01:56
0


KTM selalu terkenal dengan motor trailnya, berbeda dengan jepang lebih terkenal produk on roadnya ataupun superbike, Untuk saat ini harga ktm varian 450 cc menyentuh 200 juta barunya, tentu saja kalau bukan level sultan ogah beli. Mereka yang bergaji 100 juta perbulan tentu dengan mudah membelinya. Tapi bagi kita yang rakyat jelata hehe cukup motor bebek buat trabas sudah mumpuni. 

Ternyata selain mahal perawatan juga tak seindah penampilannya, KTm selalu terlihat gagah dengan ciri khas shok beker depan panjang dan besar seakan mengintimidasi, padahal sebenarnya medan offroad bagus dan lebih empuk shok teleskopik, karena USD cenderung keras.

Untuk perawatan sendiri pabrikan menganjurkan penggantian piston tiap jam tepatnya 50 jam? hah beneran? 

Berbeda sekali bukan dengan motor aspal, bahkan 10 tahun tidak diganti masih aman piston dan ringnya selama rajin ganti oli, tetapi tidak untuk motor trail SE ini. 

Kabarnya, piston atau seher motor trail jenis Spesial Engine (SE) diganti setiap pemakaian 50 jam.Dibandingkan motor produksi massal umumnya, pendek banget kan usia pakai pistonnya.

"Sebab motor trail SE ini diperuntukannya untuk medan berat, jalanan off-road, putaran mesinnya juga selalu tinggi," kata Asep dari MT Motor.Sehingga untuk perawatannya motor trail SE juga enggak sembarangan.


"Makanya setiap 50 jam penggunaan, motor trail SE itu harus ganti piston dan ring pistonnya," sahutnya lagi.Hal itu sesuai anjuran produsen pembuat motornya juga Bro!

Untuk mengukur lama penggunaan motor trail SE ini juga ada alatnya khusus."Namanya Engine Hour. Jadi setiap mesin motor trail SE menyala, maka Engine Hour akan mulai menghitung," sahut Asep.

"Engine Hour biasanya akan menghitung aliran listrik yang masuk dari koil," sahutnya pria yang punya bengkel di Jalan H.Kelik no. 27, Srengseng, Jakarta Barat. Namun beberapa motor trail seperti KTM juga menggunakan Engine Hour."Kalau KTM atau motor trail lainnya sudah ada Engine Houre yang terintergrasi, seperti speedometer," pungkasnya.

Untuk harga pistonnya sendiri ternyata tidak murah gais, seharga motor matik seken lawas 3 jutaan, kira kira untuk penggantian piston dan ganti oli ganti radiator setiap servis rutin.

Memang motor ini sebenarnya bukan untuk para amatir, tapi para profesional yang terbiasa balap enduro dan motorcross, performa mereka utamakan daripada biayanya, karena sudah ditanggung tim hehe, kalau anda minat sebagai sultan silahkan beli jangan lupa perawatannya ya hehehe.

Rata-rata motor jepang beli piston + ring paling 200 an ribu, kalau KTM ini jelas beda untuk merk kw saja 3 juta apalagi orinya gan hehe. Dan diganti tiap 50 jam, bayangin aja kalau tiap bulan kelar 50-70 jam main tanah, bisa tiap bulan keluar duit 4 juta (termasuk biaya bengkel dan ganti oli) buat servis rutin setahun 12 bulan keluar duit 50 juta gais hehe untuk keperluan ganti piston rutin :D, Kalau cuma buat trabas biasa, Gausah pake ori gan karena kw saja harga segitu tentu sangat bagus kualitasnya. 

Motor jepang seperti bebek atau pun motor batangan biasa kalau rutin ganti oli awet gak akan ngebul sampe 10 tahun kedepan. Khususnya keluaran lama, karena keluaran baru mesinnya diklaim lebih ringkih.

Bikerzone, Lihat harga pistonnya aja udah ciut nyali gan, sama katanya 50 jam harus ganti, apalagi beli motornya yang ratusan juta hehe. Tentu anda para sultan sultan trabas yang bergaji diatas 50 juta perbulan kecil buat biaya perawatannya bukan, jangan takut beli karena hobi emang mahal gan, maksudnya mahal merknya :D hehe. 

Anda Tertarik beli?? Tapi ada alternatif buat para pemula, seperti KLX 230, Wr155, Viar250cc,  dll yang harganya jauh lebih murah mesin tak kalah tangguh. Perawatan juga cuma rutin ganti oli saja. Tidak usah ganti piston tiap bulan. 

NGetrail Ga Harus Mahal gan
 
Kalau bikerzone sendiri memilih pake bebek modif trail aja muehehe.. cuma seharga pistonnya KTM doang kan. cocok buat yang malas rawat motor bahkan 5 bulan baru ganti oli, turun mesin juga 5 tahun sekali belum tentu. Cocok pula buat para pekerja gunung, kebun, soalnya kalau trail KTM gamungkin bisa buat angkut barang.

Di indonesia sendiri banyak motor motor tangguh seken 3 jutaan bisa dijadikan trail ataupun pekerja kebun, contohnya, jupiter mx lama, revo lama, smash, shogun, thunder 125, supra lama, vega, kaze, crypton, dll.

 tinggal modifikasi shok depan lebih panjang biar mesin tidak gasruk, dan modifikasi peninggi shok belakang, serta ganti ban belakang yang semi trail, jika medannya batu dan tanah, jika medannya full tanah baiknya ganti full ban enduro. Tidak lupa selalu gunakan gir belakang besar supaya kuat nanjak dimedan extrem. Minimal 45-50 mata.

Kalau anda punya dana lebih 5-7 juta banyak sekarang ini dijual trail modifikasi bermesin yamaha vixion atau scorpio z kisaran 7 juta sudah tinggal pakai, surat stnk tidak masalah tanpa bpkb karena tak ada razia dijalur trabas, bukan jalan raya tak perlu surat menyurat, spion riting juga tidak perlu. Kalau soal mesin yamaha vixion dan scorpio atau tiger sudah dijamin jauh lebih bertenaga dibanding klx atau crf sehingga tidak perlu repot bore up. Dirasa masih loyo perbesar gir belakang 55 sampai 60 mata. Tapi sebenarnya 50 mata sudah lebih dari cukup kalau kebesaran gir malah traksi kurang karena kebesaran torsi napas gir terlalu pendek. 



0 komentar:

Post a Comment