10:58
0

Bintang neutron dan lubang hitam adalah sisa dari bintang mati. Lubang hitam sendiri juga terbagi menjadi type masif dan supermassif. Entah lah bagaimana proses terbentuknya lubang hitam supermasif yang biasanya ada ditengah galaksi dan ukurannya bahkan bisa menelan tata surya beda dengan lubang hitam masif yang diameternya beberapa kilometer saja.lubang hitam masif terbentuk dari sisa keruntuhan bintang maharaksasa yang kolap dan runtuh keintinya sampai kepadatan tak terhingga. 

Bintang neutron adalah sisa ledakan bintang atau supernova. Biasanya diameternya seukuran kota sekitar 15-20km. Bintang neutron diketahui memiliki massa jenis sekitar 5.000.000.000 ton/cm3. Bahkan bisa lebih dari itu. Tak bisa dibayangkan kepadatannya. Sebutir kacang massa bintang neutron setara dengan 5 miliar berat mobil. Tapi tunggu ada lagi yang lebih gila dan dahsyat daripada ini. Yaitu kepatadan massa lubang hitam atau monster kosmik.dulu sering disebut bintang hantu sekarang populer dengan nama blackhole. Sang penyedot materi diluar angkasa. Bahkan cahaya pun yang mempunyai kecepatan 1 detik 300 ribu km bisa tersedot. 


Kata ilmuwan Massa bumi adalah 6x10^21 ton jika menjadi lubang hitam akan berdiameter 1 cm jika dihitung volumenya hanya 4 cm3 sedangkan massa jenis nya adalah berat dibagi volume. Akan kita dapat nilai 1,5x10^21 ton/cm3 atau sebut saja 1,5 miliar triliun ton/cm3. Luar biasanya padat dan berat. Berat mobil saja sekitar 1 ton.Bisakah anda mengangkat sebutir kacang materi lubang hitam? 

0 komentar:

Post a Comment