02:17
0

 berawal dari baca berita, Saya miris lihat berita jaman sekarang, semakin canggih teknologi justru jadi bumerang bagi mereka yang khususnya kaum menengah bukan kebawah, karena kaum bawah tak mungkin berani ambil risiko. Duita bermiliar hanya untuk judi berkedok trading akhirnya los sama sekali.

seperti kasus baru baru ini kerugian miliaran akibat investasi berkedok judi binomo trading, berharap untung melimpah malah uang hilang sama sekali bahkan sebagiannya hasil hutang lalu gila dan stres karena bingung cara mau mengembalikan hutangnya.

saat ini banyak miliarder di negri ini yang tertipu investasi bodong iming imingnya presentase keuntungan yang tidak wajar, maraknya investasi bodong di negri ini karena segalanya online jadi penipu tak tahu identitas siapa dan dimana, kalau uang hilang ya sudah selesai takkan pernah kembali selamanya meski lapor polisi percuma.

Banyak miliarder yang mungkin tidak tahu cara menikmati hidup, sudah punya uang miliaran kenapa minta lebih apakah ia kurang bersyukur akhirnya uangnya hilang sama sekali.

kembali ke judul

SEANDAINYA PUNYA UANG 1 MILIAR BUAT APAKAH KAMU?

Berandai andai boleh saja masih gratis, kenapa ga sekalian berandai 1 triliun hehe, itu mah khayalan tingkat tinggi, kita hayal dulu yang sederhana jangan ketinggian ntar gila hehe, 

sebagian orang uang 1 Miliar kecil kebanyakan mereka para dokter, profesor, insinyur, manager, yang bergaji 100 juta perbulan bersih jika 10 tahun berlalu mereka punya tabungan minimal 12 Miliar. Tapi bagi kami yang cuma bergaji 1 jutaan perbulan punya uang 1 Miliar adalah ngimpi di siang bolong, woi bangun bangun! kata temen satu kos saya.

Tapi seandainya benar saya punya uang satu milyar saya akan lakukan ini, tentu saya akan jauh jauh dengan aplikasi investasi bodong seperti binomo dan sejenisnya, trading kripto, trading macam macam gajelas itu tentu saja saya lebih baik cari aman. Apalagi jual beli mata uang kripto ataupun NFT gajelas gambar burik senilai miliaran sama aja dengan jual beli tokek miliaran bertahun tahun silam kini tenggelam, sesuatu yang heboh tapi value ga wajar yakin akan cepat tenggelam, karena tidak ada landasan yang kuat. Yang rugi tentu mereka yang terahir bertransaki beli tokek atau NFT itu. 

1. Saya ingin membeli moge seken NP tidak masalah murah yang penting pengen jajal kecepatan 

Saya bukan orang yang hobi moge mahal, saya juga suka kecepatan tapi saya ingin mencoba sensasi kecepatan tinggi moge 4 silinder, maklum karena saya biker hehe. Belum pernah menaiki 4 silinder baru jajal 2 silinder 250 cc itu pun saya rasa torsinya biasa biasa saja. 

Kenapa saya memilih membeli NP atau no paper karena saya tidak akan gunakan tiap hari paling cuma seminggu bahkan sebulan sekali keluar jalan jalan atau nongkrong aja, ini indonesia bro, dimana kecepatan diatas 100 nyawa sudah terancam banyak sekali pengendara ngawur riting kiri belok kanan dan nyebrang dadakan dsb bikin celaka yang dibelakang. Medannya tak seperti luar negri yang bisa mentok 300 km/jam disini baru gigi 2 pake moge 120km/j saya yakin dan ngerem dadakan karena banyak tikungan dan kemacetan, Jadi enaknya buat nongkrong aja malam minggu. 

Saya adalah penggemar moge suzuki khususnya gsx1000 dan hayabusa 1300 cc, harga baru full paper sendiri hayabusa saat ini 300 jutaan tentu terlalu mahal seharga rumah. Sebagian orang tentu milih beli mobil. Solusinya beli no paper karena cuma buat pajangan dan pamer suara aja dimedan aspal indonesia ini hehe. 

Di marketplace ada moge hayabusa keluaran lama 2006 dijual 79 juta, kemungkinan nego 70 juta bisa saja boleh, budget 60 juta sekarang sudah dapat moge ER6 tapi 650 cc 2 silinder mungkin kurang puas ya soalnya suaranya mirip ninja 250 cc hanya lebih ngebas. moge tua mungkin perlu PR perawatan ganti oli ganti rantai ganti selang radiator dll atau mungkin juga tinggal pake biasanya moge perawatannya bagus.



2. Touring Keliling Indonesia 

masih sisa 930 juta, lalu  30 juta buat isi bensin touring 90 hari dan makan setahun saya rasa cukup hehe bisa aja sisa. Kalau cuma makan di warteg per menu 15 ribu udah makan dan minum, setahun cuma habis 15 juta buat makan estimasi makan 40 ribu sehari makan 3x sisanya bensin dan lain lain. gaperlu kerja setahun dengan uang 30 juta sisa banyak, cukup nikmati hidup dengan jalan jalan dan touring ngapain kerja dah punya uang banyak, toh saya bukan orang rakus udah kaya pengen kaya lagi hehe. 

20 juta buat makan setahun lebih dari cukup kan sisanya 10 juta saya akan gunakan buat touring jarak 4000 - 5000 km, atau PP 10.000 km. Jarak 8000 - 10000 km kira kira akan memakan waktu 90 hari atau 3 bulan jika sehari menghabiskan 150 km, jika saya hitung bensin makan dan penginapan habis 9 juta, sisanya 1 juta buat biaya servis kalau ada troble mesin, kadang kampas kopling atau kampas rem minta jajan juga harus ganti oli rutin sebulan sekali. Jarak segitu sudah lumayan jauh sudah setara 10 kali panjang pulau jawa, anda bisa lintas sumatra, jawa, bali, nusa tenggara dengan jarak 10.000 km 

Tentu saya tidak akan menggunakan hayabusa saya karena selain boros juga tidak aman kalau NP hehehe saya masih ada cadangan motor 150 cc pake motor megapro, suzuki gsx bandit atau satria fu yang dimodif touring biar ga capek, konsumsi bahan bakar yang irit 40 km/liter, jika 4000 km cuma butuh bensin 100 liter atau jika harga pertamax saat ini 9000 x 100 sama dengan 900.000 saja habis bensinya Pulang pergi 1,8 juta. kalau pake moge bisa 4 kali lipat atau habis 8 jtan karena cuma 10 km/liter, belum lagi cepat capek karena bobot berat dan mesin akan panas dikemacetan. 

Meski jaman canggih tapi bicara soal ketahanan motor, saya lebih suka jenis karburator pendingin sirip selain bandel juga perawatan bisa dilakukan sendiri tanpa bayar bengkel. Saran saya anda jangan gunakan motor yang terlalu tua untuk touring minimal 2005 keatas, motor tua selain rawan trobel juga sparepart agak susah, saya sendiri merekomendasikan motor motor pendingin udara seperti satria fu lama, thunder 125, megapro primus, new megapro karbu, byson, scorpio, tiger, karena jarak jauh sering kali masalah pada radiator seal bocor kepanasan dll.  

3. Beli rumah 200 juta

Masih sisa 900 juta kan buat beli moge 70 juta sama uang jajan setahun 30 juta? sisanya saya belikan rumah 200 juta buat disewakan mungkin 10 juta perbulan - 15 juta perbulan laku. Dimasa depan juga perlu rumah jika sudah berumah tangga tak perlu mikir beli rumah lagi apalagi rumah makin mahal. 200 juta saat mungkin dapat rumah kecil sederhana ditengah kota tapi saya rasa kalau buat disewakan akan lebih berguna dan menguntungkan. 

Saya tidak akan semerta merta beli mobil toh buat apa mobil? jalanan udah macet, kalau cuma pengen terlihat kaya kenapa ga rental aja sebulan? paling abis 6 juta aja buat pamer doang.  Daripada beli mobil 200 juta dijual kembali cuma 150 juta rugi banyak

4. Usaha 50 juta


masih sisa 700 juta saya akan sisakan 50 juta untuk usaha buat kegiatan sehari hari, hehe capek dong kalau nganggur dan jalan jalan doang kerjaannya itung itung dapat penghasilan tambahan, saya gamau modal langsung gede karena potensi rugi awal usaha juga sangat tinggi, dengan 50 juta cukup untuk usaha ternah nila, ternak ayam kampung, dagang akringan, atau warteg atau buat cafe atau juga jasa fotokopi dan rental komputer dll banyak tergantung keahlian. 




5. Masih sisa 650 juta buat apa?

Tentu saya tidak akan buat foya foya uang sebanyak apapun buat gaya hidup sehari langsung habis, jangan kan 1 miliar satu triliun juga bakal habis entah kemana.

650 juta saya akan investasikan misal investasi reksadana, meski untung minim tapi dana kita aman tidak seperti aplikasi binomo cs, sekaya apapun anda bakal bangkrut sama aplikasi penipu ini. Aplikasi ini judi tapi lebih parah berkedok investasi tapi sudah diseting sehingga kita tak mungkin profit tapi los terus, bandar judinya binomo yang untung besar.

650 juta jika pertahun untung 4 - 5,5 %  juta kira kira untung sekitar 30 - 35 juta, lah kok kecil? emang kecil daripada uang kita gak nambah nambah? 35 dibagi 12 bulan artinya perbulan kita untung 2,9 juta jauh lebih tinggi daripada UMR jogja dan jawa tengah bukan? Kita cuma modal duit aja bukan olah fisik sudah untung 2,9 juta / bln dari investasi 650 juta selama setahun, kita investasikan kembali tahun berikutnya pertahun untung 35 juta lagi buat kebutuhan sehari hari seterusnya, namanya pasif income, modal utuh tapi untung tetap ada.

Disamping itu saya juga sudah punya rumah, saya sewakan 15 juta pertahun dan ditambah 35 juta dari untung investasi, saya sudah mengantongi 50 juta, untuk kebutuhan sederhana selama setahun saya yakin cukup. 

Lalu usaha ternak nila saya misalkan yang diatas modal 50 juta kalaupun rugi saya yakin tidak semuanya los seperti trading, masih ada berapa persen modal balik, kalaupun untung mungkin bisa 100 persen balik modal. selama setahun. 

Tapi kita ambil kemungkinan buruknya saja jika untung 50 persen saya kira dah lebih dari cukup, 25 juta pertahun dari usaha ternak nila modal 50 juta. jadi total saya mendapatkan 75 juta pertahun dari usaha, investasi reksadana dan investasi rumah. Juga modal masih ada 650 juta + rumah juga seharga 200 juta dan akan terus naik harganya. Punya uang 1 milyar tentu saya sudah bosan jadi karyawan, saya ingin cara saya sendiri menikmati hidup, jalan jalan keliling indonesia dan sisanya investasi. Untung investasi kita gunakan modal kebutuhan sehari hari. 

Tiba tiba seketika saya terbangun dari mimpi wkwkw. Bermimpilah selama itu gratis. ! 

Tulisan ini juga merupakan sindiran saya kepada orang kaya, janganlah bodoh mengelola uang anda, jangan terlalu nafsu mendapatkan untung besar ujungnya malah buntung, cerdaslah memilih investasi, dan satu hal jangan lupa bahagia, apakah anda jika kaya nanti akan hidup abadi?? jika belum sempat menikmati kekayaan anda malah anda sudah mati apakah tidak rugi? setiap orang saya yakin memiliki hobi, jangan melulu hidup mikir soal materi sejenak kita menepi dan bersendau gurau kepada teman dan keluarga jalani hobi sehari akan membuat hidup anda lebih berkesan. Dan berfungsi membuang energi dan pikiran negatif dan menjadi semangat untuk bekerja lagi. Hobi itu wajib anda punya jika tidak punya hobi itu bukan manusia. Dia hanyalah robot pencari uang.

Pentingnya Manajemen Finansial

Disinilah arti pentingnya manajemen cara berpikir menjalani kehidupan dan finansial anda, banyak orang kaya tapi tak mampu memanajemen keuangannya akhirnya bangkrut banyak orang mendadak kaya seperti cerita tuban kemarin kampung miliarder serta merta borong mobil meski ga bisa nyetir, itu artinya mereka orang yang belum siap kaya, jadilah seperti itu. Punya uang banyak langsung bingung cara menghabiskannya bukan bingung cara supaya menginvestasikannya. Karena kita yakini apa yang kita usahakan sekarang adalah demi kebahagiaan kita dimasa depan. Jika anda foya foya dimasa sekarang saya tidak akan menjamin nasib anda bagus dimasa depan.

Anda siap kaya? siapkan manajemen keuangan anda dari sekarang. Mindset anda perlu dirubah dari sekarang dari tujuan menjadi kaya untuk foya foya lalu ubah menjadi kaya untuk investasi untuk masa depan. 

Hidup terlihat sederhana tidak hina daripada terlihat kaya tapi pura pura atau memaksakan diri terlihat kaya.

SALAM INVESTASI WARAS





0 komentar:

Post a Comment