07:02
0







Perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat

Kita sadari perkembangan teknologi di dunia ini benar-benar sangat pesat. Sehingga merubah peradaban sosial dan masyarakat. Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Kalau mengingat jaman dahulu kalau kita menulis surat kepada teman atau saudara maka baru seminggu atau bahkan sebulan baru sampai ketempatnya tergantung paket kiriman kilat ataupun biasa lewat kantor pos dengan dibubuhi prangko. Berbeda dengan jaman sekarang tinggal ketik lalu pencet kirim lewat ponsel ataupun computer pesan kita terkirim dalam hitungan detik pesan kita telah sampai kepada orang yang dimaksud.
Gulielmo Marconi Sang Penemu Radio

Sejak ditemukannya gelombang radio di tahun 1894 oleh marconi sebagai alat komunikasi tanpa kawat semua itu telah merubah peradaban dunia ini menjadikan dunia ini seperti tanpa ada batas ruang dan waktu. Komunikasi menjadi sangat cepat dan tidak terbatas. Kita tentu tahu apa itu siaran radio am fm, radio amatir, telepon genggam, telepon sellular, siaran televisi domestik, siaran tv satelit dan sebagainya itu tak lepas dari awal penemuan sistem komunikasi tanpa kawat atau  memanfaatkan gelombang elektromagnetik / gelombang radio, tanpa penemuan komunikasi gelombang radio peradaban maju seperti yang anda nikmati sekarang ini tentu tidak ada.

Bayangkan kalau gelombang radio belum ditemukan, artinya dunia ini tak ada telepon, tak ada radio, tak ada televisi, tak ada ponsel apalagi hape android yang anda pegang sekarang dan sebagainya tentu saja komunikasi masih sederhana dan sangat lambat, semisal masih menggunakan surat menyurat menggunakan kertas dikirim lewat kantor pos, bayangkan betapa jenuhnya menunggu berminggu-minggu hanya untuk menunggu balasan kabar saudara kita yang jauh disana? begitulah ibarat dunia tanpa teknologi. Semuanya berjalan sangat lambat.


Dengan ditemukanya gelombang elektromagnetik para ilmuwan pun telah mengembangkannnya menjadi sesuatu yang canggih dan semakin canggih untuk dimanfaatkan seluruh umat manusia dimuka bumi. Kini sistem komunikasi telah berkembang lebih canggih lagi yaitu munculnya zaman / era elegtromagnetik modern atau disebut zaman digital / zaman internet, kalau siaran radio kita hanya bisa dengar suara, siaran televisi kita bisa dengar gambar dan suara tapi cuma komunikasi satu arah, memang sudah ada yang dua arah yaitu radio amatir dan telepon selular tapi kita hanya bisa mendengar suara dan tulisan saja seperti sms misalnya. 

tampilan video call dengan ponsel android
 


Sejak munculnya zaman digital dan internet semua itu sudah berubah, sistem komunikasi internet benar-benar serba ada.  Kita bisa mendengar berita, mengirim gambar, tulisan, video, komunikasi audio video 2 arah atau video call, chatingan semua itu kita lakukan dengan hitungan detik. Karena pesatnya perkembangan dunia komunikasi peradaban sosial pun berubah, merubah pula pola pikir masyarakat menjadi lebih modern, serba cepat dan instan. Transaksi jual belipun sekarang tinggal duduk manis sambil pencet tombol layar hape, barang sudah sampai rumah pembayaranpun serba instan. Sebagian besar masyarakat dunia telah merasakan manfaat besar perkembangan dunia teknologi dan komunikasi ini.



