02:27
0


mizar dan alcor
Jika kita melihat langit luas dimalam yang cerah dengan mata telanjang / teleskop sederhana sebagian di antara mereka bukan bintang tunggal. Bintang kembar atau ganda jika dilihat lebih teliti ternyata tersusun dari lebih 2 bintang. Bintang kembar mengorbit satu sama lain dalam sebuah sistem biner. Bintang biner atau bintang ganda adalah sebuah sistem bintang yang terdiri dari dua bintang yang terikat secara gravitasi satu sama lain di dalam sebuah orbit yang mengikat satu sama lain.Bintang kembar ditemukan oleh astronom Italia bernama Riccoli pada tahun 1650. Pada saat itu Riccoli mengamati bintang  Mizar yang jika dilihat dengan mata telanjang hanya terdiri dengan satu bintang Namun ketika dilihat dengan teleskop ternyata mizar mempunyai bintang kembaran.

Ada pula bintang ganda yang sulit dideteksi dengan teleskop optik besar namun dengan bantuan teknik spekstroskopi, akan tampak perbedaannya. Bintang jenis ini terpisah dengan jarak yang sangat dekat sekali, sehingga mempunyai periode orbit yang sangat cepat. gerakan itu akan mempengaruhi nilai spektrum. perbubahan ini kemudian dapat dideteksi bahwa itu bintang ganda.

Jika salah satu bintang sangat redup cahayanya maka yang dapat kita amati bintang terang yang bergoyang. Goyangan disebabkan oleh tarikan gravitasi oleh bintang yang lebih redup. Bintang ganda jenis ini disebut bintang ganda astrometri, contohnya Sirius. Sirius memiliki pasangan berupa bintang katai putih yang redup. Bintang ganda visual dengan jarak pisah cukup jauh adalah Nu Draconis alias Kuma. Kuma adalah dua bintang yang masing-masing bermagnitudo 4.9 yang terpisahkan pada jarak 63 detik busur (lebih dari satu menit busur). Dengan jarak sudut sebesar ini mata manusia yang normal sudah dapat memisahkan kedua bintang. Jika tertarik untuk mengamatinya silahkan mengarahkan padangan anda ke arah rasi Draconis. Draconis berada di langit belahan utara dan selama bulan April akan transit menjelang subuh.

Bintang ganda yang paling menarik dan dapat diamati adalah Albireo yang terletak di rasi Cygnus.Bintang ini  adalah bintang tercerah kelima di rasi Cygnus. Albireo dipandang oleh mata telanjang sebagai satu bintang, namun oleh binokular, bintang ini terlihat sebagai bintang ganda, terdiri dari bintang kuning cemerlang dan bintang yang berwarna biru redup. Albireo merupakan bintang yang menarik di pandangan astronom amatir dengan menggunakan teleskop. Albireo adalah dua bintang yang masing-masing berwarna biru (bermagnitudo 5) dan oranye terang (bermagnitudo 3). Kedua bintang ini terpisah pada jarak 34 menit busur. Jarak ini sangat moderat sehingga dengan bantuan binokuler kita sudah dapat memisahkan kedua bintang. Kontras warna pada masing-masing bintang menjadikan Albireo sebagai bintang ganda paling favorit untuk diamati.

zeta aquarii
Contoh lainnya adalah Zeta Aquarii (ζ Aqr / ζ Aquarii) adalah bintang ganda, yang merupakan bintang sentral dari sub rasi 'bejana air' (water jar) di rasi Aquarius. Berjarak kira-kira 103 tahun cahaya dari Bumi. Pada tahun 2004, bintang ini berada tepat di garis ekuator langit. Komponen bintang yang lebih terang Zeta 2Aquarii merupakan bintang kuning keputihan tipe F dengan magnitudo 4.42. Komponen lainnya, Zeta 1Aquarii, berwarna sama dengan Zeta 2Aquarii, dengan magnitudo 4.59. Kombinasi dari kedua bintang ini menghasilkan magnitudo sebesar 3.65 dan memiliki periode orbit 760 tahun.Christian Mayer, direktur dari the Mannheim Observatory adalah orang pertama yang menemukan bahwa Zeta Aquarii merupakan bintang ganda pada tahun 1777.

