11:01
0

Rangkaian pemancar AM dirancang untuk mengirimkan (amplitude modulated) DSB (double side band) sinyal. Sebuah sinyal termodulasi AM terdiri dari pembawa dan dua sisi spasi simetris band. Kedua sisi band memiliki amplitudo yang sama dan membawa informasi yang sama. Bahkan, kapal induk itu sendiri coveys atau tidak membawa informasi. Dalam 100% sinyal termodulasi AM 2 / 3 rd kekuatan yang terbuang dalam carrier dan hanya 1/6th kekuatan terkandung dalam setiap sisi band.

Dalam pemancar ini kita memindahkan pembawa dan hanya transmitt dua sisi band. Output yang efektif dari rangkaian tersebut adalah tiga kali lipat dari pemancar AM yang setara.

Op Amp IC741 digunakan di sini sebagai penguat mikrofon untuk memperkuat suara ditangkap oleh mikrofon kondensor. Output dari op amp diumpankan ke modulator seimbang ganda (DBM) membangun sekitar empat dioda IN4148. Tingkat modulasi dapat disesuaikan dengan bantuan VR1 preset.

Pengangkut dihasilkan menggunakan osilator kristal kabel sekitar BC548 transistor T2. Pengangkut diperkuat lebih lanjut oleh transistor T1, yang juga bertindak sebagai penyangga antara pembawa osilator dan modulator yang seimbang. Frekuensi kerja pemancar dapat diubah dengan menggunakan frekuensi kristal yang berbeda. Untuk multi frekuensi operasi, seleksi kristal yang berbeda dapat dibuat dengan menggunakan saklar pemilih.

THS output DBM hanya berisi produk (audio dan carrier) frekuensi. The DBM menekan kedua sinyal-sinyal input dan menghasilkan band sisi ganda pembawa ditekan (DSBSC) pada output. Namun, karena dioda digunakan dalam modulasi seimbang tidak sepenuhnya sesuai, output dari DBM memang mengandung beberapa sisa carrier. Ini dikenal sebagai pembawa kebocoran. Dengan menyesuaikan 100 ohm preset VR2 dan penghias C7 Anda dapat null pengangkut kebocoran.

Untuk menerima sinyal DSB anda memerlukan untuk mengalahkan frekuensi osilator pembawa Masukkan kembali hilang. Jika Anda tidak memiliki osilator frekuensi memukul, atau ingin hanya PM transmitt sinyal, sesuaikan preset VR2 bocor beberapa operator sehingga Anda dapat menerima sinyal pada penerima radio biasa mana pun. Dalam modus PM 100% modulasi dapat dicapai dengan menyesuaikan preset VR1 dan VR2.

Sinyal yang tersedia di DSBSC output dari modulator seimbang diperkuat oleh dua tahap RF linear amplifier. Transistor 2N2222A (T3) digunakan sebagai pra penguat RF, yang memberikan penguatan sinyal cukup untuk menggerakkan power amplifier akhir membangun sekitar transistor SL100B. Output dari penguat daya akhir terhubung ke antena.

Semua gulungan harus luka balun inti ferit (sama seperti yang digunakan dalam transformator balun TV ukuran 1,4 cm * 0,6 cm) 24 SWG berenamel menggunakan kawat tembaga. Heat sink yang layak harus disediakan untuk SL100B transistor digunakan sebagai penguat daya akhir.

PM DSB Transmitter

X1 - 8 8 Turns 24 SWG Bifalar Di TV Balune Core
X2 - 12 Ternyata Primer, Sekunder Ternyata 4. 24 SWG di TV BALUN Core (dot menunjukkan awal coil).
X3 - 20 Turns 24 SWG di TV BALUN Core

Range dari rangkaian tergantung pada jenis antena yang digunakan. Hal ini sangat penting untuk menggunakan antena yang cocok untuk memancarkan sinyal secara efektif. Saya menggunakan antena dipol horisontal, yang sederhana dan mudah untuk membangun. Untuk 7 MHz, yaitu ham band 40 meter panjang antena dipol akan menjadi 20 meter. Gunakan 75 Ohms co-aksial kabel untuk menghubungkan antena dan pemancar. Saya bisa mendapatkan laporan dari 57 stasiun 80 kilometer. Anda dapat dengan mudah menambahkan penguat RF Linear menggunakan IRF830 untuk mendapatkan lebih banyak kekuasaan.

0 komentar:

Post a Comment