Analogi Kecepatan Gelombang Elektromagnetik dan Lebar Pita (Bandwith)  

Sekarang jarak komunikasi lebih dari 20.000 kilometer jauhnya dari kita, kita mampu berinteraksi dalam hitungan detik, misalkan anda chatingan atau videocall dengan seseorang di eropa sana misalnya dengan facebook, camfrog ataupun BBM, line, WA dan sebagainya, dalam hitungan detik pesan anda terkirim kepada teman anda, begitupun teman anda mengirim pesan ke anda hanya dalam hitungan detik telah sampai kepada anda. Sehingga kita seperti komunikasi secara langsung layaknya tatap muka karena begitu cepatnya pesan kita terkirim.  Begitulah era digital dan era elektromagnetik modern segala proses komunikasi serba instant.Bagaimana itu bisa terjadi? 

Jawabnya adalah karena internet ternyata juga memanfaatkan  prinsip gelombang elektromagnetik/gelombang radio dengan  frekuensi tinggi yang mempunyai kecepatan 300.000 km/detik, yang dapat mengelilingi bumi 7 kali per detik. Seperti halnya anda menelpon kecepatan getaran elektromagnetik itu sama dengan kecepatan cahaya yaitu 300.000 km/detik yang merambat melalui media kabel untuk telepon kabel dan udara untuk ponsel. Jadi misal ada satu paket pesan 100 kb yang dikirim melalui internet maka paket  pesan100 kb itu akan dikirim dengan kecepatan cahaya melalui jaringan elektromagnetik lewat media kabel atau udara.

Sedangkan yang dimaksud bandwith didunia internet itu tidak sama dengan kecepatan getaran elektromagnetik. Karena bandwith itu adalah lebar pita saluran tertentu yang bisa menampung dan mentransfer data tertentu sesuai lebar pita data itu sendiri. Sedangkan kecepatan getaran elektromagnetik itu adalah kecepatan merambat gelombang dari satu tempat ketempat lain. Semisal begini anda mengalirkan dari bak ke ember  dengan pipa pralon yang diameternya 10 cm akan lebih cepat penuh daripada mengalirkan dari pipa yang diameternya 5 cm, misalnya kecepatan aliran airnya adalah 5 meter/detik, bedanya disini anda mengalirkan data dengan bandwith sedangkan kecepatan aliran elegtromagnetik  menembus 300 ribu km perdetik. Begitulah analogi sederhana bandwith menurut kami. 

Kalau menurut istilah ilmiah akan lebih rumit karena pengertian bandwith itu sendiri adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Sebagaimana dikutip dari www.teorikomputer.com

Sedangkan menurut Wikipedia.org bandwith atau lebar pita dalam dunia computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik).



ISP Telkom INDIHome Sebagai Penyedia Layanan Internet dengan bandwith besar dan koneksi stabil

Semakin pesatnya kebutuhan teknologi membuat kebutuhan bandwith semakin besar. Misalnya anda mau transfer atau nonton video tapi bandwith anda kecil maka yang muncul adalah buffering atau loading yang lama dan itu benar benar membosankan dan menjengkelkan. Oleh karena itu di Indonesia telah hadir Internet Service Provider (penyedia layanan internet) yang bernama INDIHome. INDIHome adalah solusi bagi anda yang ingin mempunyai koneksi yang cepat dan stabil tidak terpengaruh gangguan cuaca seperti ISP lainnya karena Telkom INDIHome, telah menggunakan teknologi saluran kabel fiber optik dibandingkan lainnya yang masih menggunakan koneksi wireless yang rentan terhadap gangguan cuaca. Selain koneksi cepat dan stabil juga jaringan jaringan Telkom INDIHome jauh lebih luas dibandingkan dengan ISP lainnya yang hanya bisa menjangkau lingkup tertentu. Sedangkan jaringan Telkom INDIHome telah menyebar ke seluruh pelosok Nusantara. Cara cek lokasi anda terjangkau jaringan INDIHome atau tidak cukup mudah tinggal klik http://fibermap.indihome.co.id/ terus ketikan wilayah anda dan klik cari.

Berikut ini adalah harga dan tarif paketan data dari INDIHome.


























0 komentar:

Post a Comment