22:00
1



Beberapa waktu yang lalu KTM secara resmi meluncurkan 250 EXC-F Six Days 2017 dengan beberapa penyegaran yang menyertainya. Peluncurannya merupakan ide untuk menyambut gelaran International Six Days Enduro yang akan dihelat di Navarra, Spanyol beberapa waktu mendatang ini.
Faktor pelangsing lainnya terdapat pada struktur rangkanya yang semakin disempurnakan dengan bahan lebih bagus sehingga bobot rangkanya kini lebih ringan sekitar 900 gram dari sebelumnya.
Untuk urusan mesin - 250 EXC-F Six Days terbaru ini masih mengusung mesin 249,9cc  satu silinder, 4-stroke yang dicangkokkan dengan transmisi 6-speed, sistem kopling basah DDS berteknologi hidrolik dari Brembo. Brand Brembo lainnya juga mengisi di bagian perangkat rem dengan disc brake berdiameter 260mm (depan) dan 220mm (belakang).

Motor yang memang diyakini disiapkan untuk pertarungan International Six Days Enduro yang digelar di Navarra, Spanyol ini, telah mendapat sentuhan agar makin mantap mengeksplorasi berbagai permukaan jalan. Agar makin luar biasa melibas di berbagai medan jalan, suspensi lansiran WP XPlor kini berukuran 48 mm. Meski terlihat besar, namun bobotnya lebih ringan 200 gram. Bukan suspensi biasa, karena setiap sisi memiliki keunggulan tersendiri. WP XPlor bagian kiri untuk compression damping, sedangkan untuk rebound di bagian kanan. Hal ini diyakini memudahkan penyetelan di bagian atas. Ada 30 clicks di tiap sisi.
Engine Management System dipercayakan lansiran Keihin injeksi dengan throttle body 42 mm.
Frame juga telah dirancang ulang agar makin mudah dikendarai dan menikung makin presisi dan stabilitas. Selain itu makin mantap menyerap energi yang dihasilkan dari pergerakan suspensi depan dan belakang. Bobotnya juga lebih ringan 900 gram.KTM 250 EXC-F Six Days hanya berbobot 103,5 kg. Memiliki dimensi sumburoda 1.482 mm ± 10 mm. Tinggi jok ke tanah mencapai 960 mm. Tangki bahan bakar dibekali 8,5 liter. 

Topspeed motor ini sekitar 128 km/jam, kurang memuaskan untuk kebut diaspalan dengan cc yang 250 cc, Ninja 250 cc saja top speed real / asli bukan akal-akalan speedometer sekitar 150  km/jam, akan tetapi untuk urusan torsi dan akselerasi jangan ditanya, Ninja 250 cc terkenal dengan topspeednya mengingat tenaga diputaran atas, nah kalau motor genrenya trabas hutan dan lompat-lompat maka topspeed sudah bukan lagi idaman. akan tetapi akselerasi. mungkin dengan mengganti gear yang lebih berat menurunkan 6-8 mata gear belakang top speed KTM 250 akan meningkat tajam sampai 165 km/jam. tapi sudah tidak bisa diajak menghajar arena cross lagi karena sudah bersifat motor aspalan dengan tenaga bawah yang sedang saja serta top speed dan nafas yang panjang, jadilah supermoto 250 exc. apalagi motor ini type 2 tak tentunya akselerasinya sangat galak.


Spesifikasi
 
Mesin 1-silinder mesin 2-stroke,
berpendingin cairan,
Pemindahan 250 cm³
Bore 66,4 mm
Stroke 72 mm
starter  Kickstarter dan electric starter
Transmisi 6 gigi,
rasio primer 26:72
rasio gear depan belakang 13:50
Kopling basah  / Brembo hidrolik
sistem pengapian Contactless, dikendalikan sistem pengapian elektronik
Bingkai  tabung Central terbuat dari krom tabung molibdenum baja
Shock depan USD 4860 MXMA PA
Monoshock belakang PDS 5018 DCC
langkah suspensi depan 300 mm
langkah suspensi belakang 335 mm
sistem rem Rem cakram, kaliper rem pada bantalan mengambang
rem cakram - diameter depan 260 mm
rem cakram - diameter Rear 220 mm
sudut kepala 63,5 °
jarak sumbu roda 1.482 ± 10 mm
Ground clearance tanpa muatan 355 mm
ketinggian jok tanpa muatan 960 mm
Total kapasitas tangki bahan bakar sekitar 9,5 liter bahan bakar pertamax (oktan 95) dicampur dengan oli mesin 2-stroke perbandingan (1:60)
Berat kosong 101,9 kg

Harga dibandrol Rp. 115 Jutaan, setara dengan Ninja 250 R 2 biji.



1 komentar:

  1. meski harga selangit tapi masih mending ini daripada moge harley dsb cuman jual tampang nih motor tinggal jadiin supermoto siap jadi motor keren antimainstream

    ReplyDelete