23:13
0

 

ducati meleduk gara gara rembesan tangki


Tangki bocor merupakan hal yang menyebalkan bagi pengguna motor batangan, rata rata motor batangan lebih cepat bocor karena tangki terpapar langsung hujan dan matahari tidak seperti motor bebek bersembunyi dibawah jok. Selain bahan bakar jadi terbuang sia sia, juga bisa rawan terjadi kebakaran.

Motor batangan yang sudah berumur rata rata tangkinya rembes bahkan bocor parah jika dibiarkan sangat berbahaya rawan kebakaran karena banyak kasus motor terbakar karena dari tangki yang bocor kemudian terjadi letikan api dari koil saat mesin dinyalakan terjadilah kebakaran hebat, kalau untuk tangki rembes masih mending kalau sampai menetes2 berbahaya jika dibiarkan. 

Biasanya pengguna motor batangan honda memang sering sekali tangkinya rembes bahkan umurnya belum genap 3 tahun sudah bocor, untuk tangki thunder saya mengalami kebocoran pada motor motor yang usia sudah diatas 10 tahun penyebabnya juga karena motor lama tidak terpakai atau tangki kosong. Karena tangki suzuki terkenal cukup awet

saya akan membagi cara  tambal tangki bocor menurut pengalaman bikerzone11 :


1. Las

Yang pertama ini saya tidak terlalu merekomendasikan tidak semua tukang las mau mengelas tangki bocor karena rawan meleduk tangkinya apalagi jika tangki tidak terkuras habis walau cuma satu sendok bensin tetep bisa meleduk makanya jarang tukang las mau menambal selain susah juga rawan biaya juga mahal

2.  lem besi

lem besi cukup saya rekomendasikan paling baik, saya sarankan ketika anda liburan soalnya tambal tangki cukup lama memakan waktu berjam jam atau seharian untuk menambal tangki dengan lem besi kelebihannya kuat dan lebih awet, anda harus menunggu supaya lem sampai kering betul sebelum siap digunakan, caranya campurkan cairan lem besi yang hitam dan putih kemudian oles secara merata di titik yang bocor, tunggu sampai 12 jam sehingga tangki siap digunakan

3. lem g

saat darurat lem g bisa jadi alternatif, tapi ketahanannya kurang, sewaktu waktu bisa rembes kembali oleh karena itu saya anjurkan untuk keadaan darurat saja, misal ditengah perjalanan jauh. 

caranya : sediakan amplas dan lem g serta abu (dari bakaran kertas atau kayu), kalau tidak menemukan abu dan kertas anda bisa membeli kopi bubuk di warung.

pertama bakarlah kertas bekas lalu ambil abunya lalu oleskan lem g setetes 3 tetes jangan banyak banyak, semenit kemudian amplas lapisan yang ditambal tadi cek masih bocor tidak, jika masih bocor amplas lagi oleskan abu dan oleskan lem g lagi sampai tidak bocor. bisa bertahan berhari hari sampai anda sampai tujuan lalu tambal pakai lem besi supaya kuat.

4. dempul

yang terahir ini memang saya kurang menyarankan karena dempul bisa rembes lagi sewaktu waktu tekanan bensin sangat kuat sehingga kemungkinan bisa rembes lagi, tapi lumayan jika anda hanya punya dempul dirumah tidak ada lem g atau lem besi. untuk sementara bisa pakai dempul cat. 

5. cairan resin

nomor 5 ini jenis menambal tangki dari dalam, dengan menuangkan cairan resin ke tangki lalu digoyang sehingga merata tunggu sampai kering lalu cek masih ada kebocoran lagi tidak, cocok bagi tangki yang banyak rembesannya 

6. lakban almunium tambal tangki

dulu biasa digunakan di tukang panci anda juga bisa menggunakan lem jenis ini tapi saya sarankan ketika darurat saja. dan juga wilayah kebocoran adalah permukaan rata bukan rembesan disudut2, kelebihannya memang tahan panas

7. beli tangki seken

jika tangki anda cukup parah dan berkarat tidak saya saran tambal karena akan bocor lagi pindah pindah, buang tangki lama ganti tangki sekenan di marketplace banyak dijual murah antara 100-200 ribu sudah dapat tangki seken lumayan tidak bocor, apalagi jenis thunder sangat banyak.

8. tangki plastik

tangki plastik biasanya ada dijenis motor trail jika tangki jenis ini bocor anda bisa menggunakan lem tembak untuk menambalnya. 

9. tambalan terkuat

yang terakhir ini biasa saya kerjakan saat menambal tangki dengan lubang cukup besar sekitar 1 mm atau lebih dari lubang jarum, saya pakai seng saya potong sesuai kebutuhan kemudian saya rekatkan pakai lem g dilubang tadi, setelah kering saya lapisi dengan lem besi, cara ini cukup efektif berbulan bulan bisa lebih dari setahunan 

10. mencegah tangki bocor

saya sarankan motor anda yang tidak terpakai lama jangan sampai isi tangki atau bensin kosong sama sekali membuat tangki berkarat dan bocor, kemudian ketika musim hujan cek tutup tangki kemasukan air hujan atau tidak jika kemasukan air hujan rawan sekali bocor, meski ada bensinnya, kuraslah motor anda ganti tutup tangki yang rapat. 

itulah cara menambal tangki semoga bermanfaat, 

0 komentar:

Post a Comment