20:36
0

Sebelum itu kita tengok dulu gan harga klx 150 L standar 31 juta, CRF 34 Juta, Sedangkan Yamaha WR155 mencapai 37 Juta. Tidak terjangkau oleh kalangan masyarakat kebawah, apalagi masyarakat pedalaman mereka yang jutstru lebih membutuhkan motor trail, tapi sebenarnya ada banyak alternatif, dengan 2 juta saja anda bisa mendapatkan motor trail, beneran? simak saja tulisan ini :

Dengan uang 2,5 juta anda bisa punya motor trail serius gan? Ya serius, tentu jangan memandang tampilan untuk harga segitu yang penting fungsional buat angkut hasil panen kebun ataupun buat naik naik ke gunung masih oke. Tepatnya motor batangan yang dimodifikasi menjadi semi trail. Kita tengok dulu bahan motornya yaitu suzuki thunder 125 yang terkenal kebo alias gede bandel harga juga cukup murah bak kacang goreng. Meski sebenarnya motor ini kategori motor bebek untuk cc nya, tetapi tampilan motor laki. Tenaga juga biasa saja, tapi dengan sedikit modifikasi saya yakin bisa bersaing dengan 150 cc di medan tanah. 

Pasaran thunder 125 memang cukup murah, oleh karena itu saya sarankan untuk dijadikan bahan trail yang murah, tepatnya semi trail, seperti tampilan dibawah ini.

Dana Yang dibutuhkan? 

Dengan estimasi 1,5 juta untuk beli thunder stnk only yang kondisi cukup lumayan, kalau minta yang surat komplit biasanya harga segitu dapat kondisi banyak PR Banyak. Tidak disarankan dana minim cari tunder surat komplit, cari saja stnk only yang jual di marketplace antara 1,2 - 2 juta untuk harga tunder stnk only. Kenapa beli tunder stnk only? apakah aman? tentu saja aman, motor tua tua dan pasaran murah bak kacang goreng seperti tunder relatif lebih aman dari deep kolektor bahkan bpkb sudah jadi bubur karena koperasi yang jaminkan bpkb rata rata dah lama bangkrut apalagi untuk motor sekelas 2 jutaan tentu deepkolektor juga malas ngurus ga sebanding hasilnya. Mungkin koperasi juga mikir mending diikhlaskan wkwk. 

Motor sekelas thunder paling cuma cair uang 500 ribu jika menjaminkan bpkb di koperasi. Seandainya bpkb masih tersimpan dikoperasi dan ga diambil pemilik, koperasi pun malas ngurus alasannya valuenya rendah bukan uang besar. Berbeda sekali dengan misalkan vario baru tapi beli stnk only dipastikan anda akan kena masalah dengan adira finance dan konconya. 


Kesimpulan : beli motor thunder stnk only tanpa bpkb untuk bahan trail, relatif aman daripada koperasi atau deep kolektor udah males ngurus alasannya emang motornya tidak mempunyai value lebih daripada motor motor baru keluaran sekarang, asalkan anda murni gunakan untuk offroad atau trabasan kebun, naik gunung, jangan sering sering gunakan di aspal jalan raya jika tidak ingin kena apes kena tilang, minimal anda keluar duit 300 ribu untuk menebus motor yang disita polisi, gajadi ngetril dong kalau ketilang. 


Apa saja yang perlu di modifikasi dengan biaya seirit mungkin?

1. stang byson 50 ribu seken atau baru kw dapat segitu, stang bawaan thunder tidak cocok buat medan offroad karena terlalu racing atau membungkuk posisinya seperti rzr

2. headlam diganti papan nomor aja 30 rb

3. ban belakang cari ban seken aja ga usah baru yang model trial 100 rb

4. shock depan tidak perlu ditambah peninggi shok karena sdh lumayan tinggi juga lebih aman tanpa peninggi shock, shock belakang di tambah penggi shock bebek biasanya 50 ribu bagus

5. selebor depan menggantung supaya lebih aman melibas jalan berair slebor kw sekitar 50 rb variasi yz atau klx

6. ganti gir depan ukuran 13 mata, kenapa gir belakang tidak perlu? karena sudah besar 45 mata, kalau terlalu besar malah nafas terlalu pendek pendek. harganya 50 ribu biasanya di online sudah termasuk ongkir

7. Karbu vakum jangan dipakai bikin loyo, ganti karbu pe24/26 atau rx king jika anda beli kw nan atau seken ori sekitar 100 ribu

8. mesin tak perlu bore up, sudah cukup mumpuni torsinya.

