10:39
0
Posisi bintang R136a1
Astronomi memang selau menarik untuk dibicarakan, karena ilmu pengetahuan tentang luar angkasa terus berkembng sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. kal ini kita akan membicarakn tentag bintang dengan massa terbesa. Ingat ini massa atau beratnya bukan ukuran besar atau diameternya.

Menurut penentuan, bahwa sebuah bintang raksasa R136a1 di Awan Magellan Besar-Large Magellanic Cloud yang berjarak 165,000 tahun cahaya dari Bumi itu merupakan bintang dengan massa terbesar (padat) yang diketahui saat ini, yaitu sekitar 265 kali massa matahari.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa awan magellan besar pada 1,5 juta tahun lampau itu jauh lebih besar (massa-red), yakni 320 kali dari massa matahari. Karena ketidak-stabilannya, akan menyemburkan materi dengan kecepatan 2,600 kilometer per detik, sehingga mengurangi materinya yang setara dengan 55 kali massa-nya matahari, sementara energi yang dilepaskan adalah 9 juta kali dari energi matahari, dan suhu permukaan mencapai 52,000 derajat Kelvin. Laporan terkait juga menyebutkan, bahwa bintang-bintang maha besar itu hanya se-partikel kecil di galaksi.

Diperkirakan bitang dengan massa lebih dari 20 masda matahari akan berahir menjadi supernova atau lubang hitam.

0 komentar:

Post a Comment