Mengendarai motor trail tidak jauh berbeda dengan sepeda motor cowok yang lainnya. Bagi siapapun yang sudah biasa memakai motor kopling tangan tidak akan sulit untuk mengendarai motor yang biasa disebut sebagai si penggaruk tanah.
"Yang biasa pakai motor kopling tangan tidak akan sulit untuk mengontrol motor trail, apalagi Kawasaki KLX yang emang sudah desain bawaan pabrikan untuk adventure," ungkap Gading, koordinator perjalanan touring Bromo Otosia kemarin.
Buat yang belum biasa memakai motor berkopling tangan pun bisa belajar sebentar, tinggal menyesuaikan tarikan gas dan melepas tuas kopling.
"Gampang, meski tidak pernah naik motor cowok yang penting sudah bisa naik motor, cepet bisa naik trail. Bedanya cuma ketikan masukan gigi persneling. Kalau motor bebek kan maju ke depan untuk peningkatan speednya dan pengurangannya ke belakang. Kalau motor trail seperti KLX 150, tuas persneling kan cuma satu di depan, ujung kaki. Untuk masukkan gigi pertama ditekan ke bawah, selanjutnya 2-5 dicongkel ke atas. Sedangkan untuk mengurangi giginya ditekan ke bawah, sampai habis dan dicongkel setengah untuk netral" tutup Gading.
Kawasaki KLX 150 sendiri merupakan motor trail yang memiliki Transmisi 5-speed, dan didesain untuk segala medan.
Otosia.com
0 komentar:
Post a Comment