02:39
0




Pernahkah anda mengalami motor anda mogok mendadak? tapi dicek bensin masih ada banyak, itu artinya pengapian motor bermasalah bikerzone11 akan membagikan pengalaman ciri pengapian mulai rusak :

1. BUSI

busi meski sederhana tapi cukup vital, ciri busi mau mati biasanya brebet brebet motor sulit diselah atau distarter susah, cirinya kehitaman pada ujung busi, faktor karbu setingan terlalu boros atau umur busi juga bisa penggantian busi seharusnya bersamaan ganti oli motor anda supaya motor lancar selalu

2. KOIL

Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”

Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “koil cirinya jika mulai rusak ketika panas mesin susah hidup, atau mati mendadak jika dingin motor bisa jalan kembali, ketika mulai jalan agak jauh mati lagi, cek kondisi koil anda dengan cabut cop busi lalu dekatkan ke mesin lalu selah motor jika letikan api lembek atau bahkan kadang ada kadang tidak sudah saatnya ganti koil. kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

3. CDI

Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi. Untuk kasus pengalaman saya cdi mulai koit brebet ketika digaspol padahal bukan masalah karburator, lalu tiba tiba suatu kondisi motor mogok total meski aki masih bagus, itu tandanya cdi mati total.

ciri paling jelas mesin motor  motor mogok total meski distarter atau diselah ga ada respon, ada perangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg menuju koil hilang sama sekali.



4. SPUL PENGAPIAN

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.

Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangat berbahaya terhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

dari pengalaman saya spull lemah ciri fisik gosong, gejalanya aki cepat tekor dan tidak bisa ngisi, meski beli aki baru sama saja, kemudian kondisi lebih parah, saat lampu motor dihidupkan motor tiba tiba mogok tak mau nyala sama sekali, dan bisa nyala ketika lampu lampu di matikan, itu karena pengapian sepenuhnya ditopang aki, aki hanya mampu menopang pengapian tapi tak mampu lagi menghidupkan lampu lampu.

 beruntung kalau aki anda masih bagus masih bisa jalan beberapa kilometer lagi buat cari bengkel, jika aki juga drop dipastikan motor mogok total. 

5. PULSER

Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas. dalam kasus saya pulser mulai koit jalannya gak mau langsam endut endutan di rpm bawah berbeda dengan cdi kalau lemah nyendat di rpm atas

Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.


6. KIPROK

kiprok merupakan komponen jarang sekali rusak, biasanya spull bermasalah banyak orang malah jajan kiprok, ahirnya mubazir, aki tekor langsung menyalahkan kiprok padahal kiprok fungsinya cuma sebagai penyearah tegangan dari ac menjadi dc seperti adaptor 12 volt

ciri yang jelas ketika kiprok rusak adalah ketika motor digas  lampu motor langsung putus ketika dinyalakan hal itu karena tegangan dari kiprok sudah los atau langsung tegangan tinggi, kiprok sudah tidak bisa membendung arus tinggi dari spull sehingga tegangan menuju lampu sangat tinggi lampu sebanyak apapun tetap bakal putus jika tidak diganti kiproknya. kemudian aki cepat drop atau rusak adalah gejala dari kiprok, jadi sebenarnya aki masih bisa digunakan tapi kena tegangan tinggi jadi rusak.

Untuk mesin motor masih bisa normal hanya saja apakah anda bisa bertahan berjalan dimalam hari tanpa lampu lampu? segera ganti kiprok anda  jika masalah ini terjadi.

0 komentar:

Post a Comment