Saat ini musim adventure atau trabas meski sebenarnya lebih banyak aspal dari pada medan offroad tidak seperti jaman dahulu, tapi cocok juga jika punya motor trail untuk mobilisasi di pedalaman atau jalanan rusak rusak dan pegunungan.
Jika bukan jalanan tanah murni saran saya jangan gunakan ban murni offroad karena berbahaya rawan tergelincir, misal jalanan aspal atau bebatuan bukan tanah yang rusak, gunakan saja ban semi trail cocok untuk dua medan, untuk ban depan gunakan ban aspal tidak masalah karena cuma sebagai penerus dari ban belakang. Lebih aman buat menikung daripada ban trail biasa.
Kemudian jika anda ingin membeli motor trail tapi terkendala budget karena harga motor trail saat ini diatas 30 juta, bahkan yamaha WR155 sekarang hampir menyentuh 40 juta atau 38 juta on the road jakarta.
Tentu harga segitu banyak orang sayang memiliki lalu buat trabas akhirnya cuma jadi supermoto yang selalu jalan diaspal. Kalau cuman medan aspal malah saya mending motor matik semacam nmax, aerox atau vario sejenisnya, tidak perlu repot repot ganti perseneling dan simpel dikemacetan.
Atau motor motor sport semacam cbr150r atau r15 dan gsx lebih mumpuni soal kecepatan diaspal dengan harga sama, karena motor trail bukan habitatnya diaspal sehingga performa dipangkas oleh pabrikan karena untuk menambahkan torsi maka pabrikan memangkas biaya produksi akhirnya power yang disunat. Jika anda membandingkan motor wr155 dengan r15 kecepatan tentu lebih cepat r15 karena memang desain sport. Mesinnya lebih diunggulkan sedangkan untuk wr155 pabrikan lebih mengunggulkan kaki kaki, sehingga mesin disunat powernya untuk pangkas biaya produksi.
SOLUSI BELI TRAIL RAKITAN MURAH
Dibawah ini adalah contoh iklan yang saya temukan dimarketplace, daripada anda mempunyai motor sebiji tapi sayang buat adventure mendingan anda beli motor yang sudah dirakit atau desain trabas. Biasanya jauh lebih murah, apalagi surat stnk only tentu lebih murah. Rakit sendiri malah membengkak mahal biayanya.
Menurut saya tidak masalah surat stnk only, karena trail memang tidak digunakan diaspal sehingga bebas razia. Tak ada polisi yang razia di jalur hutan gunung itu menyalahi wewenang dan kalaupun ditangkap dan dihajar warga tidak salah karena bukan kewajibannya razia sampai gunung gunung. Tugas polisi cuma dijalan raya. Kalau ada yang razia dijalur desa itu anda bisa melaporkannya kepada aparat setempat supaya polisi abal abal ini bisa ditindak.
Tentu untuk motor aspal anda harus punya dulu baru anda membeli motor trail rakitan ini, supaya pergi pergi kerja atau kepasar tidak bingung takut razia. Misal anda punya uang 20 juta saya pikir itu lebih dari cukup untuk membeli 2 motor aspal dan satunya motor khusus adventure. Misalkan anda membeli vario bekas 10 juta saya yakin sudah dapat, atau megapro old atau primus harga 8 juta sudah dapat kondisi bagus pajak hidup. sisanya anda belikan motor trail rakitan, antara 7 - 13 juta sudah dapat trail lumayan mesin sport, kalau mesin bebek bisa lebih murah dibawah 5 jutaan. Tapi tenaga memang kurang memuaskan. Bahkan trail scorpio 225 cc tentu tenaga lebih besar dari klx atau crf dan wr155 bisa anda beli harga 7 juta saja kondisi surat stnk only. Sekali lagi stnk only lebih baik karena selain murah juga kita tidak akan gunakan untuk medan aspal. Tapi itu pilihan, kalau buat aspal dan adventure saran saya beli yang komplit tapi lebih mahal jadinya.
Beli motor untuk aspal kerja atau kepasar 8 juta (megapro lama / verza/ new megapro) + trail stnk only 7 juta (trail vixion atau scorpio) , dengan 15 juta anda bisa mendapatkan 2 motor sekaligus.
Lebih minim lagi dana anda bisa membeli motor suzuki spin / suzuki smash/ jupiter mx lama pajak hidup kisaran 3,5 juta dan trail shogun 3,5 juta dengan 7 juta bisa mendapatkan 2 motor.
Satunya untuk ke pasar satunya untuk hobi. Daripada beli mahal jadikan supermoto lalu anda takut buat trabas?? atau sayang karena mahal??
0 komentar:
Post a Comment