10:12
0
Motor andalan BMW ini baru saja dikenalkan di EICMA 2016 lalu, motor model balap bersarung (fairing) ini disebut  HP4 Race, Kabar baiknya kini akan diproduksi secara massal buat konsumen. Digadang gadang sebagai sportbike paling ringan, paling berteknologi, dan paling berfitur di kelasnya.Selain itu motor andalan terbaru BMW motorad ini, HP4 Race Juga akan dijadikan produk ekslusif alias model terbatas dengan produksi hanya 750 unit di seluruh dunia. Kabarnya motor ini dibuat di Berlin, Jerman, kerangka dan sasinya dibuat dari karbon sehingga punya bobot super ringan.Mengusung mesin 1000 cc / 999 cc, DOHC 16 katup, empat silinder segaris, transmisi girboks 6 percepatan. Klaim nya motor ini punya tenaga 215 dk pada 13.900 rpm dan torsi 120 Nm torsi di 10.000 rpm. Tetapi yang paling menarik bobotnya sangat ringan, setara motor sport 250 cc seperti CBR250RR yaitu hanya 171 kg. Benar benar super ringan untuk ukuran motor 1000 cc.

Selain itu, dilansir dari otomotifnet, HP4 Race telah dibekali perangkat elektronik canggih seperti 15 level traction and engine brake control. Termasuk 4 riding modes dan datalogger yang bisa menampilkan lap timing dan GPS.HP4 Race sudah menggunakan suspensi depan dan belakang besutan Ohlins. Untuk upside down menggunakan suspensi FGR 300 di ajang Superbike World Cup, ditambah steering damper SD052. Sedang di belakang menggunakan sok absorber Ohlins TTX 36 GP.Sementara pengeremannya diserahkan pada Brembo GP4-R, dengan 4 kaliper piston titanium dan cakram berdiameter 320 mm. Di bagian belakang, juga sudah dibekali 4 kaliper piston titanium, dengan diameter cakram 220 mm.Namun kabar buruknya motor ini belum diberitahu bandrol harganya. jadi para peminat harus sabar.


DATA SEPESIFIKASI BMW HP4 Race

Mesin
Tipe mesin :4-cylinder 4-stroke in-line engine, four titanium valves per cylinder, two overhead camshafts
Kapasitas mesin : 999 cc
Sistem Pendingin : Water/oil-cooled
Diameter X Langkah : 80 mm x 49,7 mm
Perbandingan Kompresi : 13.0 : 1
Max power : 215 dk / 13,900 rpm
Max Torsi : 120 Nm torsi / 10.000 rpm.
Engine management : Electroinc injection, digital engine electronics with integrated knock control (BMS-KP)
Emisi : 1 closed-loop 3-way catalytic converters, EU-3 norm with electronically controlled interference pipe and acoustic valves

Transmisi   
Sistem transmisi : Constant-mesh 6-speed gearbox, straight-toothed
Tipe kopling : Multiple clutch in oil bath, anti hopping clutch, mechanically controlled

Dimensi   
Panjang : 2.056 mm
Lebar : 826 mm
Tinggi : 1,138 mm
Jarak sumbu roda : 1810 mm
Tinggi tempat duduk : 820 mm
Berat kosong : 171 kg
Kapasitas bahan bakar : 17.5 liter

Rangka / Suspensi   
Tipe Frame : Aluminium composite bridge frame, partially self-supporting
Suspensi Depan : Upside down telescopic fork Ø 46 mm, dynamic damping control DDC, adjustable spring preload, electronically adjustable damping
Suspensi Belakang : Aluminium dual swing arm, dynamic damping control DDC (central spring strut), hydraulically adjustable spring preload, adjustable compression and rebound damping
Rim Depan : 3.50 x 17″
Rim Belakang : 6.00 x 17″

Pengereman   
Rem Depan : Twin disc brake, floating brake discs on nine bearings, four piston monobloc fixed caliper, diameter 320 mm, 5 mm thick
Rem belakang : Single disc brake, single piston floating caliper, diameter 220 mm, 5 mm thick
Teknologi : BMW Motorrad race ABS, disengageable, four modes to choose from: Rain, Sport, Race, Slick, IDM setting

Kelistrikan   
Alternator : three-phase generator 350 W
Batteray : 12 V / 7 Ah, maintenance-free

Ban   
Roda Depan : 120/70 ZR 17
Roda Belakang : 200/55 ZR 17


salam bikerzone

0 komentar:

Post a Comment