19:24
0
Pabrik motor Honda memang dikabarkan bakal meluncurkan trail 150cc dan setelah dikonfirmasi kepada direktur marketing Astra Honda Motor kabarnya memang sudah matang  bakal meluncurkan motor trail 150cc untuk menghadang laju belalang hijau KLX  adalah bukan sekedar Berita Gosip Semata. kemaren bincang-bincang soal mesin dikabarkan akan mengusung mesin SOHC 150 cc yang berpendingin udara yang cocok karakternya untuk motor trail umumnya. jika memakai mesin Honda CB150 atau Honda Sonic selain biaya mahal juga tidak cocok untuk karena berpendingin cairan dan mesin karakternya berbeda. mesin Honda Sonic ataupun CB150 merupakan mesin DOHC yang karakter tenaga di putaran atas sehingga hanya cocok untuk Medan aspal. Jika digunakan untuk Medan offroad bisa rawan overheating. Sementara mesin Honda Verza torsinya di putaran bawah cocok untuk mesin trail, Lalu bagaimana dengan dapat petinggi Astra Honda Motor? berikut beritanya dilansir dari majalah Motorplus,
 

PT Astra Honda Motor akan meluncurkan trail dalam kapasitas 250 cc. Kapasitas mesin seperempat liter itu memanfaatkan mesin CBR250 1 silinder. Tapi, rupanya setelah dihitung ulang dan hasil meeting terakhir sekitar Juni atau  Juli lalu, diputuskan jadi menggunakan mesin 150 cc. Margono Tanuwijaya, Direktur Marketing PT AHM pernah bilang, mesin akan menggunakan flatform yang sudah ada. Misalnya menggunakan mesin 150 cc dari Honda Sonic. Tapi, secara cost tetap lebih tinggi. Paling simpel menggunakan mesin Honda Verza 150.


Dari perhitungan juga masuk akal. Mesin Verza menggunakan pendingin udara alias tanpa radiator. Secara cost produksi lebih murah. Secara aplikasi di lapangan juga lebih simpel. Dipakai off road atau adventure tidak rewel dan tidak takut kebentur batu atau krikil. Perhitungan secara market juga masuk akal. Lawannya cuma Kawasaki KLX150 yang mesih menggunakan mesin pendingin udara alais pakai sirip. Harganya akan bisa dipangkas jauh dibanding mesin pendingin air.

Mesin Verza juga sudah terbukti di adventure. Seperti Ocin Mulyanto dari Indramayu, menggunakan mesin Honda Verza untuk motor adventure. Menurut Pak Ocin, mesin ini torsinya besar. Pas untuk main adnventure. Dibanding mesin Tiger, dapur pacu Verza lebih ringan dan bertenaga di trek tanah. Secara modifikasi juga mesin Verza lebih mudah. Gampang dioprek dan tidak mudah bocor seperti mesin pendingin air. (Motoplus-online)

0 komentar:

Post a Comment