00:55
0
Viar merupakan produk motor trail yang dirakit disemarang indonesia, banyak part lokal didalamnya kalau mesin memang impor dari zhongsen negri cina kemudian direbranding disini dengan nama viar. Awal Kemunculannya,  Viar Cross X 250 SE dilepas ke pasaran dengan penampilan dan spesifikasi layaknya special engine kompetisi. Meski begitu harganya tetap bersahabat dan ternyata menyasar segmen adventure off road.


Ditawarkan dalam dua pilihan warna, oranye dan merah, motor trail ini dibanderol Rp 32,6 jutaan untuk wilayah Jateng dan sekitarnya. Sedangkan untuk Jabodetabek di angka Rp 32,8 jutaan. Dengan harga yang lebih murah dari Kawasaki KLX 250S yang dilepas Rp 65 jutaan atau Yamaha WR250R yang dijual Rp 90 jutaan, Viar Cross X 250 SE mengusung spesifikasi yang tak kalah bagus.


Motor ini mengusung mesin satu silinder 250cc dengan konstruksi SOHC 4 klep. Mesin yang memiliki transmisi 6 percepatan ini diklaim memiliki power 25,4 dk pada 9.000 rpm dan torsi 23 Nm di 7.000 rpm.Suspensinya, depan sudah up side down dan yang belakang monoshock, keduanya bisa diseting ulang sesuai kebutuhan sang pengendara. Sedangkan untuk rangka atau sasis sudah mengusung model twin spar dengan model delta box yang sangat berbeda dengan seri sebelumnya Cross X 150 dan Cross X 200.

Spesifikasi Lengkap

Panjang x lebar x tinggi : 2120 x 810 x 1250 mm
Jarak sumbu roda : 1440 mm
Jarak terendah ke tanah : 320 mm
Tinggi tempat duduk : 920 mm (terlalu tinggi untuk tinggi rata rata indo, minim 180 cm baru napak sempurna)
Berat kosong : 126 kg
Type suspensi depan : Upside down
Type suspensi belakang : Monoshock Unitrack System
Ukuran ban depan : 90/100-21
Ukuran ban belakang : 110/100-18
Rem depan : disc brake, disc plate 240 mm
Rem belakang : disc brake, disc plate 240 mm
Kapasitas tangki bensin : 6,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah SOHC 4 klep (2 in, 2 out)
Diameter langkah : 77 x 53,6 mm
Daya maksimal : 19 KW (25,4 dk) / 9.000 rpm
Torsi maksimal : 23 Nm / 7.000 rpm
Volume langkah : 249,6 cc
Kapasitas minyak pelumas mesin : 1,5 liter
Kopling : manual, multiplate wet clutch
Gigi transmisi : 6 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : electric starter dan kick starter
Accu : 12V - 8Ah
Sistem pengapian : CDI - DC
Pengabut bahan bakar : Karburator

Harga Second

Karena produk lokal identik dengan mesin cina, makanya harga juga anjlok sekennya setengah harga banyak yang dijual kurang dari 20 juta ini sangat cocok sekali buat mereka yang pengen punya trail tenaga SE tanpa harus bore up tapi harga cuma setara motor matik 110 cc.

Soal tenaga jelas lebih besar daripada klx dan sekelas 150 cc lainnya. Dibawah ini adalah contoh harga motor trail viar cross 250 cc, sekennya cuma diharga 17 jutaan saja, kalau pintar nego mungkin bisa dapat angka 16 juta. Cuma seharga motor beat baru.

Dan ini tentu worth it daripada beli 30 jutaan cuma dapat tenaga standar di tanjakan kadang loyo, tidak jarang penggunanya kesel lalu masuk bengkel minta dibore up karena tenaga kurang. Dibore up butuh biaya 10 juta beserta part lainnya ahirnya membengkak menjadi 40 juta. Belum lagi mesin bore up cenderung boros oli dan mudah overheat. 

Soal part tidak usah ragu, mesin diklaim sama dengan mesin cbr250r jadi kalau ganti piston tinggal beli punya cbr. 

Ngetrail ga harus punya kantong tebal bukan?







0 komentar:

Post a Comment