01:48
0

Sinyal seluler 4G tengah dikembangkan di Indonesia. Sejumlah operator Tanah Air pun bersiap menyediakan teknologi jaringan generasi keempat ini.Namun, masih banyak orang terjebak dengan hape yang masih menggunakan konektivitas 3G bahkan mayoritas 2g, atau bahkan tidak mengetahui layanan koneksi data lebih cepat yang ditawarkan 4G.sebagaimana dilansir Pocket Lint, Kamis (19/3/2015), lantas apakah perbedaan mendasar antara koneksi 2g, 3G dan 4G yang sebenarnya harus diketahui masyarakat luas

Perbedaan kecepatan Download

Manfaat yang paling jelas ialah dari segi kecepatan. Kecepatan transfer data yang sangat berbeda dapat terlihat ketika menggunakan jaringan 4G dibandingkan 3G. Kecepatan rata-rata 4G di Inggris saja, seperti yang didaftarkan oleh Badan Ofcom untuk laporan pada November 2014, mencapai 15.1 Mbps.

Sedangkan untuk jaringan 3G, seperti yang diuji pada waktu yang bersamaan oleh Ofcom dengan 4G ialah 6.1 Mbps, yang berarti jauh lebih lambat. Bahkan untuk membuka sebuah halaman website saja, pengguna yang berada di jaringgan 3G membutuhkan waktu 25 persen lebih lama dari mereka yang telah menggunakan 4G.

Sementara itu kecepatan 2g hanya mampu mencapai 54 kbps namun pengguna 2g masih bertahan karena sms dan telpon belum punah kedua layanan ini bergantung sinyal gprs/2g

Kecepatan Upload

Dalam sebuah uji coba di London, pengguna jaringan 4G yang mengunggah gambar mereka ke akun Twitter dan Facebook mampu menikmati kecepatan hingga 20 Mbps. Bahkan untuk broadband internet di jaringan rumah, kecepatan upload bisa mencapai 100 Mbps.

Kecepatan unggah tersebut mampu membuat pengguna mengirim gambar besar ke akun media sosial hanya dalam waktu sepersekian detik. Sedangkan di jaringan 3G dikatakan tidak dapat bersaing dengan 4G.

Ponsel 3g vs 4g

Hampir setiap smartphone baru yang dirilis di Inggris mampu mendukung jaringan LTE, banyak pula operator yang mem-bundling handset dengan jaringan 4G yang mereka tawarkan. Semua handset terbaru, termasuk 6 iPhone dan 6 Plus, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, serta HTC One M9, ialah yang mendukung teknologi 4G.

Nasib  3g diprediksi punah

Salah satu isu banyak muncul ialah cakupan 4G akan semakin diperluas lagi ke depannya, bahkan di Inggris, salah satu operator memiliki 80 persen jaringan 4G dibanding dengan 3G. Angka tersebut bahkan diungkapkan akan semakin naik menjadi 99 persen pada 2017.

Selain itu, ia muncul pula isu memperluas jaringan emnadi 4G+ untuk mencapai kecepatan download lebih cepat dua kali lipat menjadi 400 Mbps. Uji coba tersebut tengah dilakukan di Inggris dan tak menutup kemungkinan teknologi 4G dengan kecepatan maksimal itu akan tiba juga di Indonesia.


Namun akses Internet 2G diperkirakan akan tetap hidup hingga 2022. XL  saat ini memiliki BTS 2G sebanyak 17.000 dan sudah dimodernisasi, bersamaan dengan diperbaruinya BTS untuk 3G.

Dengan kemunculan akses Internet 4G LTE, diharapkan pengguna 2G mulai menyusut dan beralih ke 3G atau melompat langsung ke 4G LTE. Agar pengguna 2G atau 3G beralih ke 4G.

(Sumber : okezone,solopos)

0 komentar:

Post a Comment