02:23
0

Sebuah pabrik motor lokal beralamat di Kawasan Industri Bukit Semarang Baru (BSB) Blok A5 no. 9, Jatibarang, Mijen, Jawa Tengah 50219, Indonesia atau lebih akrab disebut pabrik Viar telah merilis berbagai varian motor terutama motor trail yang sedang booming diindonesia, mungkin karena hadirnya kawasaki KLX 150 dan sering munculnya motor ini disinetron anak jalanan membuat animo masyarakat terhadap motor trail mulai meninggi. benar-benar efektif, dahulunya motor sport tidak terlalu diminati khususnya trail ini karena masyarakat indonesia  suka dengan model bebek tanpa kopling yang praktis dan mudah perawatannya sekarang muncul matik yang jauh lebih praktis lagi.

akan tetapi mulai tahun 2010 an keatas ini rupanya ada penggemar jenis motor trail yang ternyata banyak juga diindonesia. dengan hadirnya KLX 150 yang harganya jauh lebih murah dibawah produk trail jepang lain di indonesia ini sehingga membuat klx laris manis bak kacang goreng apalagi membuat diler kawasaki sampai kuwalahan kehabisan stok karena banyaknya pesanan model trail dual purpose ini, sekilas tampak seperti motor cross padahal ini bukanlah motor untuk cross tapi motor enduro atau lebih tepat disebut motor adventure yang siap menjelahi segala medan halus maupun tidak rata.

dengan boomingnya motor trail ini dimanfaatkan pabrikan lokal untuk membuat motor bergenre trail dari mini trail 100 cc sampai motor cross kompetisi viar cross x 250 cc yang ternyata secara kualitas dan durabilitas tidak kalah dengan pabrikan jepang namun dengan harga jauh dibawah produk jepang. untuk menyaingi KLX 150 L ini viar menyiapkan dua produk trail yaitu viar cross 150 dan viar cros 200 cc, yang akan kita bahas kali ini adalah viar 200 yang merupakan varian motor enduro atau adventure mirip kawasaki KLX 150 L,


Spesifikasi Viar Cross X 200 



Tipe Mesin

4 Langkah, SOHC

Diameter X Langkah

65.5 x 59 mm

Kapasitas Minyak Pelumas Mesin

1.0 Liter

Kopling

Manual, Multiplate Wet Clutch

Gigi Transmisi

5 Kecepatan

Stater

Electric starter & kick stater

Sistem Pengapian

CDI - DC

Volume Langkah

200 cc

Pola Pengoperan Gigi

1-N-2-3-4-5

Accu

12V - 5 Ah

Daya Maksimal

10KW / 7500rpm

Torsi Maksimal

13.5N.m / 7000rpm






















harga Rp 22.180.000,- (On-The Road Jawa Tengah)

harga yang cukup murah daripada KLX apalagi part-partnya cocok dengan honda GL series yang melimpah dimana-mana. gak perlu khawatir cari part klo mesinnya rusak. secara harga juga lebih murah daripada kawasaki KLX 150 L yang berkisar di angka 26 jutaan , yang punya power 11,5 hp sedangkan viar 13,4 hp tentu lebih unggul viar secara harga dan tenaga. mengingat cc nya lebih besar. kelemahan viar adalah testimoni masyarakat tentang perspektif produk cina kualitasnya kurang baik , sehingga kurang mampu menjual melebihi produk jepang meski kualitasnya sudah membaik apalagi motor ini rakitan lokal bukan produk cina, part-partnya campuran antara produk cina dan jepang yang sudah diuji.

motor ini adalah solusi yang ngebet motor trail tapi kepentok kurang tebal, mau beli produk jepang kelewat mahal. 

0 komentar:

Post a Comment