9. lampu tembak/sorot, berguna sekali ketika kemalaman di hutan atau kebun, jangan sampai tanpa penerangan sama sekali. harga 50 ribu sudah bagus lampu led tembak 6 mata.

10. rantai perlu ganti jenis 428 h bukan 428 biasa supaya lebih kuat tidak rawan putus di online harga 70 ribu sudah dapat

total modifikasi ringan diatas adalah 550 ribu bisa lebih jika menggunakan jasa bengkel, jadi kita ambil beli thunder stnk kondisi baik 1,5 juta + 550 ribu modifikasi = 2,05 juta saja anda sudah punya motor semi trail. Siap anda gunakan transportasi offroad dipedalaman. Atau pegunungan angkut hasil panen.

kelebihan thunder : 

selain harga terjangkau motor suzuki terkenal bandel dan torsi yang besar juga jarang overheat apalagi sirip besar untuk jenis tunder 125. tidak perlu radiator simple dan tidak repot juga masih karbu jadi mudah diseting dan murah perawatan. kaki kaki juga boleh diadu kualitas original suzuki lama memang tak bisa diremehkan.

kekurangan thunder :

  •  tangki besar mungkin sedikit mengganggu posisi riding, 
  • tampilan apa adanya, yang penting fungsi
  • thunder yang tanpa kick starter rawan sekali spull terbakar, sebaiknya jangan beli yang non kick starter, 
  • harus menggunakan aki karena kelistrikan dc kiprok dan spull rawan rusak jika tanpa aki, 
  • mesin yang tua biasanya rawan ngebul harus segera ganti seher dan kamrat supaya tidak kehabisan oli rawan mogok, syukur kalau anda bisa dapat motor 1,5 juta dengan kondisi bagus waras.
  • kecepatan tidak bisa disamakan motor 150 cc karena cuma 125 cc tapi kondisi standar bisa di adu dengan sama sama 125 cc lainnya. Tapi disini kita tidak bicara kecepatan, karena medan kita hutan dan kebun yang memakai gigi rendah dan torsi bawah
  • cukup berat, bobot thunder memang cukup berat 130 kg dibandingkan motor lainnya seperti honda crf hanya 120 kg, tapi tak jadi masalah asal medan yang dilalui tidak terlalu berat.

Contoh modifikasi thunder semi trail, Dibawah ini pelek sudah tidak standar dipastikan memakan biaya lebih, biaya penggantian pelek ruji / jari minimal 500 ribu, Tetapi pelek standar thunder kokoh buat offroad penulis sendiri pernah mencobanya. Relatif aman dan kuat dijalan berbatu daripada veleg jari kelemahannya sedikit lebih berat.

Buat Dual Sport Mending Ganti Ban Belakang Saja Yang Semi trail (Pola Rapat)

Dual sport artinya dua alam, kadang dimedan aspal kadang dimedan tanah, aspal disini aspal pegunungan, bukan jalan raya, Karena trail memang tidak cocok dikota. Bikerzone sendiri lebih menyukai ban depan standar aspal kemudian ban belakang diganti semi trail, supaya dimedan aspal buat nikung tidak oleng atau terpeleset sedangkan dimedan tanah masih ada grip. Ban depan tidak terlalu fungsi dimedan tanah karena cuma meneruskan daya dari ban belakang. 

Sementara jika anda nekad menggunakan ban aspal untuk medan tanah licin dipastikan tidak ada grip ban cuma mlusut alias meleset, ngesot terus ditempat. Apalagi dimedan tanah yang nanjaknya cukup ekstrim. 

Sebaliknya jika anda tinggal dipedalaman jauh dari aspalan menurut saya sekalian ban depan belakang ganti murni offroad dengan pola ban yang lebih renggang seperti ban kompetisi. Karena ban offroad justru akan cepat habis jika dipakai di aspal. Sedangkan jika dipake ditanah malah awet selamanya. Sebaliknya jika anda gunakan ban aspal tentu awet dimedan keduanya, akan tetapi dimedan offroad sering tergelincir dan ngesot karena tidak mendapatkan grip. 





0 komentar:

Post a Comment