21:27
0
Motor trail adalah segmen sport yang cukup ramai untuk saat ini, Cocok bagi medan indonesia yang macet dan rusak serta banyak pegunungan, Tetapi bagi yang minim budget tentu punya motor ga harus mahal buat Adventure yang penting mumpuni, motor yang kita punya dengan sedikit modifikasi bisa jadi motor Adventure, saat ini yang lagi booming adalah motor sekelas klx,crf dan wr155 yang lebih dari 30 juta harganya, tentu terlalu mahal kalau hanya untuk medan2 jelek karena biaya perbaikan juga ga sedikit untuk motor baru. Seperti berita kemarin crf baru langsung diajak trabas kemasukan air, sehingga terjadi water hammer, stang piston bengkok, akhirnya keluar biaya cukup besar Juga tak sebanding kesenangan yang diperoleh.

Menurut analisa kami, motor aspal sebenarnya malah sepesifikasi mesin lebih mumpuni dan tenaga lebih besar daripada motor semacam klx atau crf standar, meski harga lebih murah tampilan sederhana,  hanya saja kaki kaki memang kurang mumpuni hanya perlu sedikit modifikasi, baik itu gir, stang dan ban atau juga perlu shok beker diganti lebih tinggi. 

Cobalah anda fikir saat ini motor adventure yang dijual diindonesia cukup mahal diatas 60 juta semisal versys 250 dan crf rally 250 cc. Bahkan kabar terbaru peminat harus menebus lebih mahal karena harga Honda CRF250 Rally 2021 dipatok Rp 88.500.000 (on the road Jakarta). Terdapat kenaikan hampir 5 juta dari CRF250 Rally 2020 yang dilego Rp 83.751.000.

Menurut saya memang kurang logis untuk motor seharga 88,5 juta hampir menyentuh 90 juta anda hanya dapat bonus top speed 130 km/jam. Hasil tester otomotif mendapatkan cuma segini karena basisnya mesin sama dengan cbr 250 r hanya power dipangkas untuk mendapatkan bobot dan torsi lebih ringan sehingga jika diaspal lurus bisa kalah dengan motor murni buat aspal seperti satria fu injeksi atau gsx 150 r yang bisa mencapai 150 km/jam. Kenapa saya bicara top speed karena saya meyakini orang indonesia membeli motor semahal ini pasti akan lebih sering digunakan diaspal meski sekedar untuk gaya, memang mentereng tampilannya. Tapi performa bahkan dikalahkan motor 150 cc standar. Apalagi dengan bobot cukup berat yaitu 155 kg tentu crf rally kurang lincah buat offroad, karena rata rata motor enduro dibawah 130 kg bobotnya.   

Kecuali anda memang bukan penghobi kecepatan dan memang lebih suka model dan punya banyak uang lebih saya rasa 80 juta bukan angka yang besar buat anda yang bergaji diatas 100 juta perbulan. Gaji sebulan anda sebagai insinyur, youtuber, pilot, manajer sisa banyak untuk membeli motor ini. 

Tapi tidak semua orang seberuntung anda, banyak masyarakat pedesaan dan pedalaman mereka tidak punya pendapatan tetap dan uang lebih untuk membeli motor khusus adventure seperti honda CRF rally 250. Kebanyakan mereka memodifikasi tunggangan mereka baik itu motor bebek, motor batangan bahkan motor matik sehingga bisa mumpuni dimedan jelek. Bahkan skill mereka dikatakan lebih tinggi dari adventurider karena mereka terbiasa dimedan itu tiap hari lewat. 

SPESIFIKASI TERBAIK MOTOR UNTUK ADVENTOURE ATAU MODIFIKASI ADVENTOURE 

Bikernaut Adventoure (Adventure & toure) adalah sebuah klub motor yang suka menganalisa medan offroad dan torsi motor serta tenaga yang cocok buat medan ini, seperti pegunungan, tanjakan extrem, semi offroad dll. Saya sendiri termasuk anggota dari bikernaut adventoure yang doyan tanjakan extrem. 

Di dalam klub kami memang tidak mengutamakan tampilan tapi mengutamakan fungsi dan tenaga motor saat melewati medan adventure daripada tampilan keren tapi ga kuat nanjak tentu akan jadi bahan tertawaan burung dan kera kera hutan setempat. 

Berikut ini adalah sepesifikasi terbaik motor asapalan yang di modifikasi adventure menurut analisa bikernaut Adventoure club yang sudah pengalaman dimedan tanjakan extrem dan offroad gunung :

