Bagi anggapan banyak orang hobi motor trail itu mahal, sebenarnya tidak juga, hobi trail memang mahal bagi mereka yang banyak duit dan membeli motor baru kelas kompetisi padahal cuma buat even trabas biasa, padahal itu sebenarnya cocok buat balap motorcross. Biasanya mereka adalah juragan, bos ataupun pejabat dengan gaji diatas 20 juta perbulan sehingga mampu beli motor ratusan juta. Bisa bayangkan kalau perbulan gaji sisa 15 juta Dalam setahun bisa membeli motor kx450 baru, motor idaman para crosser indonesia. Konon harganya saat ini mencapai 150 juta. Seharga mobil sedan seken kondisi mulus. Tengok saja honda accord atau civic lawas 2010 an kisaran harga 150 jt. Tentu orang umum milih beli mobil, tapi tidak bagi mereka yang 'sultan' hobi naik mobil sudah terlalu bosan, mereka pasti coba hobi baru yang lebih menantang.
Kalau gaji pas pasan, Alternatifnya beli seken, tapi masih mahal juga diatas 50 juta untuk harga kx250 sendiri tahun lama sekitar 55 juta. Untuk kelas lokal sendiri sejak lama ada kelas 150 cc seperti klx,crf dan wr155 harganya juga masih tergolong mahal untuk kaum menengah kebawah, 30 - 38 juta. Sekennya masih diangka 20 an juta, Itupun mesin pasti minta upgrade karena pasti ga puas kalau mesin standar.
Solusi mereka yang ingin ikut trail tapi terbatas dana adalah rakit sendiri atau beli seken udah jadi jauh lebih murah. Soal harga bahkan jauh lebih murah daripada motor matik sekelas beat kondisi baru. yang dibandrol 18 juta, seperti iklan diatas, motor yamaha vixion yang sudah dimodifikasi trail dijual terjangkau 7 juta saja apalagi kondisi surat komplit tentu termasuk murah dibanding anda merakit sendiri dana 7 juta baru biaya modifikasi belum motornya.
Soal mesin sendiri yamaha vixion tentu power torsi lebih besar daripada klx atau crf. Tanpa perlu oprek lagi tinggal ganti gir besar belakang 50 mata depan 13 mata sudah siap untuk medan extrem. Untuk standar pabrik sendiri tidak cocok untuk offroad karena kombinasi 14-43 ini cukup berat untuk medan tanjakan tanjakan tanah. Beda dengan jalan raya, tidak perlu torsi lebih kadang di trek lurus gigi 5 masih kehabisan nafas. Berbeda juga dengan jalanan offroad gir 2 saja tak kuat nanjak dan ganti gir 1 hampir tidak kuat menanjak juga, solusinya ganti rasio ringan atau gir lebih besar belakang.
0 komentar:
Post a Comment