21:13
0

Bicara top speed adalah bicara kecepatan maksimal sebuah motor, misal top speed sebuah motor adalah 100 km/jam artinya sebuah motor jika konstan dijalan lurus melaju selama satu jam maka akan mencapai jarak 100 km. 100 km/jam tersebut bukan berarti perhitungan akurat karena faktor  waktu tempuh dipengaruhi banyak hal semisal kondisi medan penyimpangan speedometer dan lainnya. 100 km/jam jika dalam hitungan akurat maka satu detik adalah menempuh 100 km / 3600 detik = 27,7 meter perdetik. Lalu bagaimanakah jika ada motor berkecepatan sampai 500 km/jam? itu artinya perdetik mampu menempuh 138,5 meter. motor apakah itu.

jawabnya adalah suzuki hayabusa yang berkapasitas 1340 cc merupakan hyperbike tercepat pada masanya secara standar top speed hayabusa adalah 330 km/jam. Di oprek atau tune up sehingga mampu menempus kecepatan maksimal 500 km/jam.

dilansir dari liputan6.com The Maine Event itu adalah acara tahunan yang menguji kecepatan motor dengan memanfaatkan lintasan sepanjang 4.328 meter di bekas pangkalan udara yang ditutup pada 1994. The Loring Timing Association menggunakan landasan itu dengan tambahan penyangga sepanjang 60 meter.Berandalkan motor dengan modifikasi turbo Suzuki Hayabusa, Bill pernah mematahkan kecepatan 500 km per jam di lapangan yang sama pada 2011 lalu."Tak seorang pun yang bisa menyaingi prestasi Bill ataupun menjadi pembalap seperti dia. Komunitas pembalap terpukul atas kepergiannya. Secara pribadi, aku sudah menganggapnya seperti saudara sendiri," kenang Tim.Apa yang telah dilakukan Bill pantas disebut sebagai rekor dunia dalam kecepatan sepeda motor konvensional,” tambah Tim.

Pembalap Tercepat  Hayabusa Tewas Kecelakaan

Lapangan bekas pangkalan udara Maine utara, Amerika Serikat menjadi saksi sekaligus lintasan terakhir bagi penunggang motor tercepat di dunia, Bill Warner. Ia tewas kecelakaan saat mencoba memecahkan rekor melintas dengan kecepatan super-kencang 482 km per jam.Saat mencoba memacu motornya dengan kecepatan ekstrem tersebut, Bill kehilangan kendali. Motornya meluncur ke luar landasan. Sejam kemudian, pembalap itu harus menutup mata untuk selama-lamanya pada Minggu 14 Juli 2013.

Ketua acara pemecahan rekor Loring Air Force Base, Tim Kelly, menyatakan Bill sempat mencapai 458 km per jam. Kemudian, ia menambah kecepatannya menjadi 480 km per jam hanya dalam jeda jarak 1 mil atau 1,6 km. Awalnya aksi itu berjalan mulus.Namun, mendadak 400 orang penonton menyaksikan motor Bill berbelok setelah melewati sebuah palang atau tanda 1,6 km. Kendaraan roda 2 itu pun meluncur keluar dari lintasan dan terperosok."Tapi aku kurang tahu berapa kecepatan motor yang ditumpanginya itu ketika berbelok dari lintasan, kemudian jatuh." ujar Tim seperti yang dilansir News.com.au, Senin (15/7/2013).Dijelaskan Tim, Bill dilarikan ke rumah sakit terdekat Maine di Caribou. Ia sempat sadar dan berbicara setelah kecelakaan terjadi. Namun, akhirnya Bill tewas setelah sekitar 1 jam dan 15 menit di rumah sakit.Saat ini kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab kecelakaan nahas tersebut.

0 komentar:

Post a Comment