail sebaiknya dipikir dua kali daripada tidak sesuai dengan keinginan anda misal buat jarak jauh yang nyaman, bisa bawa barang bisa boncengan dll. Harap anda pertimbangkan kembali karena jenis trail tidak cocok untuk hal itu. Memang secara tampilan terkesan keren tinggi jangkung seakan bisa melibas segala medan dengan mudah, namun ketika ketemu aspal hancur parah sama saja tidak bisa seenaknya ngebut bisa bisa velg yang hancur. Berikut ini adalah kekurangan motor trail dan supermoto jika digunakan harian daripada model naked bike ataupun model adventure. Jika anda pengendara segala medan bukan hanya aspal tapi kadang tanah agak berat dan tanjakan extrem baiknya anda pertimbangkan hal ini sebelum memodifikasi atau membeli motor jenis trail dan supermoto. 

  1. - limbung saat high speed karena bobot ringan shok depan terlalu tinggi. 
  2. - aerodinamis rendah
  3. - jarak jauh jok sempit panas
  4. - tangki mini jarak jelajah lebih rendah daripada motor batangan.
  5. - body kompak rawan konsleting kabel, sering terjadi trail kebakar dijalur karena hubungan arus pendek kabel dan kebocoran bahan bakar.
  6. - kaki2 roda jenjang jadi sulit menapak dan mengimbangi dimedan jelek
  7. - saat menanjak rawan salto mundur karena roda depan lebih besar 
  8. - rawan patah shok jika sambungan, sebaiknya beli shok depan yang lumayan kualitasnya meski diatas 3 jutaan biasanya.
  9. - menikung diaspal tdk seenak sport atau naked bike apalagi jika memakai ban trail tentu berbahaya
  10. - biasanya tak ada lampu depan tidak cocok buat riding malam, sebaiknya anda pasang lampu sorot kiri kanan supaya bisa buat trabas malam. 
  11. - spakbor belakang minus jadi nyiprat2 kotorannya, kena pembonceng atau punggung sendiri.
  12. - knalpot model leher gantung sebelah blok mesin. bisa kena paha jika pas jatuh tidak sengaja kenalpot malah kena paha atau kaki. Baiknya anda lapisi anti panas. 
  13. - karena spakbor depan ngatung mesin lebih kotor kena ciprat
  14. - posisi badan tegak mendekati stang lebar kurang nyaman buat high speed dan jarak jauh.
  15. - minus stoplam belakang cukup berbahaya jika riding malam gelap bisa tertabrak dari belakang, baiknya anda akali atau pasang stoplamp variasi
  16. - minus engine guard kiri kanan sehingga ketika crash langsung menggores mesin atau mematahkan persneling, tidak seperti motor adventure biasanya sudah dilengkapi engine guard.
  17. - posisi shok belakang kadang terlalu tinggi jadi rantai  rawan gesek arm sampe berlubang dan dan juga  rante rawan lepas karena kendor
  18. - minus spion harap hati hati ketika pindah jalur kiri kanan harap tengok belakang baiknya pake spion jika sering lewat jalan aspal.
  19. - saat nambal ban jadi kesulitan tak semua tambal ban punya dongkrak tinggi.
  20. - ketika jatuh tak ada pegangan rangka belakang atau begel jadi lebih sulit menggeser atau mengangkat.
  21. - jika aki model besar tak.ada ruang untuk box aki. Sehingga tidak bisa banyak memodifikasi penerangan misal penambahan lampu sorot dan variasi.
  22. - plusnya tampilan keren. Tapi soal Durabilitas masih dipertanyakan disegala medan. Terkadang motor bebek standar malah lebih mumpuni dimedan jelek seperti motor petani buat angkut2 hasil panen. Kecuali jika skill seperti pembalap motorcros dan motornya trail ratusan juta mungkin juga lebih mumpuni. Tapi harga segitu tentu saingannya kelas moge bukan kelas mocil lagi. Diatas seratus juta, banyak pilihan moge 4 silinder seken. Soal kecepatan dan kenyamanan jelas lebih baik jika buat aspalan atau harian. 
  23. - Bagi pembonceng tentu sangat tidak nyaman karena jok sempit sekali bagian belakang dan kalau hujan tentu jadi spakbor alami boncengernya.
  24. - Tidak bisa bawa barang bawaan banyak banyak apalagi bawa galon atau hasil panen.
  25. - Getaran sangat tinggi jika digunakan diaspal hal itu karena rasio motor trail terlalu ringan, baiknya anda ganti dengan gir lebih berat supaya lebih nyaman untuk harian, kemudian ganti besar kembali ketika buat trabas ke kebun atau gunung. 
  26. - Terahir pertimbangan soal harga, dan performa, biasanya motor trail mengedapankan kaki kaki daripada performa mesin, dengan harga yang sama 30 jutaan semisal klx setara dengan harga motor sport r15 untuk kecepatan jelas unggul r15 karena murni buat aspal jika anda suka kecepatan tapi beli trail harusnya anda memikirkan hal ini. Daripada repot repot bore up malah ketahanan mesin jadi berkurang.

Nah itu minus model supertomo atau trail dari aliansi adventoure rider tidak cocok untuk perjalanan jauh dan aspal. Ataupun dua medan, cocok buat jarak dekat dan trabas ria saja.

Kenapa sangat panjang dan teliti tentu saja aliansi adventoure mempertimbangkan jenis motor untuk cocok digunakan disegala medan. Yang penting jangan tipe radiator yg tentu bisa merepotkan ketika radiator rusak ditengah perjalanan adventure

0 komentar:

Post a Comment