  1. - Torsi lumayan (bisa diakali gir lebih besar 1 mata depan atau 3 mata belakang jangan kebesaran nanti ngeden doang kalau ketemu aspal)
  2. - ban belakang profil kotak
  3. - shock depan tinggi 
  4. - spakbor depan tinggi supaya stabil melibas genangan
  5. - lampu sorot (supaya malam hari lebih tenang lewat jalan pelosok gelap) 
  6. - berat + bahan bakar tidak melebihi 150 kg (ini poin terpenting) karena meski bertenaga besar tapi bobot berat akan sangat kesulitan melewati medan sulit, dalam video youtube bahkan sudah terkenal ketika BMW 1200 GS malah gabisa nanjak karena kehilangan traksi dimedan tanah, telalu berat, ibu ibu dengan motor matik 110 cc dengan mudahnya naik tanpa hambatan. Itu adalah bukti bahwa bobot adalah terpenting saat melalui medan tanah dan offroad.
  7. - 1 silinder mesin (supaya lebih gampang mengatasi saat troubel ditengah alam bebas (biasanya 300 cc kebawah)
  8. - pendingin udara lebih baik, krn radiator perawatan lebih susah, kalau radiator penyok kena batu juga mahal gantinya.
  9. - tangki minimal 7 liter, Yang dibawah itu usahakan bawa bensin cadangan ketika jarak jauh ditengah hutan atau pedalaman. 
  10. - stang lebar tapi tidak terlalu lebar supaya stabil melewati jalanan tdk bagus
  11. - simple tdk banyak asesoris supaya mudah manuver
  12. - tidak berfairing krn rawan ambruk bodi pecah
  13. - paling tdk dilengkapi engine guard
  14. - sohc lebih baik krn torsi lebih besar dari dohc, tapi bisa juga dohc diakali gir besar
  15. - supaya lincah hindari beban berlebihan seperti box tralis2 belakang lampu strobo dll cukup bawa tas gendong, yg penting cukup bawa pakaian dan makanan
  16. - yang terahir ini pilihan masing2, belilah motor yang murah biar ga sayang buat adventure, tentu cc motor besar lebih besar tenaganya tapi tentu buat medan jelek belum tentu lincah karena berat bobotnya kalau ambruk sangat repot, apalagi kalau sendiri an bingung mengangkatnya. Pasti jadi orang lain ikut kerepotan. Apalagi bisa dibedakan ketika motor mereka yang lebih mahal malah skill jadi berkurang karena kurang nekad seperti mereka yang punya motor apa adanya. 

banyak motor motor sport murah dari 2 - 10 juta second yang bisa jadikan modifikasi Adventure tinggal ganti ban belakang semi kotak, ban depan tidak wajib ganti kotak karena yang bergerak memperoleh traksi adalah ban belakang ban depan hanya manuver saja dan meninggikan shok depan lalu pasang engine guard, lampu sorot, stang trail atau ganti punya byson, gir lebih besar supaya kuat nanjak,  anda bisa Adventure dengan nyaman. Banyak pilihan seperti yamaha byson, scorpio lama, megapro, gl pro neotek, verza lama, new megapro, suzuki satria fu lama, suzuki tunder, honda sonic 150, honda cb150 r lama, Namun saya rekomendasi cbr150r lama yang rangkanya lebih kokoh krn rangka tralis honda terbaru diklaim mudah patah. 

Saya juga berpikir malah motor ayago seperti sonic, dan satria fu sebenarnya cukup cocok untuk medan adventure daripada aspalan, kenapa? meski tenaga besar tapi bobot juga ringan malah berbahaya buat kecepatan tinggi, bagusnya buat medan adventure, bobot satria fu misalnya cuma 108 kg jika ambruk tidak susah payah minta tolong teman, bisa diangkat sendiri, anda cukup mengganti shok depan lebih tinggi supaya mesin tidak gasruk, bisa menggunakan shock depan klx s, atau rx king, ban depan belakang ganti ruji kombinasi 17 - 19, stang ganti byson atau ts 125, saya pikir sudah mumpuni buat medan adventure. Namun kapasitas bensin hanya 4 liter sehingga anda harus membawa bensin dalam aqua botol sebagai cadangan ketika kehabisan ditengah gunung itu merepotkan. 

Kenapa Motor Adventure Cukup Mahal Tapi Top Speed Rendah

Saat ini ada dua jenis motor adventure diindonesia yaitu jenis touring dan jenis rally, pertama adalah versys 250 cc sudah dibekali mesin 2 silinder mirip ninja 250 series, hanya sedikit modifikasi mapping pengapian dan girbox sehingga putaran mesin diutamakan diputaran rendah cukup memangkas top speed, berbeda dengan crf 250 rally dibekali mesin 1 silinder nampaknya mesinnya sama dengan cbr250r hanya sedikit modifikasi girbox juga, top speed pun rendah hanya 130 km/jam sehingga tidak cocok buat kebut kebutan memang murni buat offroad, jika dibandingkan versys 250 diklaim mampu mencapai top speed 150 km/jam wajar karena 2 silinder tapi masih jauh dari ninja 250 yang memang genre sport mampu mencapai 165 km/jam.

Hal itu karena pabrikan memang mengutamakan durabilitas dan torsi sehingga power akan terpangkas. Menurut saya sendiri memang kurang worth untuk motor diatas 80 juta anda hanya dibonusi top speed 130 km/jam karena motor 150 cc jaman sekarang saja lebih dari itu. Sehingga saya lebih rekomendasi motor aspal yang dimodifikasi adventure. Ketika diajak diaspal oke, diajak offroad juga mumpuni tidak terlalu berat. 

Kalau anda tidak keberatan daripada beli motor baru menurut saya mending modifikasi ninja karbu menjadi adventure, budget 20 juta sudah bisa dapat motor 2 silinder ini, suara gahar, modifikasi 5 jutaan seperti bagian stang dan peninggi shok beker depan serta rangka pelindung mesin, dan juga ban semi offroad. 25 juta sudah bisa memiliki motor touring 2 silinder, tapi tidak rekomendasi jalur offroad berat. Mengingat bobot diatas 150 kg.

anda bisa mencontoh gambar dibawah ini motor seperti dibawah ini cocok bagi yang suka suara 2 silinder, kecepatan tinggi tapi riding jauh juga ga capek. 

















 

0 komentar:

Post a Comment