22:42
0


Sebelum era ban tapak lebar byson adalah motor pertama pendobrak segmen motor kecil yang moge look atau tapak lebar, dengan shok depan besar serta kaki kaki besar menjadikan yamaha byson primadona di kelasnya. Pada saat keluar pertama kali. Byson merupakan motor naked 150 cc pertama yang mengusung ban tapak lebar serta stang fatbar, memberikan kesan gagah yang mengendarainya, tangkinya besar seperti punuk unta namun kenyataannya hanya kondom plastik tangki asli cuma 12 liter tidak seperti thunder yang mencapai 15 liter karena murni tangki tanpa kondom.

Seperti halnya thunder awal kemunculannya bikin heboh, dan laris manis namun semakin kesini semakin sepi peminat akhirnya diskontinue, bahkan pasarannya kini anjlok jauh harga bekasnya, dulu awal kemunculan thunder 13 jutaan anda dapat membeli motor ini harga 3 jutaan kondisi pajak hidup jika pajak mati maka anda cukup merogoh 2 juta saja untuk motor batangan ini, berbeda dengan byson sekarang pasarannya hanya 6 jutaan saja anda sudah memiliki motor ini kondisi pajak hidup. Jika pajak mati anda bisa membeli motor seken ini 4-5 juta saja, cukup worth bagi yang suka motor kopling tetapi dana menipis. Solusinya adalah thunder atau yamaha byson. Top speed motor ini juga sama diangka 110-115/kmj. Kalau thunder karakternya overbore sehingga putaran atas lebih ngisi beda dengan  

Byson karena modal tampang doang tapi performa bahkan kalah dengan bebek 125 cc sering dijuluki motor lemot, motor banyak gaya, motor jual tampang, motor banci tenaga bebek dll. Senasib juga dengan suzuki thunder 125 dulu yang dijuluki motor banci karena lemot. 

Secara spesifikasi, Yamaha Byson menggunakan mesin 153 cc, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara. Output maksimal yang mampu diraih mesin tersebut diangka 10 Hp di 7.500 rpm serta torsi maksimal 10,5 Nm di 5.500 rpm yang disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan. Torsi maksimal cukup didapatkan diputaran rendah, namun karena body besar dan berat serta ban gembrot atau tapak lebar sehingga tarikan menjadi lemot, 

Berikut ini penyebab tarikan yamaha byson lelet dan solusinya

1. Karbu vakum sering eror

Sudah menjadi kebiasaan motor jenis karbu vakum memang langganan eror brebet bahkan motor susah hidup ketika pagi hari, solusinya anda bisa mengganti karbu dengan karbu sejuta umat pe28 atau pe26 atau juga bisa menggunakan karburator rx king sehingga tarikan lebih baik daripada karbu vakum. Karena karbu tipe konvensional tidak terpengaruh oleh klep sedangkan karbu vakum naik turun skep dipengaruhi oleh klep jika klep eror maka mesin susah nyala dan susah stasioner. Yamaha mengganti byson karbu dengan versi injeksi diklaim tarikan lebih baik daripada generasi sebelumnya dan konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit

2. Ban Tapak Lebar Velg Berat

Yamaha sendiri mengatakan kalau byson jual tampang bukan jual performa seperti yamaha vixion dan r15 series. Makanya diberi kan tangki model punuk unta stang lebar dan ban besar biar terlihat moge look. Meski tarikan lelet. Cocok buat bapak bapak yang ga doyan ngebut atau buat jalan jalan santai, selain itu perawatan motor ini mudah karena belum menggunakan pendingin radiator, justru lebih simpel. Cukup ganti oli, filter oli dan busi secara rutin saja. Jika dirasa ingin menaikkan performa anda bisa mengganti ban ukuran lebih kecil ukuran 110, atau ganti dengan velg ruji. 

3. Knalpot Memangkas Power Signifikan

Desain kenalpot yamaha byson memang memangkas power karena tidak sepadan dengan bentuknya yang besar, tapi lubang keluarnya kecil sehingga output susah keluar, solusinya ganti kenalpot racing atau bobok halus biar tenaga bisa keluar.

4. Ganti Gir Belakang Lebih Besar

Jika byson ente biasa buat boncengan solusi ane ganti gir belakang lebih besar 2-3 mata supaya tidak ngempos ditanjakan akan tetapi jangan kegedean nanti kehabisan nafas di trek lurus. Jika standar 40 maka anda ganti dengan ukuran 42 mata 


Tanggapan Bikerzone Tentang Kenapa Yamaha Byson harga turun drastis

Motor ini harga sekennya selisih jauh daripada harga barunya, bisa selisih 13-15 juta. Atau bisa anda tebus harga 4-6 jutaan saja sekarang ini. Dan diangka 7 juta anda sudah mendapatkan motor ini dengan kondisi mulus pajak pun hidup.

