19:11
0





Rupanya yang ditunggu-tunggu telah tiba motor kawasaki klx yang selama ini melenggang bebas didunia offroad kedatangan pesaing baru dari honda, honda baru saja meluncurkan motor terbarunya yang diberinama honda CRF 150L, sebagaimana diberitakan dari liputan6.com, Honda CRF 150L hadir di Indonesia dengan menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi, yakni PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Tentu saja ini berbeda dengan Kawasaki KLX 150 Series yang masih mengandalkan sistem pengabutan karburator. Di kalangan pencinta motor trail sendiri banyak yang menganggap karburator lebih bersahabat kala dipakai trabas.

Itu karena sistem pengabutan ini dianggap mudah dalam perawatan dan jumlah komponen yang sedikit serta tidak kompleks dibanding injeksi. Menanggapi hal ini, Large Project Leader CRF150L dari Honda  Company Limited Motorcycle Center, Ak‎ihiro Momiyama, mengatakan, karburator tidak cocok dipakai di wilayah pegunungan ataupun medan-medan off-road karena sangat rentan ketika berada di dataran tinggi. "Saat digunakan di jalur pegunungan ataupun perbukitan maka dia (karburator) akan memberikan efek dan imbas kepada kondisi perubahan suhu dan cuaca," sambungnya. "Karena itulah kami memilih PGM-FI yang mempunyai satu karakteristik yang sangat spesial, yaitu untuk semburan bensin menjadi sangat sempurna jika menggunakan PGM-FI," terang Momiyama baru-baru ini. sebagaimana dilansir dari tribunnews, dalam sebuah prosesi peluncuran di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Kamis (9/11/2017).

All New Honda CRF150L merupakan motor sport on-off anyar dari PT Astra Honda Motor (AHM) dan melengkapi portofolio motor di segemn ini setelah sebelumnya AHM sudah memasarkan All New CRF250 Rally dan CRF1000L Africa Twin di market Indonesia. Honda CRF150L dirancang sebagai motor adventure untuk membawa pengendaranya menaklukan tantangan di segala kondisi medan. Lalu seperti apa spesifikasi motor yang di DKI Jakarta dilepas di harga on the road Rp 31,8 jutaan ini? All New Honda CRF150L tampil dengan styling fungsional yang tajam dan tangguh. Desain terbaru motocross sesungguhnya terinspirasi dari model CRF untuk kompetisi. Model ini hadir dengan konsep compact headlight di bagian depan yang membentuk sudut tajam, memperkuat kesan fearless menaklukan setiap medan. Di bagian ekor, All New Honda CRF150L memiliki New Taillight berdesain lampu tajam, sporty dan kompak untuk menampilkan kesan agresif. Digital panel meter di bagian setang dirancang kompak dan simpel serta full digital.

Aneka informasi penting tentang kondisi bahan bakar dan performa motor ini saat digeber di medan on dan off road bisa dibaca dengan mudah. Digital panel meter di setang All New Honda CRF150L Untuk menghela motor ini sampai tenaga puncaknya, AHM menyematkan mesin 150cc SOHC berpendingin udara PGM-FI yang di-setting dengan performa off-road untuk alam bebas. Mesin ini mampu menyodorkan tenaga maksimum 9,51 kW atau 12,91 PS pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi tertinggi 12,43 Nm atau setara dengan 1,27 kgf.m pada putaran 6.500 rpm. All New Honda CRF150L Tail light berdesain agresif di All New Honda CRF150L Performa mesin menawarkan torsi yang menjanjikan pada putaran bawah, tapi oleh AHM diklaim tetap irit bahan bakar. All New Honda CRF150L Diaspalkan di Indonesia karena Tren Perubahan Gaya Hidup. Untuk per liternya, motor ini mampu melahap 39,3 km jarak tempuh berdasar metode pengetesan EURO 3 dengan menggunakan metode pengetesan ECE R40 dan 43,03 km per liter metode pengetesan EURO 2. Di bagian kaki-kaki, AHM memasang suspensi Showa tipe Long Travel Inverted Front Fork dengan suspensi inverted yang disebut terbesar. Ukuran diameter pipanya 37mm dan panjang stroke 225mm.

 All New Honda CRF150L menggunakan mesin 150cc SOHC berpendingin udara PGM-FI Komponen ini terlihat macho dengan warna gold color anodize di bagian tabung suspensinya. Di bagian belakang menggunakan suspensi sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (travel axle) 210mm demi pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi medan. All New Honda CRF150L menggunakan velg alumunium yang ringan namun kuat untuk mengakomodir ban ukuran besar. Yakni, 21” di bagian depan dan 18” di bagian belakang. All New Honda CRF150L ditawarkan dengan satu warna saja, Extreme Red dengan harga On The Road DKI Jakarta Rp 31.800.000. Dalam foto adalah versi standar. Ban yang disematkan adalah ban tipe dual purpose untuk medan beraspal dan rusak. Untuk menjaga keselamatan nyawa penunggangnya saat berpetualang. AHM menyematkan sistem pengereman rem cakram tipe Wavy Disc Brake ukuran 240mm di roda depan dan 220mm di roda belakang.

Nah itu dia sepesifikasi yang tak jauh dari honda verza namun dijual dengan harga 30 jutaan. Maklum saja karena model trail jauh lebih menarik dan lebih mumpuni buat track terjal seperti kebanyakan jalan diindonesia.

0 komentar:

Post a Comment