00:01
0

 


Pecinta otomotif dan khususnya mania adventure kenal dengan motor besar legendaris keluaran bmw yaitu 1200 gs merupakan motor desain seperti adventure, namun menurut kami desain meski adventure tapi lebih cocok buat onroad dan touring jarak jauh seperti melewati aspal rusak dan jalanan semi offroad bukan offroad murni seperti jalur trabas atau trail yang butuh motor super ringan :

Berikut ini alasannya :

1. Berat tidak lincah buat medan berat

Menurut bikerzone motor diatas 150 kg sebaiknya tidak usah ikut enduro atau offroad berat medan extrem faktanya bukan kemudahan yang didapatkan tetapi jatuh bangun dan membangunkannya tidak bisa sendirian karena motor ini beratnya 2,5 kuintal atau 260 kg sungguh sangat berat seperti harley davidson, motor seperti ini lebih cocok buat aspal atau medan aspal rusak karena suspensi nyaman. Karena berat meski 1200 cc top speed setara dengan motor sport 650 cc 2 silinder seperti er6n yang bisa dipacu hingga 210 km/jam. Yang unik dengan motor ini adalah mesin boxer yang desainya mesin menonjol kekiri dan kekanan membuat motor jadi lebar dilihat dari depan.

2. Lebih cocok buat touring

Desainnya meski tampang adventure akan tetapi justru bobot berat akan stabil pada kecepatan tinggi, diklaim motor ini mampu mencapai kecepatan diatas 200 km/jam maksimal 210 km/jam. Bayangkan saja bobot 260 kg tentu saja akan stabil diterpa angin kencang tidak akan limbung, melibas jalanan rusak sangat cocok didukung suspensi ternyaman dikelas moge touring.

3. Tangki Besar 

Tangki yang besar mencapai 20 liter menjadikannya lebih besar dan lebih berat ketika diisi bensin fulltang, tangki sebanyak ini cocok untuk jarak jauh touring lintas negara atau provinsi.

4. Harga sangat mahal

Harga baru paling murah versi standar mencapai 700 juta tentu seharga mobil mewah atau rumah real estate. Memang memakai motor ini terkesan gagah dan premium sekali, dijalan jadi pandangan banyak orang, akan tetapi jika digunakan buat offroad berat jatuh berkali kali menjadikan body rusak, tentu mahal biayanya, apalagi sekelas moge bmw tidak ada part kwnya. harus inden berbulan bulan ketika rusak atau pecah bagian bodynya.

5. Rekomendasi moge adventure

Moge adventure rekomendasi dari bikerzone jika anda penggemar petualangan dengan motor besar haruslah motor memiliki bentuk yang kompak bobot tidak terlalu berat sehingga lincah, saya merekomendasi motor motor keluaran jepang, seperti honda crf twin africa, honda x-adv 750, ktm adventure 1190, ktm 690 r, husqvarna te 701, aprilia dorsoduro, dll yang pasti bobot memang tidak seringan motor trail tapi tidak seberat bmw gs, torsi juga besar cukup mumpuni disegala medan tidak takut kehilangan tenaga. apalagi jika anda tengok motor ktm 690 atau huqvarna 701, motor ini cuma 1 silinder otomatis torsinya sangat besar daripada multi silinder, dan tak perlu gas dalam dalam untuk menanjak sekali sentak langsung wheelie, top speed juga lumayan sekitar 200 km/jam meski 1 silinder karena bobot juga ringan. 

Sebenarnya secara desain motor semacam ktm 690 r ini adalah seperti trail umumnya bukan desain adventure dibekali mesin satu silinder dari duke 690. Tapi menurut bikerzone cocok buat adventure karena kompak dan tidak berat. Medan berat bisa dilewati meski tidak semudah menggunakan motor trail kubikasi kecil.

soal harga juga lebih murah daripada bmw 1200 gs, dikisaran 350 juta harga baru wow, mahal juga ya, meski cuma 1 silinder. Anda juga bisa berburu sekennya dikisaran 250 jutaan. Kondisi masih mulus siap pakai.




0 komentar:

Post a Comment