 Bintang Ganda Lebih Dari Satu Pasangan 

Bintang ganda lainnya adalah Alpha Centauri, bintang paling terang yang terletak di rasi Centaurus.
  Alpha Centauri sebenarnya terdiri dari tiga bintang, namun karena bintang ketiga sangat redup cahayanya sehingga kita hanya dapat melihat dua bintang yang berdampingan. Alpha Centauri memiliki deklinasi -60 derajat, artinya sangat jauh di langit belahan selatan sehingga tidak dapat dilihat dari Eropa, Jepang, dan Amerika sebelah utara.Bintang ganda visual bergerak mengelilingi titik pusat massanya dengan periode tertentu. Umumnya periode orbit bintang ganda visual adalah puluhan hingga ratusan tahun. Alpha Centauri misalnya, memiliki periode orbit kira-kira 80 tahun. Sistem bintang biner memainkan peranan sangat penting di dalam astrofisika, sebab dari pengamatan orbitnya, astronom dapat menentukan massanya. Massa bintang tunggal kemudian ditentukan melalui hubungan massa-luminositas yang diturunkan dari pengamatan bintang biner.
Zeta Cancri

 Contoh lainnya yang menarik adalah Zeta Cancri yang terdiri dari 4 bintang, Zeta Cancri ( ζ Cancri) Sistem bintang ini berada pada jarak 83 tahun cahaya dari Bumi memiliki magnitudo kombinasi sebesar 4.67.Sistem bintang ini terdiri dari dua buah bintang ganda, Zeta 1 Cancri dan Zeta 2 Cancri, yang terpisah 5.06 arcseconds dan memiliki periode orbit selama 1100 tahun. Pada mulanya, Zeta  Cancri ditetapkan sebagai bintang ganda pada teleskop kecil pada tahun 1756 oleh Johann Tobias Mayer. Kemudian ditetapkan sebagai sistem tiga bintang pada tahun 1781 oleh William Herschel dengan ditemukannya dua komponen dalam Zeta 1 Cancri. Pada awal 1831, John Herschel menemukan perputaran orbit pada Zeta 2 Cancri.Komponen bintang Zeta 1 Cancri terdiri dari dua komponen, Zeta  Cancri A dan Zeta  Cancri B. Mereka adalah bintang katai berwarna kuning keputihan (yellow-white main sequence dwarfs) tipe F. Kedua bintang tersebut masing-masing bermagnitudo 5.58 dan 5.99. Bintang-bintang ini mulai menjauh pada tahun 2008 sebanyak 1 arcsecond, diperkirakan semakin melebar jaraknya sampai tahun 2020. Periode orbitnya 59.6 tahun .

Komponen bintang Zeta 2 Cancri terdiri dari Zeta  Cancri C dan Zeta  Cancri D. Zeta  Cancri C lebih terang daripada pasangannya, memiliki magnitudo 6.12. Bintang ini tergolong bintang berwarna kuning tipe G (kuning G-type), tergolong dalam bintang kelas G5V, namun perlahan menjadi bintang golongan G0V. Zeta  Cancri D adalah bintang bermagnitudo tingkat sepuluh dan tergolong bintang katai merah Kedua bintang C and D terpisah 0.3 arcseconds, dan memiliki periode orbit selama 17 tahun.

Intermezzo
 
Gimana gan? sudah jelas penjelasan secara sederhana mengenai sistem bintang ganda atau kembar? ternyata diluar angkasa juga banyak bintang yang punya pasangan seperti manusia, bahkan ada yang memiliki sampai 4 pasangan, kalau dalam bahasa manusia disebut poligami ya gan, hhehehe, tapi kenyataan diluar angkasa lebih banyak bintang tunggal atau bahasa gaulnya bintang jomblo, matahari adalah salah satu contoh bintang yang tak punya pasangan atau bintang tunggal, jadi kalian yang jomblo jangan sedih yah, banyak sekali bintang diluar angkasa yang nasibnya kaya kita, eh apa hubungannya ya hehehe..

Ditulis Oleh Admine Bikerzone11.xyz
 dari berbagai sumber
salam bikerzone

0 komentar:

Post a Comment