Merk Huqsvarna akhirnya di akusisi oleh KTM racing

Di dunia roda dunia nama Husqvarna tidaklah bisa disepelekan. Di segmen motor segala medan Husqvarna sudah sangat terkenal dan kini merek Eropa itu dikabarkan tengah didekati KTM. Saat ini merek Husqvarna dimiliki oleh BMW setelah raksasa Jerman itu membelinya dari MV Agusta di tahun 2008. Nah, saat ini seorang sumber mengatakan pada Motorcycle News menjelaskan kalau BMW saat ini sedang melakukan negosiasi penjualan Husqvarna ke KTM. Diperkirakan kesepakatan diantara keduanya diumumkan dalam waktu tidak lama lagi. KTM sendiri sebagian sahamnya dimiliki oleh produsen motor India, Bajaj. Meski begitu, BMW menolak untuk mengomentari kabar tersebut. Pihak Husqvarna dan KTM pun menolak untuk menjawab pertanyaan terkait hal itu.

selanjutnya...
Pabrikan trail dan moge, Husqvarna membuka lembaran baru. Setelah dibeli KTM dari BMW Motorrad, manajemen perusahaan ini disehatkan kembali.Para pekerjanya yang sempat demo dan mogok kerja pun kembali dijanjikan dengan masa depan yang lebih baik. Di bawah komando KTM, Husqvarna menggunakan nama Husqvarna Motorcycles GmbH "Saya rasa ini adalah momen yang sangat penting bagi Husqvarna. Dalam enam bulan terakhir telah bekerja untuk kedatangan model baru dan sekarang akhirnya hari itu telah datang. Husqvarna Motorcycles GmbH dengan line up enduro-nya, motorcross dan minicycles menjadi pintu menuju kejayaan. Model-model baru ini dibuat dengan profesionalisme, pengalaman dan know-how dari KTM," ungkap Stefan Pierer, CEO KTM.

Husqvarna TC300 Factory Racing yang baru dikenalkan beberapa waktu yang lalu "Kami memiliki rencana ambisius mengenai produk dan keberhasilan dalam sport. Dan semua ini datang dengan pengiriman model baru 2014, seorang yang sangat signifikan dan babak baru bagi Husqvarna Motorcycles," ungkapnya. Baru-baru ini KTM memperkenalkan Husqvarna TC300 Factory Racing. Selain itu, mulai bulan November 2013 mendatang motor-motor baru Husqvarna sudah bisa dipesan.

berita lainnya....

Akhirnya Husqvarna yang dimiliki oleh BMW Group telah resmi berpindah tangan ke Pierer Industrie, sebuah perusahaan Austria yang dimiliki oleh CEO KTM, Stefan Pierer. Pihak BMW mengatakan dalam siaran persnya bahwa langkah ini merupakan restrukturisasi bisnis dari BMW Motorrad yang akan mulai fokus pada pengembangan mobil ramah lingkungan. Sedangkan Husqvarna yang hebat di medan off-road tidak cocok dengan strategi BMW.

"Oleh karena itu BMW Group menandatangani perjanjian jual beli dengan Pierer Industrie AG (Austria) untuk akuisisi Husqvarna. Akuisisi ini akan dilanjutkan dengan persetujuan oleh otoritas anti-trust. Kedua perusahaan telah sepakat untuk tidak mengungkapkan harga pembelian, "kata pernyataan itu.

Lebih lanjut, Sepeda Motor Husqvarna didirikan di Swedia pada tahun 1903 dan dijual kepada kelompok sepeda motor Italia Cagiva pada tahun 1987, menjadi bagian dari motor MV Agusta SpA dan BMW telah mengakuisisi perusahaan Husqvarna Italia dari MV Agusta pada tahun 2007. sekarang bagian dari KTM, ibarat BPKB kendaraan sudah pindah 5 tangan.

berita lainnya 

Teka-teki masa depan merek motor Husqvarna akhirnya terjawab. BMW Motorrad yang memiliki merek ini akhirnya secara resmi mengumumkan melepas Husqvarna agar mereka bisa lebih fokus mengembangkan motor ramah lingkungan. Dalam siaran pers, penjualan merek ini dikatakan BMW adalah sebuah penyelarasan terkait pasar, tren demografi hingga ketertarikan pada kendaraan ramah lingkungan yang makin hari makin meningkat.

Untuk itu, agar bisa fokus mengembangkan motor ramah lingkungan terutama motor perkotaan dan e-mobility atau motor listrik. Husqvarna sendiri adalah sebuah merek yang fokus pada motor segala medan atau supermoto. Merek ini akhirnya diakuisisi oleh Pierer Industrie AG, sebuah perusahaan asal Austria yang dimiliki oleh CEO KTM, Stefan Pierer. Baik Pierer Industrie AG maupun BMW Group sepakat untuk tidak membocorkan berapa harga Husqvarna.

"Proses akuisisi menunggu persetjuan dari lembaga anti monopoli. Kedua perusahaan sudah setuju untuk tidak mengumumkan harga pembelian," demikian pernyataan BMW. Setelah melepas Husqvarna, BMW Motorrad yang di tahun 2012 lalu berhasil menjual 117.000 motor pun kini bisa lebih fokus lagi mengembangkan motor masa depan dan kembali memfokuskan diri membuat motor di kategori "Tourer", "Enduro", "Sport", "Roadster" and "Maxi-Scooter" dengan mesin antara 650 cc sampai 1600 cc.

BMW Motorrad sendiri baru masuk ke kendaraan perkotaan (urban mobility) di tahun 2012 silam ketika melahirkan dua skuter bongsor C 650 GT dan C 600 Sport. Ke depan, BMW Motorrad kini tengah bersiap untuk melahirkan kembali sebuah skuter yang mereka katakan sebagai "C evolution". Skuter ini akan menjadi skuter listrik dan akan mereka luncurkan di tahun 2014 mendatang. (detikoto)

0 komentar:

Post a Comment