04:08
2


siapa yang kenal dengan sistem operasi dengan wallpaper dekstop padang rumput hijau serta langit biru ini yaitu windows XP, yang merupakan penyempurnaan dari sistem sebelumnya yaitu windows 98 karena sistem interfacenya yang terkenal dan sudah dikenal banyak orang padahal umurnya sudah 15 tahun ternyata masih saja banyak penggunanya bahkan lebih banyak daripada pengguna windows 8, padahal dukungan microsoft kepada OS ini sudah tidak berlaku sejak april 2014 lalu dan sekarang saja 2015 ternyata penggunanya masih banyak. termasuk penulis saat ini masih menggunakan windows xp dan terkadang saya juga pake windows 7 tapi lebih sering pakai windows xp karena pengoperasiaannya yang sudah familiar dan sangat mudah. inilah yang disebut dengan sistem operasi legendaris yang bisa bertahan belasan tahun. padahal dalam dunia teknologi yang makin berkembang pesat saja sistem operasi bisa bertahan selama 2 sampai 3 tahun itu udah bagus mengingat para vendor terus mengupdate sistem terbaru mereka.

mengenang puluhan tahun lalu ponsel nokia yang terkenal dengan operasi symbiannya yang sekarang sudah punah diganti dengan android. bahkan sistem blackberry pun terdesak oleh sistem android ini mengingat ponsel sekarang rata-rata sudah android semuanya. bahkan android telah mengalahkan sistem operasi microsoft yang mengakusisi nokia yaitu windows phone. begitulah teknologi saing-saingan sehingga sesuatu produk sistem tidak akan bertahan lama, tapi berbeda dengan windows xp ini bahkan pihak vendor microsoft telah "membuang" sistem ini atau tidak mau support lagi update sistem dan security sejak 2014 lalu tapi yang menjadi heran adalah penggunanya benar-benar tetap bertahan. walaupun kepopuleran windows xp ini sudah tergeser windows 7 yang merupakan gabungan vista dan xp, ternyata masih mengungguli sistem operasi terupdate microsoft yaitu windows 8 dan windows 10 berikut tabel diagram pengguna OS microsoft

paling buruk reputasinya adalah windows vista yang sejak dulu tidak mau meningkat dan dianggap produk gagal karena banyaknya masalah pada sistem ini, kemudian microsoft mengembangkan windows xp dan vista menjadi satu jadilah windows 7 yang user interfacenya masih familiar dengan windows xp akan tetapi sistemnya sudah lebih baik daripada vista.



Update... 2016 ... 
 
 Tidak heran kalau perusahaan penyedia antivirus online ESET menyebut Windows XP sebagai sistem operasi Zombie.Meskipun memperoleh sebutan sebagai sistem operasi Zombie, tingkat penggunaan Windows XP masih cukup tinggi. Para pengguna Windows XP tersebut kebanyakan berada di wilayah negara-negara berkembang. Alasan keuangan pun menjadi alasan kenapa mereka enggan untuk memilih upgrade ke sistem operasi Windows yang lebih tinggi. selain itu untuk urusan grafis ternyata bila dibandingkan sistem lainnya seperti windows 7 dan vista ternyata masih lebih unggul windows xp entah kenapa bisa dibilang sistem paling sukses didunia adalah windows XP.

Selain itu, data dari Netmarketshare menunjukkan kalau tingkat penggunaan Windows XP ternyata masih lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah akumulasi semua versi Mac OS X. Perlu diketahui, tingkat penggunaan Windows XP secara global saat ini mencapai angka 10,9 persen. Angka tersebut pun membuat Windows XP menjadi sistem operasi terpopuler ketiga di dunia setelah Windows 7 dan Windows 10.

Sementara itu untuk tingkat penggunaan sistem operasi Mac OS X buatan Apple, yang paling tinggi adalah versi Mac OS X 10.11 yang mempunyai jumlah pengguna mencapai angka 4,05 persen. Sistem operasi ini pun menjadi OS terpopuler kelima, dua strip di bawah Windows XP. Dan secara total, jumlah akumulasi pengguna Mac OS X dari berbagai versi ‘hanya’ mencapai angka 7,78 persen. Masih cukup jauh dibandingkan angka pengguna Windows XP.

Microsoft sendiri telah berupaya untuk mengingatkan para pengguna Windows terdahulu untuk melakukan migrasi ke Windows 10 yang merupakan produk terbaru milik Microsoft. Menengok upaya tersebut, nampaknya angka keberhasilan Windows 10 masih cukup jauh. Mengingat selisih pengguna Windows 7 dengan Windows 10 masih sangat jauh, yakni berselisih mencapai 37 persen.(dna/bt) 




2 komentar:

  1. This blog has expressed its meaning in a very short but clear way, so succinct.
    http://adventurefootstep.com/best-machete/

    ReplyDelete
  2. This magnificent piece of writing is genuinely above and beyond.
    thetopfinds

    ReplyDelete