03:21
0
Naik Motor, Naik Bis Malam, Naik Kereta Api , Naik Mobil, Naik Pesawat Mana dari jogja ke jakarta mana  yang paling murah?

Libur telah tiba,libur telah tiba
Hore, hore, hore
Simpanlah tas dan bukumu

Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba,libur telah tiba
Hatiku gembira
(lagu anak - tasya)
Libur panjang semester I tlah tiba, mungkin bagi kalian yang mau liburan mudik ke kampung halaman atau sekedar tamasya ke luar kota atau touring tak ada salahnya baca dulu tulisan saya ini.

Mumpung musim liburan sekolah 2016 Kali ini bikerzone11 akan membahas tentang harga perjalanan dari jogja kejakarta dari sisi konsumsi bbm, kalau dari konsumsi sudah jelas naik pesawat, selain waktu yang sangat singkat perjalannnya juga nyaman apalagi disuguhi pemandangan langit berawan dari atmosfer, kedua kereta api, ketiga mobil dan paling tidak nyaman pakai motor, Namanya saja jarak jauh tentu badan pegal pegal kalau naik motor, tapi yang hobi touring masa bodoh dengan hal itu, oke simak saja perjalanan paling murah dari jogja ke jakarta dari paling murah sampai paling mahal, secara peta jarak jogja dan jakarta adalah 520 km saya akan bulatkan menjadi 550 km karena Karena kadang kita juga balik arah untuk cari warung makan atau tempat istirahat dan kadang kita tersesat beberapa kilometer dan kadang pula kita muter muter satu wilayah atau kadang jarak rumah kita lebih jauh dari pusat ibukota, sehingga jarak tempuhnya tidak seakurat peta. kadang bisa lebih puluhan kilometer itu hal wajar.



klx milik adventurriderz.com, yang lagi istirahat mudik

Pertama, Misalnya anda pakai motor segala medan semisal Naik KLX 150 untuk mudik liburan dari jogja ke jakarta anda memilih motor ini karena memaklumi kondisi jalanan indonesia yang tidak rata, Perjalanan Paling murah dihitung dari konsumsi BBM adalah pakai sepeda motor tapi konsekuennya capek banget, tapi yang hobi touring dan adventure itu bukan kendala, karena hanya dengan uang 100 ribu an untuk beli bensin anda sudah sampai tujuan dengan waktu tempuh 11 jam jika kondisi anti macet dan tidak terlalu ngebut yang penting aman sampai tujuan, bandingkan dengan tiket pesawat yang harganya 600 ribu, anda hemat 500 ribu, kalau pulang pergi anda sudah hemat 1 juta rupiah. perhitungannya begini 550 km dibagi 40 km/liter sama dengan 13,8 liter atau 14 liter, tinggal 14 liter dikalikan bensin seliter harga 8000 sama dengan 112.000 rupiah atau 120 ribuan anggaplah 8000 ribu buat parkir dibeberapa tempat, Tangki KLX yang kapasitas 7 liter anda bisa mengisi 2 kali full tank untuk perjalanan jogja jakarta. tapi walau capek pegal -pegal enaknya pakai motor ya bisa istrahat dulu  menikmati pemandangan menepi sambil ngrokok ngopi diangkringan . Dengan kecepatan rata-rata motor 50 km/jam top speed diatas 100 km/jam, Waktu tempuh jakarta jogja bisa mencapai 11 jam an dengan istirahat 1 jam an. Tapi kalau ngebut tidak takut kecelakaan ya paling tidak 8 jam sudah sampai tujuan, dan bahkan hanya 7 jam ngebut tanpa istirahat itu sih saya yakin pengendaranya Mad dog yang greget itu hehehe.... ngapain bro buru buru... perjalanan itu wisata yang harus dinikmati pelan-pelan yang penting sampai tujuan. Kalau mad dog sih saya yakin tujuannya bukan wisata tapi mecahin rekor hehe..

nabilah holic pasti senang hehehe...
Kedua, Sedangkan jika anda bermobil pribadi maka bisa jauh lebih mahal mending naik bus malam yang tiketnya hampir sama dengan sepeda motor, Jika memakai mobil maka bisa memakan biaya lebih dari 350 ribuan untuk beli bensin perhitungannya begini 550 km/12 km per liter = 45,8 liter atau sekitar 46 liter bensin, harga bensin kisaran 8000 tinggal kalikan 46 liter = Rp.368000,  jadi menurut saya pergi sendirian memakai mobil pribadi bukan solusi irit tetapi jika pergi mudik satu keluarga semisal lima orang maka asumsi per orang Rp. 74.000,- adalah solusi irit bagi yang punya mobil pribadi. Kecepatan rata rata mobil adalah 80 km/jam, dengan top speed diatas 150 km/jam, jika tanpa istirahat maka diperkirakan memakan waktu 9 jam dengan catatan tanpa macet.tapi gak yakin anda bisa betah tanpa istirahat hehehe bus malam saja ada istirahatnya 2 kali 30 menitan.


naik kereta api tut tut tu... tttt

 Ketiga, Perjalanan dengan  kereta Api, Kereta Api merupakan solusi perjalanan paling nyaman setelah pesawat terbang, karena bebas macet  dan juga tepat waktu, biasanya perjalanan kereta api dari jogja ke jakarta memakan waktu 8 jam. Harga tiket kereta api 2016 untuk jogja jakarta adalah sekitar 150 ribu untuk kelas ekonomi dan 250 ribu kelas eksekutif. kecepatan rata rata kereta api adalah 70 km/jam bebas macet dan tepat waktu.

istirahat dulu gan makan malam

 Keempat, perjalanan menggunakan Bus, yang keempat ini adalah solusi jika tiket kereta api habis maka kita pergi keterminal buat beli tiket, harga tiker bis malam jogja jakarta adalah kisaran 150 ribu untuk kelas ekonomi seperti bis Handoyo dan paling mahal adalah 300 ribu untuk kelas super eksekutif semisal bus rejeki baru. Kecepatan rata-rata bus malam adalah 50 km/jam top speed bisa mencapai 110 km/jam waktu tempuh dengan bus malam biasanya 12 jam untuk jarak jogja jakarta.

siap siap terbang gan
Kelima, Paling Mahal tentu saja tiket Pesawat, Tiket paling murah untuk jogja jakarta adalah Lion air sekitar 550 Ribu, dan paling Mahal Garuda indonesia yang mencapai 1 juta rupiah. Tapi walaupun paling mahal tapi tetap saja banyak peminatnya karena perjalanan sangat singkat dan juga tenang dan nyaman tidak diganggu suasana kemacetan lalu lintas dan kebisingan kenalpot. Kecepatan rata-rata pesawat adalah 330 km/jam, top speed pesawat bisa mencapai 900 km/jam, biasanya jogja jakarta hanya menempuh waktu 1 jam lebih 15 menit.

Nah cukup sekian semoga bermanfaat salam bikerzone

0 komentar:

Post a Comment