03:39
1

Objek S5 0014 + 81 adalah quasar atau blazar yang jauh, kompak, hyperluminous, broad-absorption atau yang terletak di dekat daerah deklinasi tinggi rasi Cepheus , di dekat Kutub Utara Khatulistiwa.


Karakteristik

Objeknya adalah blazar , sebenarnya adalah sebuah kuadran OVV (variabel kekerasan dengan kekerasan) , subkelas yang paling energik dari objek yang dikenal sebagai inti galaksi aktif , yang dihasilkan oleh pertambahan materi yang cepat oleh lubang hitam supermasif sentral, mengubah energi gravitasi menjadi energi cahaya. yang bisa terlihat pada jarak kosmik. Dalam kasus S5 0014 + 81, ini adalah salah satu quasar paling bercahaya yang diketahui, dengan luminositas total lebih dari 10 41 watt ,  sama denganmagnitudo bolometrik absolut -31,5. Jika quasar berada pada jarak 280 tahun cahaya dari Bumi, maka akan memberikan energi sebanyak per meter persegi sebagai Matahari meski sudah 18 juta kali lebih jauh.[ klarifikasi diperlukan ] Luminositas quasar adalah sekitar 3 x 10 14 (300 triliun) kali Matahari , [3]atau lebih dari 25.000 kali berkilau seperti semua 100 sampai 400 miliar bintang dari Galaksi Bima Sakti digabungkan, [4] membuat itu salah satu benda paling kuat di alam semesta yang bisa diamati. Namun, karena jaraknya yang besar 12,1 miliar tahun cahaya hanya bisa dipelajari dengan spektroskopi .Lubang hitam pusat quasar menghasilkan jumlah materi yang sangat besar, setara dengan 4.000 massa matahari material setiap tahunnya.

Quasar juga merupakan sumber radiasi yang sangat kuat, dari sinar gamma dan sinar-Xhingga gelombang radio . Quasar terletak pada jarak di mana pergeseran merah yang diamati dari quasar dan bintang sangat mirip, membuat kedua benda sulit dibedakan dengan menggunakan pergeseran merahspektroskopi standar dan penentuan redshift fotometrik , dan karenanya harus ditangani dengan teknik khusus lainnya untuk berhasil menentukan sifat dari objek.

Penunjukan quasar, S5, berasal dari Survei Kelima Sumber Radio Kuat , 0014 + 81 adalah koordinatnya pada zaman B1950.0. Ini juga memiliki penunjukan lain 6C B0014 + 8120, [1]dari Survei Cambridge Cambridge yang keenam sumber oleh Universitas Cambridge .

Galaksi host S5 0014 + 81 adalah galaksi bintang raksasa berbentuk elips, dengan magnitude yang terlihat dari 24. 

Lubang hitam Supermassive Edit


Konsep artis tentang lubang hitam supermasif yang melahap materi di cakram akresi dengan jet materi relativistik yang berasal dari lubang hitam yang tegak lurus dengan cakram.


Pesawat ruang angkasa Swift , digunakan oleh para astronom untuk menentukan massa lubang hitam S5 0014 + 81

Galaksi host S5 0014 + 81 adalah blade FSRQ, galaksi elips raksasa yang menjadi tuan rumah lubang hitam supermasif di pusatnya, yang mungkin bertanggung jawab atas aktivitas intens blazar ini.

Pada tahun 2009, sebuah tim astronom yang menggunakan Swift Spacecraft menggunakan output luminositas S5 0014 + 81 untuk mengukur massa lubang hitam pusat. Yang mengejutkan, mereka menemukan bahwa lubang hitam pusat S5 0014 + 81 sebenarnya 10.000 kali lebih besar daripada lubang hitam di pusat galaksi kita, atau setara dengan 40 miliar massa matahari. [5] Hal ini menjadikannya salah satu lubang hitam paling besar yang pernah ditemukan, lebih dari enam kali nilai lubang hitam Messier 87 , yang dianggap sebagai lubang hitam terbesar selama hampir 60 tahun, dan diciptakan untuk menjadi lubang hitam "ultramassive". Jari - jari Schwarzschild dari lubang hitam ini adalah 118,35 miliar kilometer. Jadi, lubang hitam ini memiliki cakrawala luar yang menunjukkan diameter 236,7 miliar kilometer, 1.600 unit astronomi , atau sekitar 40 kali radius orbit Pluto , setara dengan 169071 kali diameter matahari dan menunjukkan massa setara dengan empat Awan Magellan Besar .Yang lebih mencengangkan lagi adalah bahwa lubang hitam raksasa itu ada sejak awal di alam semesta, hanya 1,6 miliar tahun setelah Big Bang . Hal ini menunjukkan bahwa lubang hitam supermasif tumbuh sangat cepat.

Namun, ada beberapa peringatan tentang penelitian ini. Pertama, metode yang digunakan sebenarnya adalah metode perhitungan tidak langsung, dan bukan estimasi orbital Keplerian; Yang terakhir menjadi perkiraan yang lebih tepat. Hal ini tidak mungkin untuk sebuah quasar bercahaya seperti S5 0014 + 81, yang hanya akan lebih cemerlang dari bintang-bintang di sekitarnya, sehingga membuat perkiraan sangat tidak akurat. Kedua, spektrum yang digunakan sebenarnya adalah spektrum yang panjang, tidak memperhitungkan parameter yang diamati. Ketiga, quasar dikelilingi oleh cakram akresi yang besar, beberapa parsek dalam ukuran, dan bersinar 40% dari luminositas Eddington -nya, luminositas maksimum yang melaluinya tekanan radiasicukup kuat untuk meledakkan cakram dari pengaruh gravitasi dari lubang hitam pusat, sehingga karakteristik yang diamati tidak diketahui karena mengganggu debu dan gas.Namun, kemungkinan lubang hitam ultramassive belum sepenuhnya dikesampingkan, karena hanya lubang hitam dari massa yang dapat memperhitungkan output daya yang diamati dari kuasar.

Model evolusi berdasarkan massa lubang hitam supermasif S5 0014 + 81 memprediksi bahwa ia akan hidup kira-kira 1.342 × 10 99tahun (mendekati akhir Era Lubang HitamSemesta, bila lebih dari 10 88 kali usia saat ini), sebelum menghilang dengan radiasi Hawking . [6] Namun, ini mengalami pertambahan, jadi mungkin diperlukan waktu lebih lama dari waktu yang dinyatakan agar hilang.

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete