22:17
0





 tentu kalian tahu sejak lama kalau karbu pe28 adalah karbu sejuta umat, karbu bawaan nsr ini dipake rame rame semua motor bahkan bebek 100 cc pun ikutan kebelet racing pake karbu ini akhirnya cuma dapat brebet boros bensin boros busi dan sulit hidup mesinnya alias cara mudah menyusahkan diri, sudah dibekali standar karbu dari pabrik yang uenak tinggal selah greng diganti aneh aneh. Itulah bahaya latah tanpa ilmu, kepengen banter ada teorinya bos.

Karbu PE 38 Bukan karbu racing 

Kenapa saya katakan bukan karbu racing? karena karbu ini adalah karbu standar bawaan motor 2 tak yaitu NSR 150 cc yang jelas konsumsi 2 tak itu amat boros, jika di aplikasikan ke 4 tak hasilnya boros dan brebet mesin susah hidup. 

Jika kalian beli karbu PE28 asli maka standar pabrikan akan memberikan spuyer cukup besar 46/160 atau 45/155. sangat besar untuk ukuran 4 tak, minimal anda harus boreup 275 cc untuk mendapatkan settelan yang PNP dengan karbu ini.

Kalau motor standar baiknya jangan pake karbu pe28 kenapa?

PE28 dirancang untuk motor 150 cc keatas,  venturi 28 terlalu besar untuk mesin dibawah 150 cc sehingga sedotannya kurang makanya sering timbul suara ngook karena kebesaran venturi. Walaupun anda ganti ganti spuyer ratusan kali gabakal ketemu setelan yang pas karena motor anda dibawah standar untuk aplikasi karbu pe28. minimal motor satria fu atau megapro 160 cc pas untuk pe28 itupun anda harus mengganti ukuran spuyer yang lebih kecil serta jarum spuyer yang lebih gemuk, rata-rata bengkel mencomot standar spuyer honda gl pro yang berukuran 38/40 dan main jet 108/110 ukuran ini sangat cocok untuk motor standar 150 cc.

 untuk motor 150 cc hingga 100 cc saya sarankan karbu pe26 untuk motor bebek dan matik saya sarankan karbu pe24. Misal motor anda megapro saran saya pake karbu king atau karbu pe 26 ukurannya pas untuk motor 125 -180 cc, Pe24 cocok buat motor 125 cc kebawah semisal beat, mio, spin dll

Saya sendiri mempunyai motor 125 cc batangan cocok dipake karbu pe24 atau pe26 setelannya cepat ketemu dibandingkan pake pe28, busi jadi cepat mati dan kalau digas penuh timbul suara ngook seperti kebanyakan bensin.

Berapa Ukuran Spuyer Yang Pas?

Menurut riset bikerzone11, Permasalahan utama karbu PE28 setingan ga bisa pas adalah ukuran spuyer yang kebesaran berikut ini adalah ukuran pilot jet dan main jet rekomendasi dari saya yang pernah saya gunakan jika kenalpot ganti free flow  spuyer ganti satu step lebih besar supaya sepadan antara masuk dan keluar :

100 - 125 cc ---> ukuran pilot jet 35-38 main jet pilot jet 100 - 108

 125 cc - 160 cc --> ukuran pilot jet 38-42 main jet 108 - 118

160 cc - 200 cc ---> ukuran pilot jet 42-45 main jet 120 - 130

200 cc - 300 c --> ukuran pilot jet 45-50 main jet 130 -160 

misal motor anda beat 110 cc saya sarankan karbu pe24 dengan ukuran spuyer 35/105.

misal motor anda spin 125 saya sarankan karbu pe26 ukuran spuyer 38/108

dan misalkan motor anda scorpio 225 cc ingin aplikasi karbu pe28 cobalah ukuran 45/130 saya yakin tarikan bawah sampe atas cukup enak dan busi aman tidak boros. 

untuk motor diatas 210 cc keatas baiknya aplikasi karbu PWK supaya top speed lebih dapat. Karena venturi 28 kekecilan untuk standar scorpio sebesar 30, untuk harian saya cukup pakai pe28 untuk kejar tarikan bawah dan irit bahan bakar. Asal main jet tidak kekecilan saya yakin putaran atas bisa terus ngisi. 

Efek Spuyer kekecilan atau kebesaran

Efek spuyer kekecilan biasanya brebet tenaga mesin seperti ketahan mesin cepat panas, efek spuyer kebesaran biasanya timbul suara ngook seperti mesin mau mati dan busi cepat mati karena terlalu boros bensin. 

sedangkan jika brebet ditengah itu karena jarum skep tidak sesuai gantilah lebih kurus jika telat bensin atau dengan diamplas

0 komentar:

Post a Comment