Sudah hukum pasar di indonesia kalau motor motor yang tampilan besar tapi lemot harganya pasti anjlok, sedangkan motor tarikan kencang pasti harganya semakin naik, contoh saja bebek jupiter z lama, rx king atau ninja 2 tak pasarannya masih tinggi harganya lalu kebalikannya tengok saja honda new megapro harganya juga sama, jauh sebelum itu thunder 125 juga nasibnya sama, ini adalah kesempatan emas bagi mereka yang menginginkan motor sport harga murah, budget 4-6 juta saja anda bisa memiliki motor tampilan gagah, soal performa bisa diakali supaya tenaga ga kalah sama bebek, dengan cara diatas. 

Bikerzone sendiri pernah memelihara motor2 diatas, memang tarikan lemot standarnya karena regulasi euro3 menyebabkan pabrikan harus memangkas power dengan kenalpot yang rapat  suara mesin sampai hampir tak terdengar, dan juga pabrikan tidak diperkenankan menggunakan karbu skep seperti jaman dulu era megapro tiger, motor keluaran 2010 keatas sudah pasti menggunakan karbu vakum semua. Menjadikan tarikan smooth alias lemot. 

Cukup kami ganti karbu dan lubang kenalpot diperbesar tenaga asli motor jadi keluar bahkan ditanjakan tak kalah dengan motor jenis motor keluaran masa kini. Motor Motor lama memang bandel bandel hanya saja persoalannya pada karburator dan knalpot yang mengakibatkan motor tak bisa berlari. 

Byson tampilannya sudah oke tinggal sedikit modifikasi sudah lebih keren lagi apalgi anda yang suka touring jauh bisa contoh gambar dibawah ini







Motor bongsor yang memakai tipe mesin SOHC berpendingin udara ini  cocok sekali bagi anda yang hobi menjelajahi jalanan di daerahnya, dengan ergonomi yang didesain senyaman mungkin membuat motor ini cocok buat touring atau perjalanan jauh.

Yamaha Byson Tough Blue (Biru)

Motor berbody besar, gagah, dan terlihat berotot ini dibuat berdasarkan sebuah ide yang lahir dari hewan dengan nama byson. Dimulai dari tahun 2014 yamaha byson punya desain striping baru dengan tema gelapnya. Harga Yamaha Byson di targetkan untuk kalangan rakyat menengah ke bawah, masih d bawah harga new vixion.

Yamaha Byson mempunyai sebuah filosofi yaitu ‘Keperkasaan Tiada Banding’ dengan tampilannya yang perkasa membuat agan terlihat macho saat menggunakannya, pilihan tepat  untuk cowok indonesia yang kepingin telihat lebih Laki. Motor yamaha ini juga termasuk irit karena dengan bahan bakar 1 liter bisa digunakan untuk jarak sampai 40km, hal ini juga  dikarenakan adanya fitur throttle position sensor (pengatur keluar sistim BBM).

Ada beberapa fitur yang diyakini sebagai keunggulan yamaha byson yakni :

  1. full LCD speedometer (sistim digital),
  2. mempunyai bentuk setang yang lebih lebar,
  3. tampilan tengki kekar,
  4. lampu depan multi reflektor,
  5. ban tublees yang lebar,
  6. suspensi tipe monocross,
  7. Piringan cakram berukuran 267 mm,
  8. Ukuran Suspensi depan berdiameter 41 mm.

Tingkat konsumsi dan keiritan bahan bakar Byson

Byson adalah type sepeda motor naked yang selalu dinantikan banyak orang. Motor Byson adalah motor yang hemat bahan bakar. Yamaha Byson cuma butuh  1 liter BBM untuk perjalanan sejauh 40 Km. Walaupun belum menggunakan system bahan bakar injeksi motor ini terbilang irit dalam meminum bahan bakar.

— advertisement —

Motor yamaha yang satu ini bisa dikatakan hemat bahan bakar. Sistem yang menyebabkan Byson hemat dalam penggunaan BBM karena adanya throttle position sensor ( sistem yang mengatur keluarnya BBM).

Spesifikasi Yamaha Byson

Mesin
Tipe Mesin :4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder :Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder :153 cc
Diameter x Langkah :58,0 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi :95:1
Daya Maksimum :10,1 kW / 7500 rpm
Torsi Maksimum :13,6 Nm / 6000 rpm
Sistem Starter :Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan :Basah
Kapasitas Oli Mesin :Total 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1 Liter
Sistim Bahan Bakar :Karburator BS26 x 1
Tipe Kopling :Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi :Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi :1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Chasis/Rangka
Tipe Rangka :Diamond
Suspensi Depan :Teleskopik
Suspensi Belakang :Lengan Ayun, Suspensi Adjustable Monocross
Ban Depan :100/80-17M/C 52P
Ban Belakang :120/70-17M/C 58P
Rem Depan  :Cakram
Rem Belakang :Tromol
Dimensi
P x L x T  :2.075 mm x 780 mm x 1.045 mm
Jarak Sumbu Roda :1.334 mm
Jarak Terendah Ke Tanah :160 mm
Tinggi Tempat Duduk :790 mm
Berat Isi :137 kg
Berat Isi :137 kg
Kelistrikan
Sistem Pengapian  :DC-CDI
Battery :YTZ4V (MF Battery 12V 3Ah)
Busi :CPR 8EA-9 (NGK)

0 komentar:

Post a Comment