03:25
1

4shared Dicinta Dan Dibenci


4shared adalah situs file sharing (berbagi file), dimana penggunanya dapat mengunggah dan mengunduh suatu file serta kemudian berbagi file tersebut dengan orang lain di internet. 4shared didirikan oleh Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky pada tahun 2005 di Kiev, Ukrania. 4shared sangat popular di Indonesia, sebab situs ini seringkali menjadi media penyebaran file bajakan.

4shared Dicinta karena ....
Seperti dijelaskan diatas, 4shared memudahkan penggunanya untuk mengunggah, mengunduh, dan berbagi suatu file dengan orang lain. Pengguna dapat memanfaatkan 4shared sebagai media alternatif penyimpanan menggantikan media penyimpanan seperti CD/DVD.
4shared Dibenci karena...
Bila file yang anda sebarkan merupakan file milik sendiri dan anda tidak keberatan untuk berbagi dengan orang lain tentu bukan masalah. Namun bila file tersebut merupakan karya cipta orang lain dan anda berbagi tanpa ijin tentu ini merupakan suatu pelanggaran hukum. 4shared seringkali menjadi media penyebaran file bajakan seperti musik, film ataupun software bajakan. Inilah alasan mengapa 4shared dibenci oleh mereka yang karyanya dibajak.
Kebijakan 4shared
4shared sendiri paham akan pentingnya penghargaan atas hak cipta, karena itu setiap file yang diindikasikan melanggar hak cipta segera dihapus. Berikut merupakan kutipan peraturan 4shared yang seringkali diabaikan penggunanya.
Dengan menggunakan layanan 4shared berarti Anda setuju untuk tidak melakukan hal-hal berikut:
1. Memposting, mendistribusikan, atau sebaliknya menyediakan atau mentransfer data, pesan, teks, file komputer, atau materi lainnya yang melanggar hak pihak ketiga dan/atau undang-undang, peraturan, atau regulasi setempat atau internasional, termasuk tapi tidak terbatas pada:
  • hak cipta, merek dagang, paten, atau hak kepemilikan lainnya;
  • hak privasi atau publisitas;
  • kewajiban kerahasiaan apa pun.
2. Memposting, mendistribusikan, atau sebaliknya menyediakan atau mentransfer peranti lunak atau file komputer lainnya yang berisi virus atau komponen membahayakan lainnya.
3. Memposting, mendistribusikan, atau sebaliknya menyediakan atau mentransfer materi bersifat pornografi dan ilegal.
4. Mempublikasikan atau mentransfer konten ilegal, membahayakan, mengancam, menyalahgunakan, melecehkan, mencemarkan nama baik, atau merendahkan ras atau etnis, atau konten yang mengekspresikan kebencian terhadap orang atau kelompok orang karena ras, agama, warna kulit, keyakinan, kebangsaan atau orientasi seksual.
4shared sendiri menyatakan tunduk kepada Digital Millenium Copyright Act (DMCA), sehingga mereka berjanji untuk segera menghapus semua file yang mengandung pelanggaran hak cipta. Berikut adalah kutipan pernyataan 4shared dalam melawan pembajakan:
4shared adalah Layanan Berbagi-pakai File Online yang tunduk kepada Digital Millenium Copyright Act ("DMCA"). Selain itu, untuk melawan pembajakan, kami bekerja sama dengan perusahaan lain seperti Microsoft Corporation, Recording Industry Association of America (RIAA), Moscow Government Committee on Security, Linotype GmbH, Visual CertExam Software, Warner Music Brasil, Bondware, DAZ Productions, iMusica, Leisure Arts, Wichelt Imports dan banyak lagi.
Layanan 4shared menyediakan akun hanya untuk menyimpan data yang legal saja. Jika Anda dilaporkan menyimpan materi yang dilindungi hak cipta atau ilegal, akun Anda akan dinonaktifkan dan Anda harus melewati prosedur birokrasi untuk mengaktifkannya kembali. Terlebih lagi, jika Anda melanggar peraturan ini, pemilik hak cipta atau karya intelektual lainnya akan diberi tahu dan mungkin akan memanggil Anda untuk pertanggungjawaban atas pelanggaran hak-hak mereka.
Fitur 4shared
4shared memiliki fitur antara lain, pengguna dapat memberikan nilai hingga 5 bintang untuk suatu file, serta menyebarkan file tersebut melalui jejaring social. Pengguna juga dapat memberikan pendapat terhadap suatu file atupun melakukan pencarian file dengan mudah. Selain melalui http://www.4shared.com/, pengguna juga dapat mengunggah dan mengunduh file melalui 4shared desktop, 4shared mobile dan 4shared toolbar.
Profil 4shared
Nama: 4shared
Alamat Situs: http://www.4shared.com/
Pendiri: Alex Lunkov dan Sergey Chudnovsky
Berdiri: Tahun 2005, di Kiev, Ukrania
Slogan: Unggah, akses, berbagi-pakai musik , video, foto Anda
Bahasa: Berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia
 

1 komentar: