00:23
0



Indonesia masih demam motor Trail dengan terbukti dari varian KLX milik kawasaki masih laris manis dipasaran. Tapi demam motor trail juga melanda pabrikan BMW yang biasanya memproduksi motor premium sport dan adventure tapi kali ini mencoba membuat motor Trail dengan kapasitas paling besar.


Siapa yang tak kenal motor besar BMW R 1200 GS yang merupakan motor yang bergenre adventure, baru baru ini motor ini mendapat pembaharuan besar sehingga motor ini di ubah menjadi motor Trail atau dirt bike yang berkapasitas paling besar didunia. Umumnya motor trail paling besar berkapasitas 500 cc single silinder tapi motor satu ini adalah motor Trail yang mempunyai kapasitas mesin lebih dari 1000 cc terdiri dari dua silinder, tepat motor ini ber kapasitas 1170 cc merupakan motor yang langka diproduksi oleh pabrikan manapun. Motor Dirt bike bermesin BMW R 1200 GS ini diberi nama BMW R 1200 GS Rambler. Motor ini hasil kerja sama antara Touratech selaku perusahaan aftermarket adventure di Jerman dan juga  BMW Motorrad selaku produsen motor ini.


Motor ini menjadi ramping seperti umumnya motor trail, sehingga motor ini hanya mempunyai berat 199 kg yang awalnya sekitar 260 kg jadi motor ini diet lebih dari 60 kg.Para ahli dari Touratech merakit ulang frame standar BMW R1200R dipadukan dengan swing arm asli milik BMW R1200GS untuk memaksimalkan suspensi dan menghasilkan ground clearance yang lebih tinggi.Material tempat duduk atau jok terbuat dari Polyurethane yang diklaim berbobot ringan. Jok pun dibuat dengan material dengan metode khusus yang diklaim sangat ringan.motor ini juga dilengkapi assesoris lainnya seperti ultralight master cylinder dan titanium footpags, dan juga rem cakram tunggal dengan sistem anti-lock braking system (ABS).

Jika motor BMW GS versi adventure dibekali tangki besar yaitu 30 liter bensin, Motor ini dilengkapi dengan tangki motor berkapasitas 16,2 liter dan tangki cadangan 1,8 liter sehingga jika diisi bensin penuh memuat 18 liter, merupakan tangki motor trail dengan kapasitas bensin terbesar karena biasanya motor trail biasa tangkinya cuma 7 liter. Sayangnya Touratech hanya membuat 2 buah BMW R1200GS Rambler, yang satu kuning dan yang kedua abu abu. Belum ada kabar motor ini akan di produksi secara massal. kalau memang di produksi secara massal motor ini bakal jadi motor garuk tanah dengan mesin terbesar yang pernah ada. dan bakal jadi motor Trail yang paling bertenaga yang pernah ada.





Sepesifikasi Mesin BMW R1200GS Rambler


Tipe mesin: 4 Langkah mesin flat twin, double overhead camshaft, satu keseimbangan poros

Kapasitas mesin: 1.170 cc

max power: 92 kW (125 hp) pada 7.750 rpm

Max Torsi: 125 Nm pada 6.500 rpm


 Sistem Pendingin: Air / liquid-cooled

Diameter X Langkah: 101 mm x 73 mm

PERBANDINGAN kompresi: 12,5: 1

kontrol mesin: asupan Elektronik pipa injeksi

Emisi:  standar emisi Uni Eropa-3

salam bikerzone11

0 komentar:

Post a Comment