02:08
0


Kita saksikan sekarang ini pergulatan dunia permotoran makin seru di Indonesia, khususnya yang akan kita bahas sekarang ini yaitu motor sport 150 cc milik 3 pabrikan jepang dari honda dengan cbrnya yamaha dengan r15nya dan juga baru baru ini meluncur yaitu suzuki dengan embel GSX nya.

Persaingan motor sport entry level 150 cc di Indonesia semakin memanas saja kelihatannya. baru-baru ini Yamaha meluncurkan versi terbaru R15 nya juga tidak kalah menantang dengan versi terbarunya yang mengadopsi up Side down. Jika kita tidak fanatik dengan merk tertentu kita bisa membandingkannya disini yaitu pertama dari bobot ternyata suzuki paling unggul yaitu dengan berat GSX 150 R hanya 131 kg jika dikurangi bensin dan oli mesin bisa kurang dari itu sedangkan berat rivalnya adalah 137 kg untuk R15 dan 139 untuk CBR 150R.

Jika kita membandingkan melaui performa maka yamaha adalah paling unggul yaitu R15  mampu mencapai tenaga hingga Tenaga maksimal: 19,03 dk (14,2 kW)/10.000 rpm, Torsi maksimal: 14,7 Nm/8.500 rpm, Diikuti Suzuki GSX-R yang mampu mencapai Tenaga maksimal: 18,9 dk/10.500 rpm Torsi maksimal: 14,0 Nm/9.000 rpm, Sedangkan paling loyo tenaganya adalah CBR 150 R yang hanya mampu  menghasilkan Tenaga maksimal: 16,9 dk/9.000 rpm  Torsi maksimal: 13,7 Nm/7.000 rpm, anehnya walaupun sudah mengadopsi DOHC sedangkan rivalnya masih SOHC tapi powernya paling loyo, mungkin faktor safety atau apalah saya tidak tahu. Padahal namanya motor Sport tetap performa yang paling utama, bukan motor touring yang mengutamakan safety dan kenyamanan.

Ketiga soal tampang ketiganya relatif, hampir seimbang, kalau masalah ini faktor selera dan kadang juga pengaruh fanatik merek tertentu. Kalau menurut saya tampang paling enak dipandang memang CBR 150 R di ikuti R15 kemudian GSX150R, Tapi Kalau dilihat dari samping GSX lumayan keren dibandingkan kedua rivalnya karena seperti mengadopsi design motor moto GP, yang juga turunan dari GSX-1000R yang sudah terkenal di dunia.

Nah yang keempat adalah faktor paling penting yaitu faktor harga, jika menginginkan harga yang termurah dan performa yang mumpuni maka suzuki GSX-R 150 jawabannya apalagi bulan januari sampai maret 2017 motor ini didiskon besar-besaran hingga 1 juta rupiah. Untuk perbandingan harga silahkan simak harga berikut ini

- Harga GSX R 150 di Bandrol dengan Harga Rp. 27.900.000 (Promo) Harga Normal sekitar 29 Juta
- Harga R15 di Bandrol dengan Harga 31,5 juta (versi 2016) Std Untuk yang versi 2017 bakal dibandrol 33 jutaan, Oh ya ada kabar bahwa untuk menghabiskan stok lama R15 akan diberi diskon 2 juta jadi harganya hanya sekitar 29,5 juta untuk versi 2016.
- Harga CBR150R di Bandrol dengan Harga 32,9 Juta Versi 2017 Std 

Jadi kesimpulannya paling murah dan performa juga lumayan unggul maka suzuki GSX R 150 Jawabannya,

Kelima sekarang yang akan kita bandingkan adalah top Speed, karena biasanya biker jaman sekarang suka membandingkan top speed, padahal tak kalah penting adalah akselerasi motor percuma kalau top speed tinggi tapi ngos-ngosan untuk mencapai top speed semacam butuh trek sangat panjang untuk mencapai top speed, atau akselerasinya loyo, jadi buat balap tetap saja kalah kalau akselerasinya loyo, tapi top speed juga membuktikan performa sebuah motor sport. Kabarnya setelah di tes perbandingan top speed ini adalah
 - Top Speed GSX R 150 adalah sekitar 148 km per jam mungkin sekitar 136 km/jam (racelogic/asli)

 - Top Speed R15 adalah sekitar 144 km per jam mungkin sekitar 133 km/jam (asli/racelogic)

- Top Speed CBR150R 138 km/jam pernah dites racelogic adalah 129,5 km/jam

semuanya dites oleh rider dari majalah otomotifnet dan acuannya speedometer masing-masing motor. Berikut ini adalah perbandingan sepesifikasi lengkap ketiga motor sport fairing 150 cc dari 3 pabrikan jepang, semoga bisa jadi refrensi bagi anda yang mau beli motor sport 150 cc :






spesifikasi Suzuki GSX-R150:


Tipe mesin: 4 langkah   1 silinder
Pendinginan: cairan (radiator)   
Sistem katup: DOHC 4 katup       
Kapasitas: 147,3 cc          
Bore x stroke: 62,0 × 48,8 mm         
Tenaga maksimal: 18,9 dk/10.500 rpm
Torsi maksimal: 14,0 Nm/9.000 rpm  
  
Sistem bahan bakar: Fuel Injection    
Transmisi: 6-speed          
Sistem starter: Elektric          
Tipe sasis: Diamond          
Rem depan: Disc (Petal)       
Rem belakang: Disc (Petal)    
Suspensi depan: Teleskopik    
Suspensi belakang: Monosok        
Ukuran pelek depan: 2.15x17
Ukuran pelek belakang: 3.50x17         
Ban depan: 90/80-17(TL)       
Ban belakang: 130/70-17 (TL)     
Lampu utama: LED             
Lampu rem: Bulb             
Tipe aki: MF           
Panel instrumen: Full digital      
Takometer: Yes               
Kapasitas tangki: 11 liter        
Emisi: Euro3      
Key-less Ignition: Yes
P x L x T: 2.020 x 700 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.300 mm
Tinggi jok: 785 mm          
Jarak terendah: 160 mm           
Bobot basah: 131 kg              



spesifikasi All New Honda CBR150R:


Tipe mesin: 4 langkah 1 silinder
Pendinginan: cairan (radiator)
Sistem katup: DOHC 4 katup   
Kapasitas: 149,2 cc
Bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm
Tenaga maksimal: 16,9 dk/9.000 rpm
Torsi maksimal: 13,7 Nm/7.000 rpm

Sistem bahan bakar: PGM-FI
Transmisi: 6 speed
Sistem starter: Elektric
Tipe sasis: Diamond
Rem depan: Disc (Petal)
Rem belakang: Disc (Petal)
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Monosok Pro-link
Ukuran pelek depan: 2.50x17
Ukuran pelek belakang: 3.50x17
Ban depan: 100/80-17 52P(TL)
Ban belakang: 130/70-17 62P (TL)
Lampu utama: LED         
Lampu rem: LED
Tipe aki: MF Wet 12V 5Ah 
Panel instrumen:Full digital 
Kapasitas tangki: 12 liter
Emisi: Euro3
P x L x T: 1.983 x 694 x 1.038 mm
Jarak sumbu roda: 1.311 mm        
Tinggi jok: 787 mm
Jarak terendah: 166 mm       
Bobot basah: 135 kg (kosong)    



spesifikasi All New Yamaha R15:  

Tipe mesin: 4 langkah SOHC 4 klep berpendingin cairan
Kapasitas mesin: 155,1 cc
Bore x stroke: 58 x 58,7 mm
Rasio kompresi: 11,6:1
Tenaga maksimal: 19,03 dk (14,2 kW)/10.000 rpm
Torsi maksimal: 14,7 Nm/8.500 rpm

Starting System: Electric
Kapasitas tangki: 11 liter
Fuel System: Fuel Injection
Tipe kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch
Primary reduction ratio: 73/24 (3,042)
Secondary reductio ratio: 48/14 (3,429)
Ukuran ban depan: 100/80-17M/C 52P
Ukuran ban belakang: 140/70-17M/C 66S
Ukuran pelek depan: 2.50x17
Ukuran pelek belakang: 4.00x17
Rem depan: Cakram 282 mm kaliper 2 piston
Rem belakang: Cakram 220 mm kaliper 1 piston
Suspensi depan: upside down 37 mm
Suspensi belakang: monosok
Lampu depan: LED
Lampu rem: LED
P x L x T: 1.990 x 725 x 1.135 mm
Tinggi jok: 815 mm
Jarak sumbu roda: 1.325 mm
Bobot basah: 137 kg


Refrensi Berita majalah otomotifnet






 
 

0 komentar:

Post a Comment