01:09
0
cuplikan film interstellar planet mengorbit lubang hitam

Pengertian Lubang Hitam

Lubang hitam adalah sisa dari bintang sekarat yang mempunyai massa lebih dari 10 kali massa matahari yang menghasilkan pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam". Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali.

 Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.Seandainya matahari berubah jadi lubang hitam bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein, dan semakin dipopulerkan oleh Stephen William Hawking.

Awalnya penemuan ini disebut dengan bintang hantu, kemudian berubah dengan Istilah lubang hitam mulai populer ketika John Archibald Wheeler menggunakannya pada ceramah-ceramahnya pada tahun 1967. Walaupun ia dianggap luas sebagai pencetus pertama istilah ini, namun ia selalu menampik dengan pernyataan bahwa ia bukanlah penemu istilah ini.Asal mula terbentuknya lubang hitam berasal dari bintang yang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi keluar semakin melemah dibanding dengan gaya gravitasi ke dalam. Darisana, maka bintangnya kolaps, dan kemudian mengalami ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam.

Apa Jadinya Jika Kita Tinggal Di Planet Yang Mengorbit Lubang Hitam

Seandainya manusia masa depan menemukan planet yang bisa dihuni tetapi planet itu mengorbit lubang hitam maka akan banyak kejadian aneh salah satunya umur manusia yang tinggal diplanet ini akan tetap awet muda jika dibandingkan dengan penduduk bumi. Seperti kita ketahui bahwa waktu itu relatif, maka begitulah yang terjadi di dekat lubang hitam, jika kita memasuki lubang hitam misal selamat maka ruang dan waktu akan berhenti total tidak ada ruang dan waktu di dalam lubang hitam karena tempat ini adalah sebuah dimensi lain yang rumit.  Jika anda hidup di sebuah planet yang mengitari lubang hitam ini maka 1 jam disini adalah sama dengan 7 tahun di bumi itu artinya jika anda bisa hidup 10 jam disini angka itu sama saja dengan anda hidup di bumi seumur hidup selama 70 tahun. Kalau anda hidup satu tahun di planet yang mengorbit lubang hitam ini kemudian anda mengunjungi bumi maka anda sudah tidak akan lagi menemukan kerabat atau saudara-saudara anda dibumi karena waktu sudah berlalu 61.320 tahun  dibumi ! anda mengira baru satu tahun tapi ternyata sudah berpuluh ribu tahun lamanya di bumi begitulah relativitas waktu berlaku di sekitar lubang hitam dan kalau seandainya anda hidup selama 70 tahun hingga meninggal di Planet ini sama saja hidup 4.292.400 di Bumi ! 

Hal itu terjadi karena laju perputaran benda langit dan materi yang mengorbit di sekitar lubang hitam sangat cepat, terus menerobos kecepatan cahaya, dan disini, jika ada sebuah planet di sekitar lubang hitam, maka satu jam disini sama dengan tujuh tahun.manusia berada di tempat ini, benar-benar akan awet muda selamanya, tapi prasyaratnya, harus mampu membuat alat yang bisa membuat beradaptasi dengan berbagai efek yang kuat dari gravitasi lubang hitam. Karena memang lubang hitam adalah monster gravitasi, 
Seperti dalam film “Interstellar”, dimana film ini menggambarkan teori relativitas, di atas planet di sekitar lubang hitam itu juga satu hari sama dengan tujuh tahun lamanya.

Orang-orang yang mendarat di planet ini, dimana ketika kembali ke pesawat antariksa mereka, mereka merasa telah melewati tiga jam waktunya, padahal mereka telah menghabiskan 21 tahun waktu panjangnya di sana.Ini sama persis sebagaimana yang disebutkan dalam mitologi Tiongkok kuno, “Satu hari di langit, sama denga satu tahun di bumi.”Dan cukup banyak peneliti yang percaya bahwa di alam semesta terdapat kehidupan cerdas yang jauh lebih tinggi dari peradaban manusia, bahkan beberapa spesies dari mereka mampu memanipulasi lubang hitam. Ilmuwan Rusia menyebut peradaban ini sebagai peradaban tinggi tingkat tiga yang disebut Skala Kardashev. Adapun maksud dari tingkat tiga dalam Skala Kardashev ini, adalah mahluk hidup dengan kecerdasan sangat tinggi yang mampu memanfaatkan energi di sekitar galaksi dan mampu pergi kemana saja di dalam galaksi dan tidak terbatas dimana mereka akan tinggal. Jika kita menyebut manusia purba no maden karena berpindah pindah gua maka makhluk cerdas ini adalah no maden karena berpindah pindah planet... salam bikerzone 11

Berbagai sumber





0 komentar:

Post a Comment