03:26
0


Pluto adalah sosok karakter anjing di film disney tapi bukan itu yang kita bahas tapi adalah sebuah mantan planet yang sekarang statusnya menjadi planetoid atau planet kerdil sejak diputuskan konfrensi astronomi internasional tahun 2006 lalu. Planet ini pernah menjadi planet ke 9 tata surya sejak ditemukan tahun 1930 sampai akhirnya tahun 2006, ia harus melepaskan gelarnya karena ukurannya dianggap terlalu kecil dan orbitnya terlalu lonjong untuk sebuah planet.

Seperti dari national geographic bahwa Selama ini para astronom menemukan kesulitan untuk bisa mengetahui dengan pasti ukuran Pluto karena faktor atmosfer. Berbeda dengan Charon yang tidak memiliki atmosfer sehingga lebih mudah diketahui ukurannya dengan teleskop landas Bumi. Hasil pengamatan New Horizons juga mengkonfirmasi ulang diameter Charon yakni 1208 km.

Dari foto Pluto yang dikirim oleh New Horizons menjadi petunjuk penting yang mereduksi ketidakpastian diameter Pluto. Hasil perhitungan dari data New Horizons memberikan hasil radius Pluto adalah 1185 km, dan diameternya 2370 km . Dengan demikian, Pluto kembali menempati “posisi” sebagai obyek terbesar diantara obyek-obyek serupa di Sabuk Kuiper. Perubahan atau tepatnya informasi diameter Pluto sekaligus menggeser Eris yang sejak ditemukan di tahun 2003 menempati posisi obyek terbesar di Sabuk Kuiper menggantikan Pluto. Eris, obyek Sabuk Kuiper yang tidak memiliki atmosfer ini diketahui memiliki diameter 2336 +/- 12 km. Ukuran ini sedikit lebih besar dari ukuran Pluto saat itu yakni 2306±20 km.

GALLERY FOTO ASLI PLUTO
 








permukaan pluto

0 komentar:

Post a Comment